Berita

Prodi DKV dan Prodi DG UNIKOM Buka Wawasan di Dunia Profesi Desain Melalui Seminar Creative Talk: Path to Mastery (Design & Communication)

BANDUNG, UNIKOM – Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Program Studi Desain Grafis (DG) Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) kembali menggelar kegiatan Seminar Tugas Akhir/Skripsi Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 yang bertajuk “Creative Talk: Path to Mastery (Design & Communication)” yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Januari 2024 bertempat di Ruang Serba Guna L.018, Lantai 1 Smart Building UNIKOM Bandung.

Selain para peserta, seminar tersebut juga dihadiri oleh Ketua Program Studi DG UNIKOM dan juga sebagai Sekretaris Program Studi DKV UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Rini Maulina, M.Sn., Koordinator Tugas Akhir/Skripsi Program Sarjana dan Diploma, Deni Albar, M.Ds dan Irma Rochmawati, M.Ds., para Dosen dan Tenaga Pendidik di lingkungan Prodi DKV dan Prodi DG UNIKOM.

Ketua Pelaksana Seminar Tugas Akhir, Merlina Fatimah Nasruddin, M.Ds., dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada para panitia yang telah mempersiapkan kegiatan ini dan para peserta seminar khususnya dari peserta Tugas Akhir dan Skripsi Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 serta peserta umum dengan animo dan antusias yang sangat tinggi telah hadir dalam kegiatan seminar yang dilaksanakan. Selain itu, ia melaporkan kegiatan tersebut diikuti peserta sejumlah 131 orang yang terdiri dari 45 peserta Tugas Akhir dan Skripsi, serta 86 peserta umum.

Sementara itu,  Koordinator Tugas Akhir dan Skripsi Program Sarjana, Deni Albar, M.Ds., dalam sambutannya mengungkapkan, pada dasarnya acara tersebut diadakan untuk membantu, menambah wawasan dan kesiapan para peserta tugas akhir untuk menghadapi dunia luar, khususnya dengan klien atau publik. Sehingga diundanglah pembicara yang telah disiapkan dengan tujuan untuk membuka wawasan dan pengalaman bagi para peserta. Ia berpesan, agar para peserta dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Program Studi DG UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Rini Maulina, M.Sn., dalam sambutannya juga menyampaikan terimakasih kepada para pembicara dan panitia atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Lebih jauh ia mengungkapkan, kegiatan seminar tersebut dilaksanakan agar mahasiswa kami mendapatkan bekal dan wawasan dari pembicara yang merupakan alumni prodi DKV dan DG UNIKOM, sebagai bukti nyata salah satu keberhasilan para alumni di dunia kerja, khususnya dalam dunia industry kreatif. Apalagi dengan teknologi yang berkembang saat ini, sehingga peluang usaha sebagai profesional semakin besar. Ia berharap, melalui seminar tersebut terjadi transfer ilmu dan pengetahuan untuk menyiapkan para peserta sebagai desainer di industri kreatif kedepannya. Pada akhir sambutannya, Dr. Rini meresmikan dan membuka kegiatan Seminar Creative Talk, mewakili Dekan Fakultas Desain UNIKOM, Prof. Dr. Lia Warlina, M.Si.

Creative talk yang rutin dilaksanakan pada setiap semester tersbut, selalu konsisten menggandeng para alumni dari Program Studi DKV atau Program Studi DG UNIKOM untuk berbagi pengalaman serta wawasan kepada para peserta, khususnya yang sedang menempuh mata kuliah Tugas Akhir dan Skripsi. Pada semester ini, Alumni DKV UNIKOM, Muhamad Lukmanul Hakim, S.Ds., yang juga merupakan Founder of Sonda Graphic & Interior Labs. Bandung sekaligus Graphic Designer di Bibit.id – Stockbit, dihadirkan selaku pembicara. Selain itu, guna memperkuat wawasan peserta dalam membangun kepercayaan diri, tips dan trik melakukan presentasi yang baik, dan lainnya untuk modal peserta dalam menghadapi sidang khususnya, dan dunia pekerjaan pada umumnya, juga dihadirkan pembicara yang kedua yakni Dicky Rizkyka Ramadan Siregar selaku aktivis, public speaker, dan juga Putera Pariwisata Jawa Barat Multimedia 2023.

Pelaksanaan seminar yang berjalan kurang lebih 120 menit tersebut terlaksana dengan hikmad dan lancar, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator dari Dosen Program Studi Magister Desain UNIKOM, Dr. Yully Ambarsih Ekawardhani, M.Sn., disambung dengan pembagian doorprize kepada peserta yang beruntung.

Semoga dengan terselenggaranya kegiatan Seminar Creative Talk pada semester ini, peserta mendapatkan transfer ilmu dan wawasan baru tentang dunia profesi, baik seputar membangun perusahaan secara mandiri, maupun bekerja sebagai karyawan atau freelance. Materi yang telah diberikan pada seminar tersebut, menjadi ilmu yang penting dan relevan untuk peserta tugas akhir prodi DKV dan DG UNIKOM agar mampu mempersiapkan diri untuk terjun dan membangun karakter profesionalitas saat bekerja di masa mendatang. Agenda kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada pembicara dan moderator, serta ditutup dengan foto bersama guna dokumentasi. (Direktorat Hms & Pro)