Berita

Optimalisasi Penerapan Digital Marketing di UMKM Deptnamor Bandung

BANDUNG, UNIKOM - Program PKM merupakan salah satu program yang wajib dilaksanakan, baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa, dengan berlandaskan pada semangat dan motivasi serta memiliki kompetensi akademik, jiwa kewirausahaan, dan profesionalisme, sehingga dapat menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang berkualtas, kaloborasi, dan tanggung jawab dalam meningkatkan kualitas kehidupan bermasyarakat.

Selasa, 28 Juni 2022 Salah satu Dosen Prodi Manjamen yaitu Erna Susilawati, S.S.,M.M sebagai narasumber sekaligus ketua PKM serta satu mahasiswa Muhammad Iqdi Al-Zaelani dari prodi Manajemen telah melakukan PKM di UNKM Depnamor yang bertempat di Jl. Ciganitri Mukti III No 41 Bandung, disana merupakan tempat produksi dan packing dari produk dasi UMKM Depnamor turut hadir pada kesemptan tersebut pihak UMKM Deptnamor yaitu owner atau pemiliknya yaitu Maxzena Deptnamor serta karyawannya yang berjumlah 30 orang yang tersebar di 2 tempat yaitu di Jl. Pangarang Bawah dan di Jl. Ciganitri

Erna Susilawati mengatakan bahwa Kegiatan PKM ini merupakan salahsatu kegiatan pelaksanaan tridarma perguruan tinggi yang juga bertujuan untuk membantu dan mengembangkan bisnis UMKM khususnya UMKM Deptnamor dalam bidang marketing yaitu bagaimana cara memasarkan produknya agar dapat lebih dikenal oleh konsumen melalui digital marketing. Selama ini UMKM Deptnamor memasarkan produknya lewat marketplace seperti shopee  dan Tokopedia namun tidak dibarengi dengan iklan atau promosi yang lain dan dinilai belum maksimal,dalam pelaksanaan PKM ini diadakan sharing knowledge tentang bagaimana peranan digital marketing dalam mendongkrak bisnis UMKM agar dapat bertahan sekaligus bersaing ditengah pandemic covid 19. 

Lebih lanjut Erna juga menjelaskan mengenai kegiatan PKM ini dilaksanakan melalui pelatihan dan ceramah mengenai bagaimana cara pemasaran digital melalui berbagai flatform seperti media social, email marketing, Search Engine Optimization  (SEO), web design, Blog , content dan bagaimana cara kerja dan keuntungan menggunakan facebook ads ,karena selain dapat beriklan di facebook sekaligus dapat beriklan melalui Instagram yang merupakan satu perusahaan yaitu Meta sehingga dengan biaya minim dapat menjangkau konsumen di dua flatform media social yang banyak peminatnya.

Tidak sampai disitu, Erna pun berharap setelah dilaksanakan PKM dapat memperkenalkan merk Deptnamor kepada konsumen serta meningkatkan penjualan produk dasi kupu-kupu serta dasi Panjang yang diproduksi oleh UMKM Deptnamor melalui penerapan digital marketing, serta meningkatkan pengetahuan, pemahaman mengenai digital marketing bagi pemilik dan karyawan UMKM Deptnamor. (Direktorat Hms & Pro)