BERITA

Program Studi Teknik Arsitektur UNIKOM Perluas Wawasan Mahasiswa Terkait Bidang Akademik dan Keprofesian Arsitektur

Kamis, 15 Oktober 2020 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM -- Mahasiswa sebagai agen perubahan dituntut untuk menemukan cara terbaik mengatasi tantangan global. Mahasiswa adalah harapan untuk menghadapi berbagai tantangan bangsa dan diharapkan dapat mencari cara bagaimana membuat globalisasi berfungsi untuk semua orang bukan hanya beberapa orang saja. Ditengah kondisi dunia yang disibukan kebutuhan manajemen krisis saat perubahan transformatif, mahasiswa diharapkan dapat membangun masa depan dengan cara yang konstruktif dan kolaboratif.

Sejatinya disiplin ilmu Arsitektur memiliki keunikan sebagai sebuah disiplin yang menekankan pada kreativitas. Disisi lain, Keprofesian Arsitektur merupakan tuntutan pasar yang harus dihadapi Arsitek di masa depan. Oleh sebab itulah, Program Studi Teknik Arsitektur Unikom membekali mahasiswa baru dan mahasiswa yang akan lulus dalam bidang Akademik dan Keprofesian. Prodi Arsitektur berperan serta dalam mendidik mahasiswa dan mencetak lulusan yang memiliki pengetahuan dasar mengenai Akademik dan Keprofesian Arsitektur. Oleh karena itu, tujuan tersebut difasilitasi dalam bentuk Seminar Program Studi bertajuk ”Sosialisasi Akademik dan Keprofesian Arsitektur IAI (Ikatan Arsitek Indonesia)”.

Digelar secara online juga bertahap pada tanggal 2 Oktober 2020 dan 9 Oktober 2020, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai dunia akademik Arsitektur di Program Studi Arsitektur, mencetak mahasiswa dan lulusan sebagai Arsitek yang mampu bersaing di dunia Keprofesian Arsitektur, serta sebagai sarana motivasi peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dan dunia dibidang Teknik dan Ilmu Komputer dalam mengahadapi tantangan Global melalui Profesi Arsitek.

Secara resmi kegiatan dibuka oleh sambutan Dr. Salmon Priaji Martana, S.Ars., MT., selaku Ketu Program Studi Teknik Arsitektur Unikom yang menyampaikan webinar tersebut merupakan rangkaian dari webinar mingguan yang dijadwalkan pada bulan September-Oktober 2020. ”Rangkaian kegiatan yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan mahasiswa Teknik Arsitektur Unikom dengan informasi-informasi penting yang disampaikan oleh praktisi dan akademisi yang kompeten dalam bidang akademik maupun praktisi arsitektur. Selain menambah pengetahuan secara umum, bagi mahasiswa yang terlibat langsung di dalamnya juga merupakan kesempatan emas untuk merasakan atmosfir persiapan kegiatan seminar secara nyata sehingga akan bermanfaat dalam skill berorganisasi kelak nantinya. Mewakili Prodi Teknik Arsitektur Unikom, kami turut berbangga dengan kegiatan yang berjalan dengan baik dan lancar. Semoga apa yang telah dicapai dapat lebih dimaksimalkan di hari-hari mendatang demi terus memajukan Program Studi Teknik Arsitektur Unikom ke depannya.” jelasnya.

Pada Jumat, 2 Oktober 2020, kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 64 orang peserta dan menghadirkan Aswin Indraprastha S.T., M.T., Ph.D., selaku Ketua Perwakilan APTARI (Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia) Wilayah Barat. Sedangkan pada Jumat, 9 Oktober 2020 diikuti sebanyak ±157 orang, dimana narasumber yang hadir yaitu Prof. Dr. Ir. A. A. Ayu Oka Saraswati, MT (Guru Besar dari Universitas Udayana, Bali).  (Direktorat Hms & Pro)

BERITA DUKA CITA
Senin, 19 Oktober 2020
Info Open Donasi HIMA IHI UNIKOM
Senin, 19 Oktober 2020
Info Kegiatan : Kajian Islami HIMA IP UNIKOM
Senin, 19 Oktober 2020