BERITA

Pustakawan Perpustakaan Unikom Menjadi Narasumber Pada Kegiatan Podcast Dengan Akademi Perekam Medis Dan Informatika Kesehatan (APIKES) Bandung

Rabu, 13 Oktober 2021 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM - Perpustakaan APIKES (Akademi Perekam Medis dan Informatika Kesehatan) Bandung diwakilkan oleh  ibu Artia Lestari Yohana menjadi pemenang ke-3 kategori pustakawan pada lomba fotografi Tahun 2021 dengan tema capture your own library, y ang diselenggarakan oleh Perpustakaan UNIKOM kerja sama dengan UKM Glosarium UNIKOM, Tanggal 21 Agustus 2021 yang lalu. Sambutan dari Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, untuk para pemenang jika kondisi memungkinkan, para pemenang dapat bersilahturahim langsung di Perpustakaan UNIKOM. Pada Tanggal 2 Oktober 2021, Tim Pustakawan APIKES hadir dan menyelenggarakan kegiatan podcas berkaitan dengan lomba fotografi tersebut.

Tim APIKES Bandung yang hadir adalah Kepala Perpustakaannya yaitu Ibu Artia Lestari Yonana dengan Tim dari Akademik yaitu Ibu Sabita Ahsanu Nadiya, Bapak ahmad Tajudin dan Bapak Iwan M.W. Disambut oleh Kepala Perpustakaan UNIKOM Ibu Ubudiyah Setiawati, Humas Perpustakaan UNIKOM yaitu Ibu Sri Mulyati dan perwakilan dari UKM. Glosarium juga panitia yaitu Tegar Lucks Oakles. Materi podcas yang dibahas tentang ide lomba dan webinar fotografi, bagaimana Perpustakaan UNIKOM bisa bekerja sama dengan UKM. Glosarium, bagaimana Perpustakaan UNIKOM beradaptasi dengan keadaan pandemic Covid-19.

Ide lomba fotografi berkaitan dengan Bidang Perpustakaan, merupakan ide Kepala Perpustakaan UNIKOM, bahwa mengelola perpustakaan tidak hanya mengelola sumber-sumber informasi, tapi mengelola banyak pengetahuan yang dapat diterapkan pada perpustakaan. Dalam membuat literasi koleksi di Perpustakaan UNIKOM, dasarnya adalah melalui sebuah media gambar atau foto, bagaimana dari sebuah foto dapat menjadi daya tarik yang pertama dilihat oleh pemustaka (red.pembaca) untuk berminat membaca koleksi tersebut, yang bisanya keinginan membaca selalu dengan membaca abstraknya. Sehingga dari kegiatan tersebut ada inspirasi untuk pustakawan membuat foto yang sesuai dengan kaidah fotografi. Bahkan untuk para pakar fotografi ada tulisan khusus atau buku kajian fotografi bagi pustakawan.

Perpustakaan hidup, karena dimanfaatkan oleh sivitas akademikanya. Perpustakaan menjadi lebih baik karena berkolaborasi dengan sivitas akademikanya, sehingga satu dengan yang lain saling melengkapi, sesuai dengan tag Perpustakaan UNIKOM, “Library Is Your Best Friend”, perpustakaan teman bagi sivitas akademikanya, perlu kerja sama dengan semua stakeholder internalnya yaitu dosen dan mahasiswa.

Perpustakaan UNIKOM beradaptasi dengan keadaan pandemic Covid-19, dengan terus bergerak melakukan program-program kerja yang disesuaikan dengan keadaan. Contohnya semua SDM membuat artikel untuk menjadi sebuah buku, tentang bagaimana situasi pekerjaan berubah dari kondisi pekerjaan melayani tatap muka dengan daring, khusus pada pekerjaan yang murni harus tatap muka, selama Pandemik Covid-19 berubah 100%.

Informasi di atas pertanyaan dan jawaban santai selama kegiatan podcas. Selain itu Perpustakaan UNIKOM sharing tentang sejarah Perpustakaan UNIKOM dengan melalukan tour fasilitas perpustakaan, dan proses revitalisasi serta konsep perpustakaan saat ini di SMART Building. Obrolan santai dari kedua belah pihak,  membahas pula tentang kemungkinan kerja sama dua lembaga berkaitan dengan penelitian dan perpustakaan. Bahwa APIKES Bandung memiliki program studi informatika berkaitan dengan rekam medis, hal tersebut dapat menjadi penelitian kolaborasi untuk kedua belah pihak universitas.

Kegiatan Podcas dengan Perpustakaan APIKES Bandung, ditutup dengan menyampaikan ucapan terima kasih dari Perpustakaan UNIKOM  serta dari Panitia Lomba dan Webinar Fotografi Tahun 2021, semoga kegiatan ini akan terus berlanjut dan Pustakawan APIKES Bandung menjadi Juara I. Menjadi juara semoga menjadi motivasi terus berprestasi dan mendapatkan apresiasi serta dukungan penuh dari pimpinan setempat. Salam Literasi. (Direktorat Hms & Pro)

Unikom Lakukan Forum Group Discussion Bersama Ministry of Gender Equality and Family South of Korea dengan Topik Pengembangan Kurikulum Vocational Training IT dan E-Commerce untuk Perempuan Jawa Barat
Rabu, 27 Oktober 2021
Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Unikom Raih Gelar Akreditasi Baik Sekali
Rabu, 27 Oktober 2021
Cek Jadwal Vaksin Gemesin Unikom 2021
Selasa, 26 Oktober 2021