BERITA

Prodi Sistem Informasi UNIKOM Rancang Inovasi Model Pembelajaran Bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

Selasa, 17 November 2020 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Program Studi Sistem Informasi UNIKOM melakukan Penelitian sekaligus Pengabdian Kepada Masyarakat terkait “Inovasi Model Pembelajaran bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus”. Kegiatan tersebut diinisiasi program studi dengan target para mahasiswa berkebutuhan khusus di lingkungan Program Studi Sistem Informasi dan Program Studi Manajemen Informatika UNIKOM, dimana memiliki kategori Autism Spectrum Disorder.

Membahas lebih lanjut terkait pengemasan output dari inovasi tersebut, maka Tim Peneliti Program Studi Sistem Informasi UNIKOM menggelar Online Focus Group Discussion pada Kamis, 12 November 2020 di Ruang Rapat lt. 7 Smart Building UNIKOM. Tim peneliti tersebut diantaranya Dr. Marliana Budhiningtyas, M.Si., Irfan Dwiguna Sumitra, M.Si., Ph.D., Dr. Nina Kurnia Hikmawati, S.E., M.M., Leonardi Paris Hasiguan, S.Kom., M.Kom., Imelda, S.T., M.T., Rangga Sidik, S.Kom., M.Kom., M.Eng., Syahrul Mauludin, M.Kom., dan para sekretariat di lingkungan Prodi Sistem Informasi dan Prodi Manajemen Informatika UNIKOM.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut dr. Anne Nurfarina dan para orang tua anak berkebutuhan khusus, dimana dalam kegiatan tersebut dr. Anne dan para orang tua menilai serta menyampaikan kritik ataupun saran terkait inovasi yang direncanakan. Inovasi tersebut dikemas melalui Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang di dalamnya meliputi identifikasi mata kuliah, referensi, capaian mata kuliah, capaian lulusan termasuk teknisnya baik pengajaran online atau offline.

Mewakili tim, Leonardi Paris Hasiguan, S.Kom., M.Kom., menjelaskan bahwa dalam teknisnya tim merencanakan materi ajar tersebut dikemas melalui multimedia yakni berupa permainan yang akan tertuang dalam 7 (tujuh) modul yang dirancang. “Target kami yakni menyelesaikan berbagai hasil output di Bulan Desember mendatang, diantaranya modul RPS dan aplikasi permainan yang akan di HAKI-kan, publish jurnal serta proceeding. Melalui implementasi program tersebut diharapkan dapat memberikan masukan atau input terkait kurikulum universitas, fakultas dan khususnya program studi yang ditujukan bagi anak berkebutuhan khusus. Tentunya pengabdian dan penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat untuk UNIKOM dan secara umum bagi masyarakat luas khususnya orang tua anak berkebutuhan khusus.” ujarnya. (Direktorat Hms & Pro)

Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Unikom Raih Juara 3 Tingkat Nasional Dalam Kompetisi Canon Semarang Photo 2020
Kamis, 03 Desember 2020
Informasi Program PKL Ditjen Dikti 2020
Kamis, 03 Desember 2020
Webinar Design Series #1 : Why Pursing Career in UX Industry
Rabu, 02 Desember 2020

November 2020