Berita

Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan Unikom Studi Lapangan di Kantor Bupati Kabupaten Bandung Barat

BANDUNG, UNIKOM- Sejumlah mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan Unikom melakukan praktikum mata kuliah ‘Hukum Tata Pemerintahan’ di Kantor Pemerintah Daerah (Kantor Bupati) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (8/1/2019). Rombongan mahasiswa yang dipimpin oleh Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Unikom, Dr. Nia Karniawati, S.IP.,M.Si dan Dosen Pengampu mata kuliah terkait, Dr. Tjatja Koswara, secara langsung diterima oleh Bupati KBB, Bapak Aa Umbara Sutisna.

Melalui kesempatan tersebut, Bupati KBB turut hadir bersama jajaran aparat Pemerintah Daerah KBB, diantaranya:  1) Ibu Hj. Rina Marlina (Bagian Organisasi); 2) Bapak Ludi Awaludin, M.Si. (Diskominfo); 3) Bapak Hendra Trismayadi, M.Si. (Kabag Tapem); 4) Ibu Agnes Virganti, M,Si (Kasubag Otonomi Daerah); 5) Yusef Ahmad Drajat (Kabid Monev Bappelitbangda); dan 6) Irno (Kasubid Statistik Bappelitbngda). Selain memberikan sambutan positif, Aa juga menyampaikan materi terkait keilmuan di pemerintahan juga secara terbuka melakukan diksusi langsung dengan mahasiswa.

Pelaksanaan kegiatan praktikum yang berlangsung sejak pukul 11.00 WIB hingga 14.00 WIB merupakan agenda rutin yang dilakukan Prodi Ilmu Pemerintahan dalam setiap semester. Menurut Nia, “…kegiatan praktikum ini ditujukan untuk menambah wawasan dan pengalaman langsung bagi mahasiswa tentang praktik-praktik di pemerintahan,” tuturnya. Sehingga dari kegiatan ini mahasiswa tidak hanya menimba ilmu di kelas tetapi mereka dapat mengekplorasi wawasannya secara langsung di dunia pemerintahan.

Nia menambahkan, setiap pelaksanaan praktikum pihaknya bersama mahasiswa mengunjungi beberapa tempat yang berbeda, agar pengalaman mahasiswa semakin bertambah. Harapannya, setelah mengikuti praktikum ini mahasiswa termotivasi untuk belajar lebih giat agar keilmuan yang ditekuni saat ini dapat terimplementasikan secara nyata di masa mendatang. (Direktorat Hms & Pro)