Berita

Pelaksanaan Modul Nusantara PMM 2 UNIKOM di Kampung Adat Cireundeu

Salah satu prinsip pelaksanaan Modul Nusantara dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) adalah untuk memperkenalkan kebudayaan di daerah perguruan tinggi penerima mahasiswa PMM. Sehingga salah satu kegiatan yang di selenggarakan di modul nusantara UNIKOM berbasis kepada kearifan lokal dengan tujuan agar mahasiswa mengenal keragaman kebudayaan yang ada di daerah Jawa Barat. Dimana UNIKOM mengajak seluruh peserta PMM2 untuk belajar ke kawasan Kampung Adat Cireundeu yang terletak di daerah Kecamatan Cimahi Selatan.

Kampung Adat Cireundeu memiliki keunikan tersendiri dan sebagian besar penduduknya masih memeluk dan memegang teguh kepercayaan Sunda Wiwitan hingga saat ini, serta selalu konsisten dalam menjalankan ajaran kepercayaan serta terus melestarikan budaya dan adat istiadat yang telah turun-temurun dijaga oleh nenek moyang mereka.

Dikawasan tersebut para mahasiswa dibekali pengetahuan dan pengenalan mengenai budaya Sunda, acara adat tahunan, alat musik & seni wayang, hutan-hutan yang dijaga oleh masyarakat, hingga pengenalan makanan pokok masyarakat yang tidak dibuat dari beras melainkan terbuat dari Singkong dan dikonsumsi hingga saat ini.

Astia Rahma Tiara, yang berasal dari Universitas Sari Mulia Banjarmasin, dan menjadi salah satu mahasiswa PMM 2 UNIKOM pada program studi Sistem informasi UNIKOM, mengatakan bahwa setelah kunjungannya ke Kampung Adat Cireundeu, astia mendapatkan pengalaman berharga untuk selalu bersyukur. Ia pun akan selalu mengingat Filosofi masyarakat Cireundeu yaitu “Teu Boga Sawah Asal Boga Pare, Teu Boga Pare Asal Boga Beas, Teu Boga Beas Asal Bisa Nyangu, Teu Nyangu Asal Dahar, Teu Dahar Asal Kuat”, filosofi tersebut berpedoman bahwa manusia itu tidak boleh bergantung pada satu bahan makanan saja. Sehingga bila satu bahan sedang langka, mereka lantas tidak harus kelabakan.

Imelda Pangaribuan., ST.,MT selaku dosen pembina modul nusantara UNIKOM menyampaikan bahwa para mahasiswa sangat menikmati sekali kegiatan disana, sehingga ia pun berharap agar para mahasiswa tersebut dapat belajar keanekaragaman budaya dan lebih menghormati perbedaan yang ada.

#UNIKOM #PMM2 #bertukarsementarabermaknaselamanya #kampusmerdeka