Berita

Rapat Kerja Unikom 2018: Peningkatan Kualitas Dosen untuk Capai Target Institusi

BANDUNG, UNIKOM- Mendekati pelaksanaan aktivitas akademik semester genap tahun 2017/2018 yang akan dimulai pada 26 Februari mendatang, Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto menggelar “Rapat Kerja Unikom” dengan mengundang seluruh jajaran Rektorat, Dewan Kehormatan Etika Akademik, Dekanat, Direktur, Kepala Bagian, Kepala Divisi, Ketua dan Sekretaris Program Studi serta para dosen di lingkungan Unikom. Rapat yang berlangsung di Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom, Senin (5/2), merupakan kesempatan Rektor untuk menyampaikan fokus kerja di tahun 2018 yang harus dilaksanakan oleh seluruh Civitas Akademika Unikom terutama kalangan dosen.

Rektor meyampaikan bahwa ‘berpikir sistem’ adalah pola yang bisa membawa Unikom menuju lebih baik. “Unikom sebagai sistem, kita semua yang ada di dalamnya sebagai bagian dari organisasi merupakan tubuh dan regulasi yang ada sebagai jiwa, sehingga kita harus bekerja sama atau teamwork untuk menggerakan sistem ini supaya dapat berjalan baik karena sebagai sistem kita tidak bisa bekerja sendiri” ujarnya. Tidak cukup memiliki pola berpikir sistem, Rektor pun mengharapkan setiap pimpinan dan dosen bisa menjadi problem solver yang membantu memberikan solusi dalam penyelesaian permasalahan, mengurangi hambatan hingga menciptakan terobosan.

Mengenai fokus kerja tahun 2018, dimana salah satunya pelaksanaan seminar internasional IINCITEST dan ICOBEST, Rektor menekankan bahwa kegiatan tersebut sifatnya dari Unikom, oleh Unikom dan untuk Unikom yang wajib diikuti oleh seluruh dosen Unikom bahkan menurut rencananya akan menjadi agenda rutin tahunan. Sebagai bentuk kerja keras dari Tim Kepanitiaan INCITEST dan seluruh pihak yang terlibat, Rektor pun memberikan apresiasi karena pelaksanaan seminar tersebut telah bekerja sama dengan IOP sebagai salah satu publisher bergengsi. Selain meningkatkan motivasi dosen untuk menghasilkan karya ilmiah berkualitas, jabatan fungsional dan jurnal Unikom tengah menjadi fokus kerja yang ditargetkan tahun ini harus mengalami perubahan baik dari segi tingkatkan jabfung dan realisasi jurnal terkareditasi.

Berbagai pernyataan dan harapan Rektor diatas pun sejalan dengan gagasan Prof. Dr. Uman Suherman, AS.,M.Pd selaku Koordinator Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten yang memberikan sejumlah arahan dan masukan terkait peningkatan jabatan fungsional dosen, penelitian, dosen perkuliahan, dan studi lanjut dosen dalam kegiatan tersebut. Uman menekankan, Unikom adalah salah satu kampus kebanggaan Kopertis bahkan bagi Kemenristekdikti karena menduduki peringkat ke-2 di Jawa Barat berdasarkan data dari 4ICU yang dirilis Januari 2018 lalu. Sehingga pencapaian tersebut perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas dari berbagai lini khususnya pada kualitas dosen yang secara langsung bersentuhan dengan mahasiswa. “…dosen diharapkan menjadi contoh yang terbaik karena pendidikan itu memanusiakan manusia, oleh manusia dan hanya bisa dilakukan dengan cara yang manusiawi sehingga dalam hal ini dosen merupakan panutan mahasiswa,” ujarnya.

Uman yang memaparkan materi tentang ‘Penguatan Mutu Program Studi dan Institusi Unikom’ turut menjelaskan bahwa kualitas universitas sangat ditentukan dengan fakultas dan program studi yang ada di dalamnya, serta kualitas program studi ditentukan dengan kualitas para dosennya. Konsep menjadi dosen adalah aktivitas, kreativitas dan produktivitas, sehingga dosen tidak cukup hanya menjalankan aktivitasnya sehari-hari tetapi dibarengi kreativitas dan produktivitas yang menunjang dosen tersebut untuk lebih dan lebih berkualitas.

Selain diisi pemaparan materi, kegiatan tersebut digelar berkenaan dengan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Dekan Pascasarjana, Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK), serta Dekan Fakultas Desain Unikom yang saat ini dipimpin oleh Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra.,M.Si (Dekan Pascasarjana), Dr. Ir. Herman S, MBA (Dekan FTIK), Prof. Yusuf Affendi Djalari (Dekan Fakultas Desain). Melalui sambutannya, Herman yang sebelumnya menjabat sebagai Dekan Pascasarjana mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya akan melanjutkan tugas di FTIK Unikom dengan mempertahankan apa yang sudah baik dan meningkatkan apa yang masih perlu diperbaiki. Hal senada pun diungkapkan oleh Rahma dan Yusuf agar pihaknya dapat berkeja sama dengan seluruh bagian yang ada di Unikom untuk melanjutkan tugas dan mengejar target yang belum tercapai, salah satunya terkait dengan akreditasi program studi dan AIPT.

Pelaksanaan rapat kerja yang berlangsung pukul 09.00-12.30 WIB diakhiri dengan pengarahan singkat dari Dr. Poni Sukaesih K, S.IP.,M.Si selaku Ketua Divisi Jurnal dan Ketua Tim INCITEST. Beliau mengharapkan kerja sama dan kerja keras dari seluruh pihak yang terlibat khususnya terkait review, untuk bersama-sama mensukseskan seminar internaisonal ini. Sehingga berbagai fokus kerja Unikom di tahun 2018 yang telah dipaparkan dalam kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan motivasi seluruh civitas akademika Unikom khususnya kalangan dosen untuk mampu meningkatkan kualitas dan memenuhi target institusi sesuai dengan yang diharapkan. (Direktorat Hms & Pro)