Berita

Mengasah Pengetahuan dan Kemampuan Mahasiswa Melalui Program Bicara Karya

BANDUNG, UNIKOM – Program Studi Sistem Komputer Unikom bekerjasama dengan Ikatan Alumni (IA) Teknik Komputer Unikom menggelar Program Bicara Karya pada Selasa, 14 Januari 2020 di Auditorium Miracle Kampus I Unikom. Turut hadir dalam kesempatan ini Ketua Program Studi Sistem Komputer Usep Mohamad Ishaq, Ph. D., Ketua Program Studi Teknik Komputer Dr. Wendi Zarman, M.Si., para Dosen Prodi Sistem & Teknik Komputer Unikom.dan peserta sebanyak ± 50 orang yakni mahasiswa Prodi Sistem & Teknik Komputer Unikom.

Ketua Program Studi Sistem Komputer dalam sambutannya menyampaikan “Acara ini pada dasarnya sudah tidak asing lagi di lingkungan Program Studi Teknik maupun Sistem Komputer terutama mengenai materi yang disampaikan yakni alat yang dinamakan Arduino, dimana Arduino merupakan pengendali mikro single-board yang bersifat sumber terbuka dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang.” ujarnya.

Lebih lanjut, Usep berharap bahwa melalui kegiatan ini dapat meningkatkan ketertarikan dan kepekaan mahasiswa dalam pengoperasian Arduino dengan baik. Maka, kesempatan ini harus dimanfaatkan oleh para peserta karena memberikan kesempatan bagi mahasiswa Teknik/Sistem komputer untuk mengenal lebih jauh tentang alat tersebut.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dalam kesempatan ini menghadirkan M. Fajar Wicaksono, M. Kom., selaku pemateri dan juga Dosen Tetap Prodi Teknik Komputer Unikom yang memaparkan materi mengenai “Arduino: Pengenalan & Penggunaannya”. Dimana Fajar menjelaskan materi mengenai I/O Port yakni gerbang konektor input/output pada komputer seperti pada keyboard, mouse paralle/serial ataupun USB. Port I/O juga berguna untuk menghubungkan perangkat elektronik diluar komputer seperti seperti printer/scanner, serta barcode reader. (Direktorat Hms & Pro)