Berita

Pascasarjana UNIKOM Gelar Webinar Management Insight: "Peran Jasa Logistik Dalam Kemajuan E-Commerce dan Manfaatnya Bagi Pelaku Usaha"

BANDUNG, UNIKOM – Bisnis e-commerce di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal tersebut dapat dilihat pada beberapa tahun terakhir bahwa bisnis e-commerce ini menjadi sebuah trend dan menjadi sebuah peluang dalam berbisnis di masyarakat.

Pada dasarnya e-commerce melakukan sourcing dan delivery. Tujuan dari sourcing adalah mendapatkan barang-barang dari merchant atau supplier untuk diperdagangkan secara online, sementara delivery menjadi hal yang paling penting dikarenakan delivery ini memastikan pengiriman barang yang dipesan customer dapat dikirim tepat waktu.

Pertumbuhan e-commerce yang begitu cepat dapat memberikan peluang bagi perusahaan yang bergerak di bidang bisnis e-commerce. Peluang dapat dilihat oleh para pelaku usaha e-commerce sehingga dapat melakukan kerja sama dengan perusahaan penyedia jasa logistik untuk memberikan solusi permasalahan pengelolaan logistik e-commerce yang dapat dilihat dari aspek quality, cost, dan time.

Untuk memberikan pemahaman dan ilmu mengenai Management Insight Pascasarjana Unikom telah menggelar webinar Management Insight dengan tema "Peran Jasa Logistik Dalam Kemajuan E-Commerce dan Manfaatnya Bagi Pelaku Usaha" pada (4/3/23) secara daring melalui zoom meeting dan mengundang narasumber Eri Palgunadi Vice President of Marketing JNE dan David Erwinson, S.Kom Founder Croccante Chips Mahasiswa Magister Manajemen Unikom.

Dekan Fakultas Pascasarjana Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra., M.Si. mengatakan “kegiatan ini merupakan Implementasi dari mata kuliah manajemen pemasaran tentang e-marketing dan megajarkan bagaimana implementasi dari mata kuliah tersebut sekaligus melakukan pengabdian kepada masyarakat khususnya untuk UMKM dalam era digital dan bagaimana peran logistik menjadi saluran distribusi yang sangat penting untuk tersampainya produk ke konsumen.”ungkapny

Lebih lanjut Rahma mengatakan bahwa webinar tersebut sangat penting karena saat ini era digital dan peran logistik salah satu menuju keberhasilan dalam bisnis. Rahma juga mengatakan Kedepan kegiatan ini bisa dilakukan terus dan tidak hanya untuk mata kuliah manajemen pemasaran tetapi juga mata kuliah yang lainnya. Semoga Mahasiswa magister menambah wawasan  dan mau berbagi (sharing knowledge) sebagai seorang pemimpin yang akan nanti mengambil kebijakan dan keputusan.”tutur Rahma

Begitupun dengan Ketua Program Studi Magister Manajemen Unikom Assoc. Prof. Dr. Ir. Deden A. Wahab Sya’roni, M.Si. mengatakan “Seminar nasional peranan jasa logistik dalam kemajuan e-commerce cukup banyak manfaatnya bagi pelaku usaha. webinar yang diadakan oleh mahasiswa program magister manajemen telah memberikan wawasan keilmuan berupa sharing knowledge nilai-nilai implementatif yang memadu dengan penguatan aspek teoritis tidak hanya dibidang marketing tapi juga di bidang nilai sumber daya manusia sehingga memberikan pencerahan bagi seluruh mahasiswa.”pungkasnya

Bisnis e-commerce perlu memiliki strategi pemasaran yang komprehensif. Strategi ini bertujuan untuk pertumbuhan dari bisnis e-commerce itu sendiri agar mampu bersaing. Hal tersebut menjadi perhatian besar bagi pelaku usaha e-commerce di Indonesia untuk mengidentifikasi tujuan, visi dan misi, mengindentifikasi target pelanggan, rencana promosi multi-channel, dan lain sebagainya. Multi-channel marketing merupakan strategi yang efektif untuk menarik audience yang lebih besar. (Direktorat Hms & Pro)