Berita

Perpustakaan Unikom Bekerjasama Dengan Bem Dan Hima Menggelar Kegiatan Library User Education Dan Webinar Self Management “Pandemic Version”

BANDUNG, UNIKOM - Menyambut Tahun Ajaran Baru 2021/2022, Perpustakaan UNIKOM berkerja sama dengan BEM dan seluruh Himpunan Mahasiswa UNIKOM menyelenggarakan kegiatan Library User Education dan  Webinar Self Management:Pandemic Version. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 4-5 Oktober 2021 melalui zoom meeting. Pengenalan perpustakaan atau Library User Education merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun ajaran baru, dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa baru dapat memanfaatkan perpustakaan dengan baik selama mengikuti perkuliahan di UNIKOM. Kegiatan ini dibagi menjadi dua hari, pada hari pertama (4 Oktober 2021) mahasiswa baru mendapatkan materi mengenai pengenalan perpustakaan beserta seluruh fasilitas yang ada didalamnya. Materi ini disampaikan oleh staf perpustakaan UNIKOM sendiri yakni Nurriska Amalina, S.Pd. dan Sri Mulyati, S. I. Pus.

Kegiatan Webinar di hari kedua tanggal 5 Oktober 2021 adalah Webinar Self Management: Pandemic Version. . Tujuan diadakan Webinar Self Management ini adalah untuk meningkatkan dan mempersiapkan mental mahasiswa baru dalam mempersiapkan perkuliahan. Acara ini  dimulai dari pukul 10.00-12.00 WIB, diawali dengan pembukaan oleh Prof. Dr. Umi Narimawati, Dra. SE. M.Si selaku Wakil Rektor I  Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Setelah sambutan dari kepala perpustakaan dan laporan dari ketua pelaksana, selanjutnya di isi dengan penyampaian materi oleh narasumber yaitu Ibu Arnovella Auril yang merupakan founder Kelas Kemajuan Diri Program Development temancerita.id.  dan  diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan peserta .

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unikom Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si dalam sambutannya mengatakan “Menjadi mahasiswa UNIKOM memiliki sebuah kebanggaan tetapi tidak hanya bangga adik-adik untuk akan menjadi generasi yang harus mengenal Digitalisasi Library dimana tempatnya adalah di perpustakaan UNIKOM dan Perpustakaan UNIKOM Akreditasinya sudah A. Jadi sekali lagi kalau mau pintar kalau sekarang handphone tidak hanya dipakai untuk chatting saja tapi handphone digunakan saudara untuk bisa mengakses informasi apapun termasuk dari perpustakaan UNIKOM. Generasi mahasiswa yang harus melek teknologi informasi apalagi kuliah nya di UNIKOM.”Ungkap Umi

Ana Fadillah, S.I.Pus selaku ketua pelaksana kegiatan Library User Education dan  Webinar Self Management:Pandemic Version dalam sambutan mengatakan “Alhamdulillah kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, saya berharap melalui kegiatan ini mahasiswa baru bisa benar benar menjadikan perpustakaan sebagai penunjang perkuliahan di UNIKOM.”ujarnya

Ubudiyah Setiawati, S.Sos., M.I.Kom. mengatakan “Pentingnya fasilitas Universitas dapat dipromosikan lebih dekat dengan pemustakanya khususnya mahasiswa baru yang asalnya dari berbagai sekolah, upaya layanan yang tersedia dapat dioptimalkan dengan baik. Kegiatan ini menunjang proses belajar mereka selama kuliah di UNIKOM agar merasa nyaman, serta siap menghadapi situasi dalam perkuliahan dg kekuatan manajemen dirinya. Tujuannya 1) menjalankan 6 fungsi perpustakaan khususnya informatif. 2) literasi dasar dalam aspek pengenalan budaya kegiatan perpustakaan. 3)  Bagian kegiatan program tahunan yang kolaborasi dengan BEM dan HIMA 4) Menjalankan moto bahwa perpustakaan adalah teman terbaik untuk sivitas akademika/pemustaka khususnya mahasiswa "library is your best friend". 5) Mengetahui kebutuhan pemustaka yang diharapkan. 6) Perpustakaan menjadi tempat yang nyaman dan berkreasi. Harapannya Kami, Perpustakaan selalu dapat memberikan layanan yang tepat, sesuai harapan mereka yang dibutuhkan saat ini apapun masa yang akan datang (layanan prima).”ucap Ubud

Memasuki acara inti dihari kedua Arnovella Auril (Founder Kelas Kemajuan Diri Program Development temancerita.id) dalam pemaparannya mengatakan “ proses pembelajaran adalah perubahan pada diri kita jadi belajar bukan hanya konteks Akademik tapi juga ada dalam konteks organisasi dalam konteks kehidupan sosial terjadi belajar disini adalah perubahan ke arah teman-teman ingikan misalny dulu teman-teman punya cara pandang tertentu terhadap masalah sekarang karena banyak membaca di perpustakaan baca banyak buku itu  kemudian teman-teman punya cara pandang yang baru terhadap suatu masalah itu artinya sudah belajar jadi belajar itu bukan hanya mengingat ada perubahan baik itu perubahan pengetahuan perubahan tingkah laku perubahan kebiasaan, perubahan sikap pada akhirnya hasil belajar yang optimal menghasilkan perubahan kebiasaan pada diri teman-teman yang itu akan berkontribusi untuk maksimalnya proses pembelajaran.”ungkapnya

Self Regulatated Learning merupakan suatu konsep mengenai bagaimana seseorang menjadi pengelola dirinya sendiri dalam kegiatan belajar dilihat dari 1) Kognisi/Pikiran yang bagaimana mengelola dan mengarahkan pikiran kita untuk mencapai goal yang diinginkan. 2) Emosi dan Motivasi mengelola emosi dan perasaan negatif yang muncul serta upaya untuk menghadirkan suasana hati yang positif. 3) Perilaku dan Lingkungan menunjukan perilaku yang mendukung tercapainya goal dan membangun hubungan sosial yang baik.”pugkasnya

Faktor pendukung dan penghambat Self Regulated Learning 1) Faktor dalam diri dimana Pola pengambilan keputusan, pengetahuan kita tentang cara memotivasi diri sendiri, cara kita mengelola emosi. 2) Perilaku terhadap diri Judgement diri, Apresiasi diri dan Reaksi terhadap diri sendiri 3) Faktor lingkungan dimana Pengalaman sosial dan keadaan lingkungan sangat mempengaruhi.”tandasnya

kegiatan Library User Education dan Webinar Self Management:Pandemic Version. Antara Perpustakaan dengan BEM, HIMA di lingkungan UNIKOM dapat dikatakan sukses digelar, karena peserta mencapai 876 seluruh peserta adalah Mahasiswa Baru UNIKOM yang telah resmi menjadi bagian UNIKOM sejak 27 September 2021. Semoga para Mahasiswa Baru dapat memanfaatkan perpustakaan dengan baik selama mengikuti perkuliahan di UNIKOM.(Direktorat Hms & Pro)