Berita

Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Unikom Menggelar Webinar the Impact of Social Media Management and Online Advertisements on Today's Business

BANDUNG, UNIKOM – Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unikom mengelar Webinar dengan tema The Impact of Social Media Management and Online Advertisements on Today's Business. Pada Senin, 6 Desember 2021 secara daring melalui zoom meeting. Webinar tersebut merupakan bentuk Kolaborasi Mata Kuliah Cyber Public Relations x Periklanan.

Webinar tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unikom Assoc. Prof. Dr. Lilis Puspitawati, SE., M.Si., Ak.CA. Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi yang juga Dosen Pengampu Mata Kuliah Periklanan Dr, Melly Maulin P, S.Sos., M.Si. Ketua Pelaksana yang juga sebagai Dosen Pengampu Mata Kuliah Cyber Public Tine Agustin Wulandari, S.I.Kom., M.I.Kom. dan  para dosesn dilingkungan Prodi Ilmu Komunikasi serta diikuti oleh 194 Partisipan yang sebagian besar mengambil Mata Kuliah terkait.

Dr. Melly Maulin P, S.Sos., M.Si dalam sambutannya mengatakan “terima kasih kepada Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang senantiasa mensupport Program Studi Ilmu Komunikasi. Webinar ini merupakan salah satu Program Kerja dari Prodi Ilmu Komunikasi. Dalam Webinar ini pun kami berusaha memfasilitasi kebutuhan Informasi yang berasal langsung dari pengalaman langsung narasumber yang kami undang, mengenai bagaimana social media management kemudian online dan kebutuhan khusus untuk mata kuliah periklanan ini setelah UTS memang materinya fokus kepada online tema Webinar ini juga sangat update kemarin saat wisuda Unikom ke-36 Baik Bapak Rektor maupun Bapak menteri BUMN selalu mengangkat tema tentang ini, tentang Digital marketing tentang ecommerce, kemudian tentang digitalisasi ekonomi sangat erat dengan tema hari ini dan semoga apa yang disampaikan pada hari peserta dapat memahaminya dengan baik”ungkap Melly

 

Assoc. Prof. Dr. Lilis Puspitawati, SE., M.Si., Ak.CA. mengatakan “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena kegiatan ini merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Prodi-Prodi atas instruksi dari Rektor Unikom dan tentunya saya selaku Dekan harus menyampaikan untuk membekali mahasiswanya dengan berbagai macam softskill yang nanti setelah mahasiswa tersebut lulus dari Unikom diharapkan dapat menambah wawasan yang lebih relevan dan relevan dengan kondisi keadaan zaman pada saat ini.

Saat ini semua bisnis dilakukan secara online yang berjalan sangat sejalan dengan mendorong mendorong para pelaku bisnis itu untuk bisa berpikir dengan lebih cepat dan tepat nya dalam memenangkan persaingan usaha dan untuk itu melakukan transaksi dengan bisnis dengan lebih cepat atau efektif dan efisien tersebut maka kita membutuhkan kolaborasi antar bidang ilmu di sini ini adalah merupakan salah satu contoh kolaborasi bidang ilmu komunikasi dengan ilmu ekonomi dan bisnis. komunikasi bisnis yang mana ini harus terjadi secara integrasi secara harmonis”pungkas Lilis

Memasuki acara inti, Febrianty Claudia, alumni Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unikom TA 2017-2018 berkesempatan menjadi moderator pada kuliah umum tersebut, narasumber yang pertama oleh Rizka Virly seorang Social Media Manager Rupiah Cepat Jakarta yang membagikan beberapa materi mengenai 1) Learn the best use of different channels on social media, 2)  Learn how to set social media account based on business goals, 3)  Understand the difference between organic VS paid channels, 4)  Define the target audience.

Narasumber kedua Atami Puspa, adalah seorang Influencer dan beauty vlogger, juga merupakan alumni Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unikom TA 2018-2019. Menurutnya personal branding membantu kita meraih kredibilitas, menentukan tujuan dan pilihan audiens sangat penting empat hal yang harus di perhatikan menurut Atami, 1) Strategi pemanfaatan konten Digital, 2) Tentukan tujuan dan pilihan Audiens, 3) Buatlah konten yang dibutuhkan Audiens semenarik mungkin, 4) konsisten membuat konten sesuai dengan personal branding.

Semoga dengan adanya Webinar The Impact of Social Media Management and Online Advertisements on Today's Business. Dapat membantu mahasiswa menentukan personal branding mereka seperti apa, langkah kedepan menghadapi era yang semakin cepat berkembang saat ini dan tentunya ilmu yang didapat diaplikasikan dalam kehidupan. (Direktorat Hms & Pro)