BERITA

Seminar Internasional Prodi SI Unikom: Menilik Perkembangan Dunia Sistem Informasi

Rabu, 04 Juli 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Innovation with Own Data: Future Prediction with Data Analytic”, adalah tema yang diusung Program Studi Sistem Informasi Unikom pada gelaran Seminar Internasional yang berlangsung Sabtu (30/6) di Auditorium Miracle Unikom. Pelaksanaan seminar kali ini diikuti ± 270 peserta yang terdiri dari jajaran dosen dan mahasiswa tingkat akhir Prodi SI Unikom, serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

Menurut Agus Nursikuwagus, ST.,MT.,MM.,MOS.,MTA, selaku Ketua Pelaksana, seminar internasional telah menjadi bagian dari program kerja rutin Prodi SI Unikom yang memasuki pelaksanaan kali kedua. Berkenaan tema yang diusung, Prodi SI Unikom ingin memperluas wawasan mahasiswa mengenai perkembangan dunia sistem informasi yang saat ini bergerak ke arah data mining. “…dengan segala bentuk keilmuannya, saat ini dunia sistem informasi telah mengalami kemajuan sehingga tidak hanya mencakup tentang pengelolaan data saja tetapi sudah ke arah penggalian data hingga menganalisa data yang sangat berguna jika diaplikasikan di dunia industri, ranah bisnis ataupun perusahaan,” ujarnya.

Kegiatan yang dikemas sejak pukul 08.30-12.00 WIB diisi dengan pemaparan materi oleh para pembicara kompeten, diantaranya: 1) Prof. Dr. Nazlena. M. Ali (Universiti Kebangsaan Malaysia); dan 2) Dr. Komang Aryasa (Ketua Research Data Mining Telekomunikasi Indonesia Tbk), yang menjelaskan terkait penyajian informasi di lapangan. Selain materi, para pembicara juga menampilkan demo dari beberapa aplikasi yang sudah diterapkan dan digunakan di kalangan masyarakat. Sehingga mahasiswa lebih memahami kondisi realita di lapangan dan diharapkan memberikan gambaran bagi peserta khususnya mahasiswa tingkat akhir yang tengah menyusun skripsi dan akan memasuki dunia kerja setelah lulus nanti.

Sementara itu, Agus meyakini bahwa kegiatan ini akan memberikan manfaat tidak hanya bagi mahasiswa tetapi juga internal Prodi SI Unikom. “Hal ini berkaitan erat dengan mata kuliah yang diajarkan di Prodi SI Unikom salah satunya mata kuliah data mining yang sangat mendukung mahasiswa untuk memperluas wawasannya secara teori dan contoh nyata di lapangan, mengingat sistem informasi sudah sedemikian berkembangnya bahkan hal ini pun menjadi impuls positif bagi kami di Prodi untuk senantiasa melakukan pembaharuan materi,” tambahnya.

Sebelumnya Prodi SI Unikom telah membekali pengetahuan tentang kebutuhan tingkat kompetensi mahasiswa melalui seminar internasional yang menghadirkan pembicara dari Singapura. Prodi SI Unikom pun terus berupaya untuk menjadikan lulusannya semakin berkompeten salah satunya bekerja sama dengan Penyedia Layanan Sertifikasi Internasional yang sudah berafiliasi dari Certiport International. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat Prodi SI Unikom bisa mengadakan sertifikasi internasional tersebut, terlebih jika kita mengacu pada surat keterangan pendamping ijazah maka hal ini menjadi wajib agar mahasiswa ketika lulus memiliki minimal satu kompetensi keahlian,” jelas Agus.

Mewakili Prodi SI Unikom, Agus berharap adanya kegiatan ini bisa menjadikan mahasiswa untuk memiliki kesiapan yang matang dan pengetahuan yang mumpuni bahwa sistem informasi tidak hanya berbicara tentang penyimpanan data tetapi juga menganalisis data tersebut. Sehingga mahasiswa Prodi SI Unikom kelak menjadi lulusan yang berkompeten. (Direktorat Hms & Pro)

Revisi Jadwal Penerimaan CD Penelitian Semester Genap T.A 2017/2018
Sabtu, 22 September 2018
Tim Futsal Sistem Informasi Unikom Bidik Juara 2 di Turnamen Futsal IFEST 2018
Sabtu, 22 September 2018
KPM Unikom: Tingkatkan Kualitas Personal Dalam Jamuan Makan
Sabtu, 22 September 2018

September 2018