Berita

Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Unikom Raih Juara 3 Kotasi 2020

BANDUNG, UNIKOM – Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Unikom berhasil meraih Juara 3 dalam Kompetisi Nasional Tugas Akhir Mahasiswa Sistem Informasi (KOTASI 2020) pada hari Minggu – Senin, 29-30 Januari 2020 di Hotel Garden Palace Surabaya. Gelar juara tersebut berhasil diraih oleh Ivan Riady melalui karyanya yang berjudul “Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat di Kantor Desa Tanimulya Kabupaten Bandung Barat”, dimana Ivan meraih penghargaan berupa piala, uang tunai, sertifikat, dan membership Association for Information Systems – Indonesia chapter (AISINDO) seumur hidup.

Ivan menyampaikan “Pelayanan di kantor desa tersebut masih bersifat konvensional sehingga belum ada pelayanan yang maksimal dan cepat kepada masyarakat. Selain itu, masyarakat sekitar pun kesulitan dalam kaitan pelaporan ataupun pengaduan kepada aparatur desa karena tidak adanya media yang mewadahi aspirasi tersebut. Melalui penelitian yang dilakukan maka solusi yang diberikan berupa media berkomputerisasi sebagai sarana aspirasi masyarakat juga aparatur desa tersebut.” ujarnya.

Mengenai KOTASI 2020, merupakan lomba yang diselenggarakan oleh Association for Information Systems – Indonesia chapter (AISINDO) dengan tema “Sistem Informasi: Teknologi Informasi, Organisasi, & Manusia”. Kesempatan tersebut diikuti oleh sebanyak 30 perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang memiliki program studi sistem informasi.

Irfan Dwiguna Sumitra, M.Kom., Ph.D., selaku Sekretaris Program Studi Sistem Informasi Unikom menuturkan “Melalui lomba tersebut dapat disimpulkan bahwa tugas akhir yang dihasilkan mahasiswa ternyata sangatlah berkualitas, artinya dengan persiapan yang terhitung singkat dapat mengantarkan mahasiswa menjadi juara 3, terlebih jika dilakukan persiapan yang matang sebelumnya. Sehingga, saya ingin hal ini menjadi langkah awal bagi mahasiswa untuk semakin termotivasi bahwa produk yang dihasilkan dapat menjadi problem solving bagi masyarakat sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan tujuan.” tuturnya.

Sementara itu, Leonardi Paris Hasugian, S.Kom., M.Kom., M.Eng., selaku dosen pembimbing Ivan menyampaikan bahwa dalam kompetisi tersebut ada hal inti yang menjadi peniliaian juri diantaranya deliveri persentasi, metode penelitian, inovasi dan pemahaman materi. “Menilik poin penilaian juri tersebut akan menjadi acuan kami selaku dosen untuk membantu dan membimbing mahasiswa yang memiliki kemauan sehingga dapat semakin berkembang serta mengimplementasikan keilmuannya secara maksimal. Selain itu, support Unikom melalui Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Ketua Program Studi Sistem Informasi juga seluruh sivitas di lingkup Prodi Sistem Informasi sangat menambah motivasi dan semangat kami untuk terus mengembangkan dan mendidik mahasiswa akan kompetisi-kompetisi lain ke depannya.” ucapnya. (Direktorat Hms & Pro)