Berita

Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Unikom Gelar Kuliah Umum Virtual Photography: “Photopreneur as an Opportunity”

BANDUNG, UNIKOM – Kuliah Umum Photographi “Photopreneur As An Opportunity” telah berhasil digelar oleh studi Ilmu Komunikasi FISIP  UNIKOM pada 01/03/23 dalam bentuk Zoom Meeting yang berlangsung selama 1 jam 46 menit tersebut diikuti oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Unikom dan juga dibuka untuk mahasiswa Umum.

Dr. Rismawaty Rais, M. Si dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang di hadiri oleh  403 orang ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan para peserta diluar Unikom untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan semangat mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang fotografi baik sebagai akademis maupun profesional.  Begitu juga dengan Olih Solihin, M.I.Kom, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi fotografi yang diharapkan dapat menghasilkan tujuan yang lebih baik yaitu lebih mengenal tentang fotografi lebih dalam. Tema dari kuliah umum online  ini tentunya merupakan bekal bagi mahasiswa Ilkom dan para peserta lainnya sebagai salah satu peluang untuk menghasilkan uang dari hobi fotografi.

Dr. Melly Maulin P, S.Sos., M.Si.  selaku ketua prodi Ilmu Komunikasi memberikan sambutan bahwa tema yang dilaksanakan sangat sesuai dengan pencapaian pembelajaran di program studi Ilmu Komunikasi dalam menunjang proses akreditasi yang akan dilaksanakan. Yang dimana photopreneur adalah salah satu usaha dalam memperdayakan fotografi yang efektif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dan kemudian dapat menciptakan peluang bisnis. Dimana generasi sekarang lebih menyukai pekerjaan yang fleksibel dan bisa dilakukan dimana saja, hal ini membuktikan bahwa photopreneur akan selalu menjadi peluang yang menjanjikan khususnya untuk mahasiswa ilmu komunikasi.

Assoc. Prof. Dr. Lilis Puspitawati, SE., M.Si., Ak., Ca selaku Dekan meresmikan acara dan memberikan sambutan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan kuliah umum ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat mahasiswa, menambah skill dan keterampilan dalam bidang fotografi sehingga kedepannya dapat menunjang profil pancapaian kelulusan yang baik.

Dalam penyampaian materi oleh narasumber Cory W. Macneil, menjelaskan tentang bagaimana makna dari foto dan bagaimana cara memperkenalkan karya yang dibuat di media sosial, tidak perlu takut untuk berkolaborasi dengan photographer yang lain, hingga tips agar memiliki hasil karya yang luar biasa dengan kamera atau alat yang dimiliki tanpa menjadikannya suatu penghalang. (Direktorat Hms & Pro)