BERITA

Manfaatkan Peluang Kerja Melalui ‘Unikom Career Days Job Fair 2017’

Jumat, 13 Oktober 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- “…dalam peraturan perundang-undangan, kegiatan Job Fair masuk ke dalam Bursa Kerja Khusus atau BKK, dimana saat ini terdapat 32 BKK di beberapa tingkat pendidikan. Melalui Job Fair, akan mempermudah pencari kerja memperoleh informasi dan peluang kerja dari perusahaan yang menyediakan kesempatan, bahkan pihak perusahaan pun lebih mudah menyesuaikan antara bidang kerja dengan kualifikasi yang dibutuhkan,” ujar Dr. Asep C Cahyadi, M. Si selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung saat membuka Unikom Career Days Job Fair 2017 di Auditorium Miracle Unikom.

Job Fair Unikom yang digelar selama dua hari pada 11-12 Oktober 2017 merupakan pelaksanaan kali kedua di tahun 2017, dengan taregt 2.000 peserta dari Alumni Unikom maupun Alumni Perguruan Tinggi lainnya jenjang S2, S1, dan D-III, untuk memanfaatkan peluang dan mencoba peruntungannya di 25 perusahaan yang hadir dalam kesempatan tersebut. Menurut Direktur Tata Kelola dan Career Center Unikom, Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra.,M.Si, bahwa kegiatan Job Fair merupakan salah satu program yang diamanatkan oleh Wakil Rektor Bidang Inovasi, Pengembangan, dan Aset Unikom, Dr. Ir. Herman S, MBA kepada direktorat yang dipimpinnya.

“Kami rutin melakukan Job Fair dua kali dalam setahun, dan kali ini merupakan pelaksanaannya yang keenam dengan menghadirkan 25 perusahaan di bidang manufacturing, jasa, property, konsultan, jasa keuangan, ritel, dan sebagainya. Perusahaan tersebut menawarkan peluang kerja di berbagai bidang akademik sehingga para lulusan bisa menggali informasi dan melamar pekerjaan secara langsung dengan memberikan CV. Bahkan, beberapa dari mereka ada yang melakukan tahap seleksi secara langsung, seperti tes tertulis dan wawancara di ruangan khusus yang telah difasilitasi oleh Unikom, mengingat yang hadir adalah para pimpinan perusahaan atau Manager HRD dari masing-masing perusahaan,” ujar Rahma.  

Turut hadir dalam pembukaan Unikom Career Days Job Fair 2017, Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T, berserta jajaran Rektorat, Dekanat, dan Jajaran Pimpinan Struktural Unikom. Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unikom menyampaikan bahwa Job Fair merupakan bagian dari tanggung jawab Unikom untuk memfasilitasi para alumni Unikom secara khusus serta alumni dari PT lainnya secara umum untuk memanfaatkan peluang kerja dari perusahaan-perusahaan yang membuka kesempatan di berbagai bidang dan posisi. “Semoga adanya Job Fair ini bisa menarik lebih banyak perusahaan untuk bekerja sama dengan Unikom guna memberikan peluang kerja lebih banyak kepada para job seeker. Sehingga perusahaan pun bisa memperoleh tenaga kerja sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan dan diharapkan,” tutur Rektor.

Mengusung tema ‘Right Career Plan for Bright Future Life’ agenda turut diisi dengan Penandatangan MOU antara Unikom dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung yang dilakukan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung bersama Rektor Unikom di damping Wakil Rektor Bidang Inovasi, Pengembangan, dan Aset serta Direktur Tata Kelola dan Career Center Unikom. Sebelum meninggalkan tempat, Asep C Cahyadi mengharapkan agar Job Fair Unikom menjadi salah satu solusi yang bisa mengatasi berbagai persoalan khususnya terkait pengangguran.

“Unikom adalah universitas yang memiliki komitmen dan kepedulian sosial tinggi, salah satunya diwujudkan melalui kegiatan bursa kerja atau Job Fair. Ini adalah kontribusi besar dan tentunya kami berikan apresiasi serta penghargaan setinggi-tingginya karena Unikom telah mengambil langkah tepat untuk bersinergi dengan banyak pihak dalam rangka menciptakan dan membangun sebuah negara good governance. Artinya, Unikom pun memberikan jalan untuk mendekatkan diri antara kesempatan kerja dengan pencari kerja. Sehingga diharapkan para pencari kerja bisa masuk ke dalam kualifikasi perushaaan-perusahaan yang hadir hari ini,” pungkas Asep. (Direktorat Hms & Pro)

Sosok Kakek ‘Penggila Kebersihan’ Antarkan Mahasiswa UNIKOM Raih Gelar Juara
Kamis, 19 Oktober 2017
Program Magang ‘Team Produksi Broadcast Asian Games 2018’ bagi Mahasiswa UNIKOM
Rabu, 18 Oktober 2017
Kunjungan SMK Paramarta 2 Lampung ke UNIKOM
Selasa, 17 Oktober 2017