Berita

Pelaksanaan Perkuliahan Unikom masa 'New Normal' Pasca Work from Home (WFH) Efek Covid19

BANDUNG, UNIKOM – Menanggapi pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung ± 3 (tiga) bulan terhitung sejak Bulan Maret 2020 di Indonesia, pemerintah telah berupaya meminimalisir penyebaran virus dengan kebijakan-kebijakan yang dibuat. Setelah Work From Home (WFH) dan Study From Home (SFH) yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia selama tiga bulan terakhir ini mengantarkan pemerintah menggagas kebijakan ‘New Normal’ dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan diterapkan pada 1 Juni 2020 mendatang termasuk di Provinsi Jawa Barat.

Bertolak dari hal tersebut, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) melalui Rapat Online Rektor Unikom, Prof. Dr. H. Eddy Soeryanto Soegito, MT, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unikom, Prof. Dr. Hj. Ummi Narimawati, SE, M.Si., dan jajaran pimpinan terkait di Lingkungan Unikom pada Kamis, 28 Mei 2020. Rapat Secara virtual tersebut langsung dipimpin oleh Rektor Unikom yang membahas terkait persiapan masuk kerja dan perkuliahan dalam kebijakan New Normal. Rektor Unikom pada rapat tersebut mengulas poin-poin diantaranya: 1) Seluruh cleaning service, security dan manajemen gedung akan masuk kerja tanggal 2 Juni 2020 untuk mempersiapkan kebersihan dan higienis ruang kerja, ruang Perkuliahan dan dan prasarana 2) Seluruh dosen dan karyawan akan masuk kerja pada tangga 4 Juni 2020., 3) Mahasiswa akan masuk kuliah, tanggal 8 Juni 2020. Namun akan disesuaikan dengan keputusan pemerintah/kementerian/LL-Dikti/Aptisi/Abptsi/kolega lainnya. Rektor Unikom menambahkan bila Situasi dan kondisi belum memungkinkan mahasiswa masuk tanggal 8 Juni 2020, akan diundur sesuai kondisi 4) Apabila mahasiswa masuk tanggal 8 Juni 2020, maka ruang kelas akan dilayout/diisi setengah dari kapasitas., 5) Dosen membagi 2 pertemuan pada 1 mata kuliah (untuk kelas besar).

Guna antisipasi maksimal, Rektor Unikom akan membentuk satuan tugas (satgas) COVID-19 Unikom, yang terdiri dari Wakil Rektor Bidang Akademik unikom sebagai Ketua yang beranggotakan Direktur PTSI, Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Direktur Manajemen Gedung, dan Kepala Biro Administrasi Umum serta akan melibatkan juga dosen kemahasiswaan dari tiap prodi. 

Sementara itu, setiap hari kerja Rektor Menugaskan security untuk melakukan pengecekan suhu tubuh di pintu masuk setiap gedung Unikom, baik dosen, karyawan, mahasiswa dan tamu yang akan memasuki gedung kampus, selain itu Satpam juga bertugas membubarkan tongkrongan mahasiswa diluar jam perkuliahan.

Rektor menyampaikan, selanjutnya Unikom masih mempersiapkan beberapa opsi terkait tanggal masuk mahasiswa yakni 8 Juni 2020, 15 Juni 2020 atau sampai akhir semester, dimana keputusan ini masih akan dibahas dalam beberapa hari ke depan pada Rapat Pimpinan Unikom. Jika diputuskan adanya penundaan, maka Unikom sebagai universitas berbasis IT memiliki kemampuan dalam pengoperasian perangkat dan SDM yang memadai serta mendukung berjalannya proses kuliah online secara maksimal. 

Selain itu, pada tanggal 2 Juni 2020 mendatang, sebagai upaya pengamanan Unikom akan menggelar Rapid Test bagi seluruh Cleaning Service, Security, dan manajemen gedung. Selanjutnya, bagi para dosen dan karyawan akan menyusul pada tanggal 4 Juni 2020. Rapid test ini akan bertolak dari SOP dan jadwal yang akan disusun oleh Direktorat Aplikasi Pengembangan Pelatihan & Service Center (AP2SC) Unikom bekerjasama dengan Medical Center Unikom.

Kembali pada pembahasan Program New Normal di lingkungan kampus Unikom, tahap awal akan disosialisasikan dan diterapkan kepada para dosen dan karyawan sehingga kebijakan ini akan berjalan tertib, aman serta sesuai dengan yang diharapkan. Unikom khususnya Rektor dan seluruh jajaran pimpinan Unikom selalu berupaya maksimal dalam pencegahan penyebaran Virus Corona di lingkungan kampus. Dimana kebijakan New Normal ini akan bertolak dari protokol tatanan yang diterapkan pemerintah Indonesia sebagai upaya produktif dan aman COVID-19. (Direktorat Hms & Pro)