Berita

Mahasiswa Korps Protokoler UNIKOM Kembali Menoreh Prestasi di Tingkat Nasional pada Lomba KPM Speak Fest 2.0 Battle of MC Competition (BMC) 2022

BANDUNG, UNIKOM – KPM SPEAK FEST 2.0 Battle of Master of Ceremoni (MC)  Competition (BMC) 2022 merupakan Kegiatan  MC Contest dan Webinar yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dari berbagai kampus dari Sabang sampai merauke, selain itu juga dibuka untuk umum yang berminat untuk mengembangkan keterampilan dan kreativitas dalam memandu acara serta kemampuan berbicara di depan umum. "KPM SPEAK FEST 2.0"

Mengangkat tema "Space" yang terdiri dari kata Sinergi, Semangat dan Kompeten Tema ini diangkat dari sebuah perspektif ilmu komunikasi bahwa melalui,  berbicara seseorang dapat menciptakan ruang dan menembus batas - batas tak terbatas.  Selain itu, kata yang membentuk ‘Space’  merupakan harapan terhadap kegiatan yang dilakukan, dimana MC yang dilahirkan dari kompetisi yang dilakukan, memiliki ketiga hal tersebut dalam jati dirinya sebagai MC., tutur Ketua Pelaksana dalam sambutannya

Sebagai bentuk partisipasi sekaligus uji kremampuan diri, Direktorat Humas dan Protokoler Unikom melatih dan mengirimkan Mahasiswa Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom untuk turut serta uji kompetensi pada kegiatan Kontes tersebut, dengan mengirimkan perwakilan sebanyak enam orang diantaranya 1. Nawaluzzakiyah - Ilmu Komunikasi, 2. Naufal Ibrahim – Ilmu Hubungan Internasional, 3. Jaida Najla - Ilmu Komunikasi, 4. Tsalisatun Khoerun Nisa - Ilmu Komunikasi, 5. Arfi Arfahsadz - Ilmu Komunikasi, 6. Vira Aprillia Humaera - Teknik Informatika.

Pada periode 4-9 Juli 2022 para peserta membuat video penampilan mereka sebagai MC dan mengupload nya pada channel youtube. Pengumuman 10 besar dilakukan pada hari Minggu, 10 Juli 2022, hasilnya dua orang mahasiswa Korp Protokoler Unikom berhasil masuk kedalam 10 besar yaitu,  1. Nawaluzzakiyah - Ilmu Komunikasi, 2. Naufal Ibrahim – Ilmu Hubungan Internasional,

Selasa, 12 Juli 2022 dilakukan lomba MC untuk  10 besar dan akan menentukan 3 besar pemenang oleh tim Juri. 13 Juli 2022 dilakukan pengumuman pemenang yang sekaligus pelaksanaan webinar. Penilaian Tim Juri, menobatkan Nawaluzzakiyah KPM Unikom menjadi  juara ke-3 mewakili Bandung – Jawa Barat, Juara ke-1 di raih oleh peserta  dari Cilegon Banten, dan Juara ke-2 dimenangkan oleh peserta dari  Lampung.

Direktorat Humas dan Protokoler Unikom kembali Bersyukur dan Berbahagia, karena pada lomba KPM SPEAK FEST 2.0 Battle of MC Competition (BMC) 2022 salah satu mahasiswa Korps Protokoler Mahasiswa (PKM) atas nama Nawaluzzakiah merupakan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi berhasil terpilih menjadi Juara 3 pada perlombaan tersebut. Prestasi yang dibuat oleh Nawaluzzakiyah tidak hanya itu, iya juga merupakan Mojang Kabupaten Majalengka periode 2019-sekarang dan  Mojang Jawa Barat 2021-sekarang. Sungguh membanggakan prestasi yang telah ia raih. menambah daftar panjang prestasi yang diraih oleh mahasiswa Korps Protokoler Unikom.

Rasa syukur dan bahagia Nampak pada Nawaluzzakiyah saat dinobatkan menjadi juara tiga pada lomba tersebut, dirinya tidak berekspetasi menjadi juara karena persiapan yang kurang matang membuatnya terus melakukan yang terbaik pada setiap kesempatan. Dirnya mengatakan “Alhamdulillah”, meurutnya yang pertama pastinyaa bersyukur sudah diberi kesempatan untuk mendapatkan achievement baru, bertemu dengan temen – teman  yang luar biasa jugaa keren - keren dan pastinya bangga bisa mewakali KPM Unikom. ia juga berharap kedepannya semoga tetap bisa membawa nama baik KPM Unikom dijenjang yang lebih luas dan terus belajar agar menjadi lebih baik lagi kedepannya.”ungkapnya

Menanggapi hal tersebut, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS selaku Direktur Humas dan Protokoler Unikom sekaligus Penanggung jawab UKM Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom menambahkan, sebagai penanggung jawab, Dirinya akan terus berupaya untuk mensuport dan membina mahasiswa Korps Protokoler Unikom untuk terus melangkah agar lebih baik dari hari ini, terus berprestasi untuk mempersiapkan diri sehingga memiliki  Brand personal sebagai modal untuk mempunyai kredibilitas dimata masyarakat sehingga dapat bermanfaat bagi banyak orang. Demikian ungkap Desayu.

Desayu memberikan apresiasi pada  tujuan dari KPM SPEAK FEST 2.0 Battle of MC Competition (BMC) 2022  yaitu Sebagai wadah pengembangan minat, bakat dan kreativitas.  peningkatan pengetahuan mengenai teknik dan etiket seorang MC. Membentuk MC yang profesional dan kompeten pada berbagai jenis acara. Memperkenalkan dunia MC kepada generasi muda.  Bagi Desayu Memupuk jiwa sportifitas dan semangat juang dalam mewujudkan dan meraih prestasi, perlu energy untuk bergerak menjadi pribadi yang berprestasi bukan hanya bermimpi. Pribadi yang bisa mengendalikan diri sendiri yang bersumber pada emosi. “Lebih baik menjadi nomor satu untuk diri sendiri, dari pada menjadi nomor dua di balik kesuksesan orang lain”. Ungkap Desayu.

Arif Try Cahyadi, M.Ds sebagai pembina Mahasiswa Koprs protokoler Unikom, menghimbau agar semua mahasiswa KPM Unikom Tetaplah bersemangat menggali potensi diri agar menjadi manusia yang berprestasi dan tidak mudah puas dengan apa yang telah di raih. Tetap berbuat baik untuk menebar manfaat kepada semua yang ada di sekitar kita. Agar hidup jadi lebih berarti, kebaikan akan ditinggal sampai mati, pungkas Arif. (Direktorat Hms & Pro)