Berita

Program Studi Desain Interior Unikom Mengadakan Kuliah Tamu “Strategi Design Ideation”

BANDUNG, UNIKOM – Kamis, 15 Juli 2021 Program Studi Desain Interior Unikom mengadakan Kuliah Tamu bertajuk “Strategi Design Ideation” Kuliah Tamu tersebut wajib diikuti oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Seni dan Karya Interior – SDI IV. Dengan mengundang sebagai narasumber yakni, Freddy Chriswantra, M.Ds Beliau adalah seorang akademisi (salah seorang dosen di Univ. Kristen Maranatha prodi DI) dan Co-Owner dari Bana Nusantara (perusahaan di bidang Craft- Product Design). Bana Nusantara.

Dina Fatimah, M.Ds. Selaku Ketua Program Studi Desain Interior sekaligus menjadi moderator pada acara tersebut mengatakan “Kuliah Tamu Strategi Design Ideation diadakan untuk memberi wawasan tambahan untuk mahasiswa Prodi DI dari pelaku usaha dibidang desain interior. Harapan Prodi dengan diadakannya kuliah tamu dengan topik ini, kami ingin nantinya ketika mahasiswa berkarya dapat melihat sebuah produk desain secara lebih detail (per komponen), tidak langsung berpikir hasil akhir. Tetapi mahasiswa juga diharapkan mampu dan percaya diri dalam mengeskplorasi tren desain yang berlaku saat ini tanpa meninggalkan ke-khas-an nilai lokal.”ungkap Dina

Freddy Chriswantra mengatakan ingin mengajak teman-teman mahasiswa untuk membuat bagaimana strategi dalam menciptakan sebuah ide tujuannya adalah biar kita tidak sama dengan yang lain jadi dengan berbeda itu bisa menjadi chiri khas tersendiri bisa menjadi karakter tersendiri sehingga mudah dikenali mudah dihafal dan diingat. untuk membuat hal itu terjadi butuh perencanaan kalau secara bisnis mungkin teman-teman udah hafal ya atau sudah tahu pernah dengar tentang bisnis model canvas ini salah satu cara jadi bukan satu-satunya jadi satu cara bagaimana mau menawarkan bisnis kita nanti dari customer terus membangun relationship nya, juga yang ditawarkan kepada customer itu apa saja aktivitas kita”ungkap Freddy

Lebih lanjut Freddy mengatakan tentang Strategi Segmenting, Targeting, and Positioning (STP) pada dasarnya digunakan untuk memposisikan suatu merek dalam benak konsumen sedemikian rupa sehingga merek tersebut memiliki keunggulan kompetitif yang berkesinambungan. Terdapat tiga elemen dalam strategi pemasaran yaitu segmentingtargeting dan positioning: 1) Segmenting: Adalah upaya memetakan pasar (sasaran program) dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.2) Targeting: Setelah memetakan pasar (sasaran program), tahap targeting seperti namanya adalah membidik kelompok konsumen mana yang akan kita sasar, 3) Positioning: Apabila target pasar (sasaran program) sudah jelas, positioning adalah bagaimana kita menjelaskan posisi produk kepada konsumen. Apa beda produk kita dibandingkan kompetitor dan apa saja keunggulannya.

Berlangsung secara daring mulai pukul 10.00 – 11.30 WIB Kuliah Tamu bertajuk “Strategi Design Ideation” banyak memberikan ilmu dan pemahaman terkait bagaimana cara mengemas sebuah produk menjadi tinggi nilainya walaupun itu memiliki ciri khas mengeluarkan produk – produk yang bertemakan kearifan lokal. Semoga para mahasiswa mampu menyusun strategi berpikir dalam menciptakan sebuah produk/karya untuk tujuan komersil. Dimulai dari tahap memahami untuk apa produk itu dibuat - memahami target pasar- tahap produksi - bagaimana dipasarkannya. Agar menjadi nilai ekonomis kedepannya. (Direktorat Hms & Pro)