BERITA

PRODI KA FTIK Unikom: Kembangkan Potensi Bumdes Sebagai Kekuatan Ekonomi di Desa

Senin, 03 September 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Kewenangan dalam mengatur sumber daya dan arah pembangunan, saat ini telah dikantongi desa di Indonesia yang mengacu pada Perarturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014 dan berubah melalui PP Nomor 57 Tahun 2015. Hal ini melatarbelakangi Program Studi Komputerisasi Akuntansi (KA) Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Unikom untuk mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertajuk “Pemberdayaan Masyarakat dalam Membangun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Palasari Kecamatan Ujung Jaya Kabupaten Sumedang”.

Sebanyak 20 peserta hadir dari Staf BUMDes SATIA Desa Palasari, Staf Desa Palasari dan Staf BPD Desa Palasari, mengikuti kegiatan yang digelar di Kantor Kepala Desa Palasari, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang, Senin (27/8). Menurut Dony Waluya Firdaus, S.E.,M.Si selaku Ketua Pelaksana, pihaknya memilih Desa Palasari sebagai tempat pelaksanaan PKM karena wilayah ini berpotensi salah satunya di bidang pertanian dan baru mendirikan BUMDes dengan nama BUMDes SATIA.

“Desa Palasari sendiri merupakan sebuah desa yang berbatasan dengan Kabupatan Majalengka dimana BUMDes yang dibangunnya baru memliki 3 orang dalam organisasinya, tentu saja hal ini menjadi tantangan bagi Prodi KA FTIK Unikom untuk turut serta membangun BUMDes SATIA yang mudah-mudahan Desa Palasari secara umum juga turut merasakan peran dari BUMDes SATIA,” ujar Dony.

Selama kegiatan berlangsung, peserta memperoleh materi yang disampaikan Dosen Prodi KA FTIK Unikom, diantaranya Dr. Ony Widilestariningtyas., S.E., M.Si., Ak. CA dan Rio Yunanto, S.Kom., M.T. Adapun materi tersebut mengenai: 1) BUMDes sebagai Kekuatan Baru Ekonomi di Desa; 2) Tatakelola BUMDEs; dan 3) E-Commerce. Ketiga pokok bahasan tersebut secara khusus membahas keberadan BUMDes mulai dari dasar hukum, tujuan, permodalan, hingga beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam mendirikan BUMDes. Sementara itu E-Commerce ditujukan untuk memperkenalkan dunia digital di Indonesia termasuk contoh e-commerce dan dropship yang saat ini tengah menjamur di dunia bisnis sebagai salah satu sistem pemasaran.

Dari keseluruhan materi tersebut, Dony berharap agar wawasan para anggota BUMDes bisa bertambah terutama untuk mengembangkan BUMDes SATIA dan memperbaiki tata kelola yang ada di dalamnya, misalnya dengan memanfaatkan keberadaan e-commerce. Usai memberikan materi, Prodi KA FTIK Unikom pun melalukan penandatangan nota kesepahaman lanjutan dengan BUMDes SATIA Desa Palasari Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. (Direktorat Hms & Pro)

Doku Hiring
Jumat, 22 November 2019
Informasi Lowongan Pekerjaan : PT. Indo Utama Services (Staff Finance)
Jumat, 22 November 2019
Jadwal Perpanjangan Pembayaran Angsuran II Unikom Tahun Ajaran 2019/2020 Tahap I
Jumat, 22 November 2019