Berita

Pengenalan Desain Karakter Jepang Melalui Webinar Fudedameshi

BANDUNG, UNIKOM – Fudedameshi merupakan kegiatan yang digagas oleh dua Fakultas yang ada di Unikom rangkaian acaranya meliputi perlombaan pembuatan karakter budaya jepang atau biasa disebut dengan Anime yang merupakan animasi buatan Jepang, yang kini berkembang menjadi bentuk budaya populer, dengan basis penggemar yang cukup banyak dan juga pelaksanaan webinar Fudedameshi sebagai puncak.

Pelaksanaan kegiatan Webinar tersebut bertujuan untuk memberikan ilmu dan wawasan  kepada siswa SLTA yang mengikuti webinar dan lomba serta bertujuan untuk mempromosikan prodi yang ada Fakultas Desain dan Fakultas Ilmu Budaya. Dengan menggundang Narasumber Satria Indra Praja Persada, S.Ds., MM. merupakan Dosen Prodi DKV Unikom dan Muhammad Ali, MA. Merupakan Dosen Prodi Sastra Jepang Unikom Pada sesi terakhir webinar dilakukan pengumuman pemenang dari perlombaan yang telah dilakukan semenjak pertengahan bulan Juni 2022 (waktu pengumpulan nya sekitar 4 minggu), untuk dilakukan penilaian selama seminggu.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si. Wakil Rektor Sumber Daya dan Kerja Sama Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, ST., MT., Dekan Fakultas Desain Assoc. Prof. Dr. Lia Warlina, M.Si. Dekan Fakultas Ilmu Budaya Assoc. Prof. Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd., Ir. Ketua Program Studi dan Dosen dilingkungan kedua Fakultas tersebut.  MGMP di Jawa Barat Serta para peserta Webinar Fudedameshi.

Ketua Pelaksana Arif Try Cahyadi, M.Ds dalam laporannya mengatakan “Fudedameshi merupakan kegiatan kolaborasi kerja sama antara dua Fakultas yang ada di Unikom yakni Fakultas Desain dan Fakultas Ilmu Budaya Unikom, kegiatan ini lahir dari kerja sama antara dua Fakultas tersebut. Fudedameshi tahun 2022 ini terdiri dari dua rangkaian acara yang pertama kompetisi membuat karakter budaya jepang/anime yang kedua adalah webinar yang diselenggarakan pada Sabtu, (06/08/22). Lebih lanjut Arif menuturkan jumlah peserta lomba yang telah berpartisipasi sejumlah 97 peserta dari jumlah peserta tersebut terdiri dari 51 tingkat SMA 43 tingkat SMK dan 3 peserta tingkat MA.”ungkapnya

Assoc. Prof. Dr. Soni Mulyawan Setiana, M. Pd dalam sambutannya berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini tentu nya akan meningkatkan minat dan bakat dari para siswa SMA, SMK dan MA sehingga pada akhirnya menjadi generasi yang kreatif, berpartisipasi dan berkreasi. Sama halnya yang dikatakan Assoc. Prof. Dr. Lia Warlina, M.Si. bahwa karya yang masuk tahap penilaian sangat baik dan hebat.

Wakil Rektor dua secara resmi membuka kegiatan webinar tersebut sebelumnya Agus mengatakan “Saya mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh kedua Fakultas yang ada di Unikom berhasil memajukan Fakultasnya sehingga menghasilkan Fudedameshi yang Insya Allah kegiatan ini dapat dilakukan setiap tahun untuk meningkatkan kualitas dan nilai-nilai kreativitas yang ada ditingkat siswa/i di SMA dan tingkat sederajat.”ungkap Agus

Satria Indra Praja Persada, S.Ds., MM. pada pemaparannya menjelaskan sejarah Manga menurutnya Manga adalah komik (cerita) dalam bahasa Jepang. Manga (baca: man-ga, atau ma-ng-ga) merupakan kata komik dalam bahasa jepang; diluar Jepang kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang. Mangaka (baca: man-ga-ka, atau ma-ng-ga-ka) adalah profesi orang yang menggambar manga. Satria juga menyebutkan bahwa di Jepang, orang-orang disegala kelompok usia membaca manga yang mencakup karya-karya dalam berbagai genre: diantaranya laga, petualangan, bisnis dan perdagangan, komedi, detektif, drama, sejarah, horror, misteri, romantic, fiksi ilmiah dan fantasi, erotica, olahraga dan permainan.

Muhammad Ali, MA. Menjelaskan Karakteristik Manga menurut nya karakteristik manga itu terdapat tiga point penting diantaranya 1) Data menghibur, belajar, berharap, menyindir dalam satu kisah, 2) Memiliki “tata cara komunikasi” yang unik, 3) Menjadi perwujudan kebudayaan Jepang. Tidak hanya itu banyak nya tema cerita membuat Manga semakin menarik di Jepang, manga menjadi media yang mengangkat tema cerita yang tidak terbatas, dari yang paling konyol (genre gag) hingga paling serius (ekonomi, politik). Sehingga sangat menghibur, memberi pelajaran, memberi harapan, sekaligus dalam beberapa hal tertentu dapat menjadi sindiran terhadap kondisi real di Jepang.

Kegiatan diakhiri dengan pengumuman juara lomba pembuatan karakter budaya jepang oleh Ketua Pelaksana Arif Try Cahyadi, M.Ds, berikut nama-nama peserta yang menjadi pemenang dalam lomba tersebut:

NONAMA PESERTAASAL SEKOLAHSKOR PENILAIANPERINGKAT
1Haldy Dzakwan Azhari SaepullohSMA PGII 1 BANDUNG92,67JUARA I
2Nazhifah Muhammad RidhoSMKN 9 BANDUNG92,00JUARA II
3Lubnaa Elmayra AdaniSMA NEGERI 1 SUMEDANG89,33JUARA III
4Hana Fauzia BalqisSMAN 5 KARAWANG87,33HARAPAN 1
5Kyla KiranayuSMA TARUNA BAKTI87,00HARAPAN 2
6Carissa KinayaSMA PLUS AL GHIFARI BANDUNG86,67HARAPAN 3
7Ratu Hanna TSMKN 9 BANDUNG537 LikesFAVORITE

Webinar yang dipandu oleh Moderator Irma Rochmawati, M.Ds ini bertingkat Skala  Nasional. Semoga dengan diadakannya Perlombaan dan Webinar Fudedameshi dapat meningkatkan kreativitas siswa/I menjadi lebih baik lagi. Dan kegiatan dari kolaborasi antara dua Fakultas bisa terus berlanjut sehingga menjadi kegiatan tahunan Bersama. (Direktorat Hms & Pro)