Berita

Penguatan Perilaku Kewirausahaan Melalui Konsep Kecerdasan Spiritual pada UMKM Binaan Yayasan Cahaya Ayah Bunda Kota Bandung

BANDUNG, UNIKOM - Pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi merupakan kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu, pengetahuan, teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 47 dan 48. Tujuan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi adalah Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Dosen Program Studi Manajemen telah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berlangsung pada hari Selasa, 28 Juni 2022 dengan dihadiri 15 UMKM Binaan Yayasan cahaya Ayah Bunda dan Pengurus Yayasan Cahaya Ayah Bunda. PKM ini dilaksanakan di Yayasan Cahaya Ayah Bunda. Kegiatan PKM ini menggunakan metode luring yaitu berupa penyuluhan dan pelatihan  yang dilakukan oleh peserta, mahasiswa dan nara sumber.

Pihak internal yang terlibat dalam kegiatan PKM ini adalah dosen Prodi Manajemen yaitu Dr. Lita Wulantika, SE., M.Si yang bertindak sebagai Narasumber sekaligus Ketua PKM, juga satu orang mahasiswa dari Prodi Manajemen yaitu Fiado Rialdi Putra. Sedangkan pihak eksternal yang terlibat dalam kegiatan PKM ini adalah ketua YCAB dan pengurus serta UMKM binaan YCAB yang berjumalah 15 orang.

Dr. Lita Wulantika, SE., M.Si  mengatakan “Pangabdian kepada masayarakat ini merupakan perwujudan salah satu Tri Dharma Pergururan tinggi yang dilaksanakan oleh civitas akademika yang merupakan staff pengajar dari program Studi Manajemen Universitas Komputer Indonesia. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2022. Materi Pelatihan dipilih berdasarkan kebutuhan UMKM Yayasan cahaya Ayah Bunda, yaitu mengenai Penguatan Perilaku Kewirausahaan melalui konsep Kecerdasan Spiritual.

Lebih lanjut, Lita menyatakan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat  yaitu melakukan penyusunan konsep  laporan seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan beserta pengeluaran dana untuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, melakukan penggandaan laporan dan mengirim laporan akhir.

Tujuan yang hendak dicapai melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah (1) Bertambahnya pemahaman UMKM mengenai faktor-faktor pendukung dalam melakukan usaha seperti inovasi tempat, (2)Bertambahnya kepercayaan diri UMKM dalam berwirausaha dan (3) Bertambahnya kemampuan UMKM dalam beradaptasi dengan kondisi lingkungan.”ungkapnya

Kegiatan yang dilakukan dalam PKM ini yaitu berupa pelatihan yang diberikan kepada UMKM binaan Yayasan Cahaya Ayah Bunda. Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini membahas terkait Bidang Sumber daya Manusia mengenai perilaku kewirausahaan melalui konsep Kecerdasan Spiritual. Adapun secara terperinci materi yang disampaikan dalam pelatihan ini meliputi Arti pentingnya Kecerdasan spiritual, indikator kecerdasan spiritual, ciri-ciri penting Perilaku kewirausahaan, dan yang menjadi inti dari materi ini adalah Bagaimana individu mengatasi dan menghadapi masalah dalam kehidupan yang mempengaruhi perilaku pedagang kewiraausahaan yang mereka alami dengan landasan konsep kecerdasan spiritual.

Setelah dilakukan Kegiatan PKM melalui Pelatihan ini diharapkan dapat mengedukasi UMKM binaan Yayasan Cahaya Ayah Bunda mengenai Perilaku Kewirausahaan melalui konsep Kecerdasan Spiritual sehingga dapat meningkatkan perilaku kewirausahaan berlandaskan konsep kecerdasan spiritual untuk dapat mendukung dan mempertahankan keberadaan UMKM dalam kondisiseperti saat ini dan masa yang akan datang.

Pelatihan wirausaha ini juga diharapkan dapat menggali potensi jiwa wirausaha dari pelaku UMKM yang diharapkan dapat membantu mengembangkan usaha UMKM yang digelutinya sehingga dapat menjadi lebih besar lagi dengan produk yang lebih beragam dan lebih inovatif yang didukung dengan kecerdasan spiritual yang tinggi. Secara tidak langsung kegiatan PKM ini juga berdampak juga pada peningkatan kualitas hidup masyarakat sekitarnya. (Direktorat Hms & Pro)