BERITA

Seminar Internasional: The 4th International Conference on Business, Economics, Social Sciences, and Humanities (ICOBEST) 2021

Selasa, 23 November 2021 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung untuk keempat kalinya sukses menggelar seminar internasional The 4th International Conference On Business, Economics, Social Sciences, And Humanities (ICOBEST) yang ditujukan bagi para akademisi dan praktisi di lingkungan non teknik. Opening ceremony ICOBEST 2021 dengan tema “Digitalization and Oppurtunities in the Tough Time” secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Desain Unikom Assoc. Prof. Dr. Lia Warlina, M.Si,. kegiatan tersebut diadakan secara daring melalui zoom dan disiarkan secara langsung melalui youtube Unikom pada 18 November 2021.

ICOBEST 2021 dimotori oleh Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom bersama Tim International Confeence Unikom, menjadi sarana untuk membahas hasil penelitian dan pengalaman di bidang bisnis, ekonomi, ilmu sosial, dan humaniora, yang diikuti lebih dari 110 peserta dari dalam dan luar negeri. Menurut Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP.,M.Si, selaku Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom juga Ketua Pelaksana ICOBEST 2021, bahwa “peserta yang hadir tidak hanya dari kalangan dosen saja, melainkan juga mahasiswa khususnya mahasiswa pascasarjana Unikom. Beberapa dari perguruan tinggi di Indonesia dan luar Negeri. Poni juga mengatakan “output dari ICOBEST 2021 adalah paper yang telah dipresentasikan dan dilakukan pemeriksaan oleh para reviewer ahli di bidangnya, akan diterbitkan pada jurnal internasional terindeks scopus diantaranya 1.) JEECAR, 2.) MAR, 3.) MAJCAFE 4.) Jurnal of financial reporting & accounting dan pada jurnal internasional serta jurnal nasional terakreditasi sinta dan prodisiding ber-ISBN” jelas Poni. 

Menariknya, pada gelaran ICOBEST yang keempat ini keynote speaker berjumlah lima orang tentunya yang dihadirkan selalu berbeda setiap tahun dimana para keynote speaker tersebut memiliki reputasi internasional. Sebut saja diantaranya, 1) Dr. Nikolay Megits (Webster University, United States) 2) Prof. Faridah Hj. Hassan (Universiti Teknologi MARA, Malaysia), 3) Dr. Hetty Hassanah, S.H., M.H (Universitas Komputer Indonesia, Indonesia), 4) Prof. Dr. Jamaliah Said (Universiti Teknologi MARA, Malaysia), dan 5) Professor Khaled Hussainey (Portsmouth University, United Kingdom) yang mengisi plennary session dipandu oleh Tatan Tawami, S.S.,M.Hum (Dosen Program Studi Sastra Inggris Unikom) sebagai moderator. Oleh Dr. Nungki Heriyati, S.S., MA. (Ketua Divisi Bimbingan Konseling, Karir Lulusan & Alumni).

ICOBEST 2021 mencakup sepuluh scope dengan lebih dari lima puluh sub scope, diantaranya: 1. Entrepreneurship, 2. Government Science, 3. International Relation, 4. Communication Science, 5. Management, 6. Accounting, 7. Law, 8. English Literature, 9. Japanese Literature, 10. Visual Communication Design and Interior Design. Masing – masing peserta sebagai presenter diberi kesempatan untuk mempresentasikan paper pada sesi parallel session yang berlangsung di hari yang sama usai gelaran opening ceremony, dilakukan secara daring yang terbagi dalam 6 room zoom.

Ajang seminar Internasional menjadi kesempatan baik sebagai sarana diskusi penelitian antar disiplin ilmu yang membuka peluang besar dalam memperluas jaringan dan kolaborasi penelitian guna melahirkan solusi bersama. Bahkan pengaruh positifnya begitu besar, khususnya ketika dosen Unikom aktif mengikuti kegiatan seminar internasional maka nilai publikasi ilmiah di Unikom meningkat, sehingga turut membantu meningkatkan angka publikasi ilmiah Indonesia di mata dunia. (Direktorat Hms & Pro)

Informasi Jadwal Perpanjangan Pembayaran Biaya Perkuliahan Angsuran II Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022
Rabu, 01 Desember 2021
Super Neli Karya Divisi Animasi Unikom Raih Juara Satu Pada Ajang Curated Amazing Product Jawa Barat Creative Media Award 2021
Selasa, 30 November 2021
Closing Ceremony Kegiatan Vokasional Information & Technology (Batch-2), Implementasi Kerjasama G TO G Indonesia dan Korea Selatan
Selasa, 30 November 2021