BERITA

Pengabdian Masyarakat Program Studi S1 Akuntansi dan D3 Akuntansi: Menilik Konsep Perencanaan Keuangan

Rabu, 06 Februari 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Membuat perencanaan keuangan yang terkonsep rapi tidak hanya diperlukan dalam mengatur keuangan pribadi saja, tetapi sejumlah bidang kerja yang berkaitan dengan ranah keuangan pun memerlukan taktik tersendiri dalam merencanakannya. Hal inilah yang melatarbelakangi Program Studi S1 Akuntansi dan D3 Akuntansi Unikom mengadakan “Pelatihan Perencanaan Keuangan” di SMA Darul Hikam, Jln. Ir. H. Juanda No. 285 Bandung, Kamis (24/1/2019).

Kegiatan pengabdian kali ini diikuti 15 peserta yang merupakan bendahara dari masing-masing unit bisnis Perguruan Darul Hikam Bandung dengan menghadirkan sejumlah pemateri, yakni: 1) Dr. Siti Kurnia Rahayu,SE., M.Ak., Ak.,CA., (Ketua Prodi S1 Akuntansi Unikom); 2) Adeh Ratna Komala,SE., M.Si. (Ketua Prodi D3Akuntansi Unikom); dan 3) Wati Aris Astuti SE.,  M.Si.,Ak.,CA. (Dosen Program Studi Akuntansi S1). Fokus utamanya adalah membagikan pengetahuan tentang perencanaan keuangan sekolah mengingat adanya kesulitan dalam membuat anggaran yang presisi (mendekati kebenaran) dengan realisasi yang dirasakan bendahara Perguruan Darul Hikam Bandung.

Sementara itu, sebagai pemateri pertama Siti Kurnia menjelaskan pentingnya menyusun perencanaan keuangan sekolah yang ditunjang dengan berbagai teori berkaitan dengan mengelola keuangan sejak tahap perencanaan, kendala, dan hambatan dari kesenjangan/gap antara perencanaan dengan realisasi. Selanjutnya, Adeh Komala lebih fokus pada perhitungan anggaran sekolah menggunakan high & low method dari data real yang diberikan Perguruan Darul Hikam Bandung.

Antusiasme peserta yang hadir berlanjut pada sesi uji pemahaman diri melaluli latihan soal yang dipersiapkan oleh Wati Aris. Peserta yang berhasil mengerjakan latihan soal dengan tepat dan benar, diberikan reward berupa voucher belanjar. Selain memberikan pelatihan, Program Studi S1 Akuntansi dan D3 Akuntansi Unikom memanfaatkan kesempatan untuk menyepakati sebuah kerja sama melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Resmi dibangunnya kerja sama antara kedua belah pihak diharapkan semakin memudahkan Unikom khususnya Program Studi S1 Akuntansi dan D3 Akuntansi Unikom untuk selalu bersinergi dengan Perguruan Darul Hikam Bandung. (Direktorat Hm& Pro)

Prodi Komputerisasi Akuntansi (KA) Unikom Ajarkan “Internet Sehat” di Lingkungan Pondok Pesantren Sukamiskin Bandung
Sabtu, 16 Februari 2019
Prodi Ilmu Pemerintahan Unikom Ajak Mahasiswa Menilik Penerapan IT di Lingkungan Pemerintahan
Jumat, 15 Februari 2019
SuitMedia Internship Program - SuitSchool 2019
Jumat, 15 Februari 2019