Berita

“Pendidikan Lingkungan Hidup Dalam Menjaga Bumi” Aplikasi Mata Kuliah Krisis Dan Strategi Humas Melalui Kegiatan Pengabdian Kolaborasi Dengan SDN 127 Sekeloa

BANDUNG, UNIKOM – Lingkungan hidup merujuk pada segala sesuatu yang ada di sekitar kita yang turut  memengaruhi kehidupan manusia, termasuk unsur air, udara, tanah, flora, fauna dan interaksi yang terjadi antarunsur tersebut. Kondisi lingkungan hidup sangat penting untuk diperhatikan, karena kesehatan dan kesejahteraan semua makhluk hidup tergantung pada keadaan lingkungannya yang harus terselenggara dengan baik dan berkesinambungan.

Upaya konservasi, pengelolaan sumber daya alam, dan perilaku yang berkelanjutan diperlukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan mendukung kehidupan di muka bumi. Perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup adalah tanggungjawab bersama seluruh warga negara. Dengan melibatkan anak-anak Sekolah Dasar dalam upaya pelestarian lingkungan, tidak hanya memberikan dampak positif pada lingkungan, tetapi juga akan membentuk sikap dan kebiasaan berkelanjutan sejak usia dini. Hal ini tentu akan memberikan kontribusi positif dalam menciptakan generasi yang peduli terhadap masa depan bumi.

Sabtu, 17 Februari 2024, sejumlah mahasiswa didampingi para dosen Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNIKOM berkolaborasi dengan SDN 127 Sekeloa Bandung melaksanakan pengabdian sebagai perwujudan pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dalam mengaplikasikan Mata Kuliah Krisis dan Strategi Humas yang diikuti mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi di Semester VII.

Berbeda dengan beberapa projeck sejenis yang telah dilaksanakan sebelumnya, kegiatan pengabdian tersebut menjadi istimewa, karena di dalam projeck kolaborasi yang mengusung tema “Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Menjaga Bumi” tersebut dilaksanakan melalui berbagai kegiatan, antara lain, Presentasi Interaktif dengan menggunakan alat peraga berupa gambar, video, dan cerita pendek ; Diskusi Kelompok ; dan aktivitas praktis berkegiatan nyata dengan menanam pohon dan membuat kerajinan dari barang bekas. Rangkaian kegiatan dirancang berupa kegiatan sosialisasi disertai diskusi dan praktik dalam upaya mengedukasi anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran anak-anak terhadap peran mereka dalam pelestarian alam, serta mendorong perilaku ramah lingkungan sejak usia dini.

Ketua Pelaksana Kegiatan, M. Ibrahim Alamsyah, melaporkan dalam kegiatan pengabdian tersebut, akan dilakukan sosialisasi tentang pengenalan lingkungan hidup yang disampaikan 2 pemateri yaitu Almeyda dan Adam. Selanjutnya siswa siswi dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil didampingi mahasiswa sebagai mentor, agar siswa siswi dapat lebih memahami materi melalui tanya jawab dan diskusi dalam kelompok masing-masing. Di akhir kegiatan, siswa siswi akan diajak untuk mempraktekkan materi yang telah diberikan dengan kegiatan menanam dan membuat kerajinan dari barang bekas. Ia berharap, “semoga apa yang kami upayakan dalam 3 macam kegiatan tersebut, dapat menambah efektivitas materi yang sudah kami sampaikan. Sehingga anak-anak mempunyai kesadaran pentingnya memelihara lingkungan hidup”, tutur Ibrahim.

Direktur Humas dan Protokoler UNIKOM, Dr. Desayu Eka Surya, M.Si., CICS., yang juga Dosen Pengampu Mata Kuliah Krisis dan Strategi Humas di Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNIKOM, mengawali sambutannya dengan mengucap syukur sedalam-dalamnya kepada Allah SWT atas kasih sayang dan ridho-Nya sehingga kegiatan pengabdian di SDN 127 Sekeloa dapat dilaksanakan sesuai harapan. Lebih lanjut ia menuturkan bahwa sebuah kewajiban bagi sivitas akademika UNIKOM untuk mendahulukan mengembangkan masyarakat yang ada di sekitar UNIKOM. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan di SDN 127 Sekeloa tersebut merupakan kegiatan aplikasi mata kuliah Krisis dan Strategi Humas bagi mahasiswa semester VII. Melalui kegiatan tersebut, mahasiswa sebagai calon humas, dapat mempraktekkan lobbying dengan pihak eksternal, melatih kemampuan berkomunikasi efektif, mengaplikasikan public speaking dalam peran tugasnya masing-masing, dan mengalami secara langsung bagaimana membangun kerjasama dalam tim untuk mensukseskan suatu kegiatan. Dr. Desayu berharap, semoga kolaborasi yang telah terjalin antara UNIKOM dengan SDN 127 Sekeloa bisa dikembangkan dalam kegiatan-kegiatan lainnya.

Wakil Kepala Sekolah SDN 127 Sekeloa, Jubaedah, S.Pd. dalam kapasitasnya mewakili Kepala Sekolah SDN 127 Sekeloa, Sobariah L. Fadilah, S.Pd., dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada mahasiswa dan dosen UNIKOM yang melaksanakan kegiatan pengabdian di SDN 127 Sekeloa. Ia berpesan, anak-anak bisa mencontoh kakak-kakak mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Bukan hanya sebatas lulus kuliah, tetapi punya karya. Begitupun anak-anak akan lulus dan melanjutkan sekolah. “Ibu harap, anak-anak bisa menggeluti kegiatannya dengan baik, mendapat nilai terbaik, dan bisa menjadikan ilmunya bermanfaat bagi semua orang. Begitu juga kerjasama yang sudah terjalin semoga tidak berhenti sampai disini tapi bisa berlanjut terus”, tutur Jubaedah.

Kegiatan Pengabdian “Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Menjaga Bumi” di SDN 127 Sekeloa Bandung dibuka secara resmi oleh Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Melly Maulin Purwaningwulan, S.Sos., M.Si.  Dalam sambutan pembukanya, ia mengajak siswa siswi SDN 127 Sekeloa untuk menyimak baik-baik materi yang disampaikan kakak-kakak mahasiswa terkait pengenalan lingkungan. Sehingga kesadaran tentang pentingnya memelihara lingkungan hidup dapat dimulai dari kebiasaan anak-anak dalam kehidupan sehari-hari. Pada kesempatan tersebut, Dr. Melly menyatakan kegiatan pengabdian adalah bagian dari program kerja program studi yang kedepannya bisa semakin dikembangkan lagi.

Turut hadir pada kegiatan pengabdian tersebut, Team Teaching Mata Kuliah Krisis dan Strategi PR, Dr. Ir. Yuni Mogot, M.Si., CPR., serta dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Safutra Rantona, M.I.Kom., beserta mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Semester 7 (tujuh), antara lain, M. Ibrahim Alamsyah, Tegar Maulana, Almeyda Senna, Ilham Da’i Bachtiar, Adam Zuhdii Gabriel, Daffa Nadia, Ferdyansyah Jati Pangestu, Fachri Fadhilah Karisno, Mik’dad Fitria Shobirin, dan M. Rafi Shiddiq. (Direktorat Hms & Pro).

Artikel Berikutnya