Berita

Rapat Kerja Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Bersama Para Ketua Program Studi di Lingkungan UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom menggelar Rapat Kerja bersama Para Ketua Program Studi di lingkungan Unikom pada Selasa, 24 November 2020. Rapat yang digelar secara online melalui aplikasi Zoom Meeting tersebut dipimpin langsung oleh Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si., selaku Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom. Mengawali kesempatan tersebut, Poni menyampaikan ucapan terima kasih kepada para ketua program studi yang telah berkenan turut serta dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, Poni memaparkan materi mengenai: 1) Kondisi eksisting jurnal Unikom, 2) Evaluasi hasil akreditasi jurnal nasional (Arjuna), 3) Google Scholar Jurnal – Sinta Jurnal, 4) Sinta Rank Unikom, dan 5) Google Scholar – Scopus – Sinta – Simlitabmas – Sister Dosen. “Rapat kerja tersebut menjadi kesempatan bagi program studi guna merancang dan memetakan jurnal serta publikasi ilmiah di masing-masing program studi. Terdapat dua hal yang ingi saya tekankan ialah terkait bagaimana antara direktorat jurnal dan program studi dapat mencapai tujuan yang lebih optimal dari jurnal-jurnal dan bagaimana mengoptimalkan publikasi dari para dosen yang ada di program studi masing-masing.” ujarnya.

Menurut Poni, strategi tahap awal yang dapat dilakukan program studi dalam pengembangan jurnal tersebut diantaranya: 1) Memperbaiki Template; 2) Memperbaiki dan Menjaga Konsistensi Gaya Selingkung Jurnal; 3) Meningkatkan Kualitas Artikel Penulis; 4) Meningkatkan Kualitas dan Peran Editor/ Mitra Bestari; 5) Fungsikan Open Journal System (OJS); 6) Melakukan MoU dengan Asosiasi Profesi Masing-Masing Keilmuan; 7) Update Google Scholar Jurnal; dan 8) Mengarahkan Indeksasi ke Pengindeks Kelas Menengah (DOAJ). “Harapannya para ketua program studi dapat memantau secara langsung bagaimana perkembangan jurnal di masing-masing program studinya. “ ungkap Poni. (Direktorat Hms & Pro)