BERITA

Menyambut Mahasiswa Baru, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unikom Gelar Sosialisasi

Selasa, 12 September 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Berkenaan dengan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unikom Tahun Akademik 2017/2018, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Hj. Aelina Surya, Dra, mengadakan sosialisasi terkait kegiatan ‘Mentoring’ yang disampaikan kepada para Ketua Program Studi, Dewan Pembina Kemahasiswaan, serta Perwakilan BEM di lingkungan Unikom. Dalam kesempatan tersebut, Aelina menjelaskan bahwa kegiatan mentoring Unikom dapat dimanfaatkan sebagai ajang perkenalan mahasiswa baru dengan para senior dan program studinya masing-masing.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan setelah prosesi PMB di Sabuga dan kegiatan mahasiswa di Gor Padjadjaran, dengan catatan jangan sampai mengganggu jadwal perkuliahan para mentornya ataupun mahasiswa baru. Sehingga diharapkan dosen pembina kemahasiswaan bersama HIMA dan BEM bisa bekerjasama mempersiapkan mahasiswa sebagai pementor untuk mengkoordinir pelaksanaan mentoring ini,” tutur Aelina.

Melalui sosialisasi yang digelar pada Senin (4/9) pukul 11.00 WIB di Ruang Seminar Kampus I Unikom, turut disampaikan aturan pelaksanaan kegiatan mentoring yang harus dipatuhi oleh peserta maupun penyelenggara. Lebih lanjut, Aelina mengatakan bahwa kegiatan mentoring dilaksanakan dalam bentuk kelompok beranggotakan 5-20 mahasiswa baru didampingi 2-4 orang pementor.

“Pertemuan atau bimbingan dalam mentoring hanya berlangsung selama 90 menit per hari untuk mendiskusikan berbagai hal yang belum diketahui mahasiswa baru, seperti cara belajar yang baik, kehadiran mahasiswa, perwalian, registrasi ulang, program studi, dan informasi lainnya tentang kampus Unikom. Dalam hal ini, peran senior amatlah penting guna memberikan contoh baik kepada mahasiswa baru, sehingga sangat disarankan para pementor adalah mahasiswa yang berprestasi,” tambah Aelina. Kegiatan mentoring merupakan agenda rutin tahunan dalam rangka pengenalan kampus kepada mahasiswa baru sejak PMB Unikom TA 2008/2009, yang dilaksanakan di sekitar Unikom tanpa adanya kekerasan fisik maupun mental.

Selain kegiatan mentoring, Aelina pun mensosialisasikan kerjasama dalam dan luar negeri yang telah dibangun oleh Unikom, atas nama universitas, fakultas, program studi, ataupun divisi. “Saat ini Unikom sudah menjalin kurang lebih 300 kerjasama baik dalam maupun luar negeri. Penting untuk melakukan hal ini karena dapat menunjang akreditasi serta memberikan jalan bagi mahasiswa dalam pelaksanaan tugas akhir, magang, ataupun penelitian,” jelas Aelina.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra, S.E., M.Si, yang menjelaskan tentang program magang, transfer nilai, double degree¸ dan join degree salah satunya dengan Universitas Utara Malaysia (UUM). Keempat program tersebut tentunya bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa Unikom yang ingin menggali ilmu dan menambah pengalaman di luar negeri.

Mengakhiri kegiatan tersebut, Aelina mengharapkan agar pertemuannya dengan para Ketua Prodi, Dosen Pembina Kemahasiswaan, serta Perwakilan BEM Unikom dapat memberikan manfaat untuk kemajuan Unikom yang lebih baik. (Direktorat Hms & Pro)

Pengumuman Gagal Autodebet Angsuran 2 Tahap 3 T.A 2017/2018
Selasa, 21 November 2017
KPM Unikom Raih Prestasi di Ajang “Protocol Fair 2017”
Selasa, 21 November 2017
KPM UNIKOM: Tingkatkan Pemahaman dan Aturan Keprotokolan Melalui ‘Protocol Fair 2017’
Senin, 20 November 2017