Berita

Sidang Terbuka Senat Unikom Ke-37 Semester Ganjil TA 2021/2022

BANDUNG, UNIKOM - Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung resmi melantik 304 lulusannya melalui prosesi Sidang Terbuka Senat dalam acara Wisuda Unikom ke – 37 Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022, disaksikan oleh orang tua atau wali wisudawan/ti dengan suasana yang khidmat, sakral dan penuh kebahagian. Pada Sabtu, 16 Juli 2022 bertempat di Hotel Harris Citylink Bandung.

Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS sebagai Penanggung Jawab dan Ketua Pelaksana Wisuda Semester Ganjil TA 2021/2022 mengucapkan “selamat atas keberhasilan perjuangan wisudawan/ti yang telah mampu menyelesaikan masa studinya di Unikom. Desayu juga melaporkan jumlah rinci wisudawan/ti Semester Ganjil TA 2021/2022 dalam setiap fakultasnya, demikian juga Wisudawan/ti yang berhasil lulus dengan Predikat terbaik di Tingkat pascasarjana, sarjana dan diploma, serta dengan rasa bangga desayu menyampaikan juga 27 wisudawan/ti yang berhasil meraih predikat cumlaude.

Desayu juga menuturkan, Selain berprestasi dalam akademik, sebagian Wisudawan wisudawati  yang lulus pada semester ganjil tersebut berhasil meraih prestasi di tingkat regional, nasional dan internasional yang telah mengharumkan nama UNIKOM di Jawa Barat dan nama baik Negara Indonesia di kancah Internasional. Dengan rasa Bangga dan Bahagia, desayu mengucapkan selamat kepada orang tua, kepada wisudawan dan wisudawati, dan selamat berkompetisi di kehidupan bermasyarakat. The Triump can’t be had Without the Struggle Kemenangan tidak bisa diraih tanpa perjuangan, demikian tutur Desayu. Dalam laporan pertanggung jawabannya sebagai ketua pelaksana, desayu menyampaikan harapan besarnya, suatu saat nanti wisudawan/.ti yang dilantik senantiasa mampu menjunjung tinggi dan mengharumkan nama almamater tercinta Universitas Komputer Indonesia, dan menjadi barisan/garda terdepan dalam membela kebenaran, menegakkan keadilan, dan peduli pada sesama. If You never try, You will never know. Jika anda tidak pernah mencoba, anda tidak akan pernah tahu, pukas Desayu.

Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T, dalam pidatonya mengungkapkan bahwa pelaksanaan Wisuda ke-37 Semester Ganjil TA 2021/2022 ini sekaligus melepaskan para Wisudawan – Wisudawati untuk mendarmabaktikan ilmunya ketengah – tengah masyarakat luas, masyarakat heterogen dengan berbagai pilihan kebutuhan akan sumber daya manusia di tengah masyarakat. Eddy juga menyebutkan Wisudawan terbaik (Best of the Best) tingkat Universitas untuk S1 dan S2 berturut-turut diraih oleh : 1) Sdr. Hamdan Sahlan dari Program Studi Magister Manajemen, IPK 3.99 2) Sdr. Aditya Alive dari Program Studi Magister Manajemen IPK 3.92 dan 3) Sdri. Ghina Amalia dari Program Studi Magister Sistem Informasi IPK 3.89.

Menurut Eddy, Keberhasilan yang diraih ini menunjukkan bahwa Saudara telah melaksanakan amanah dari Orang tua , Keluarga dan Masyarakat sekaligus merupakan wujud nyata atas ketekunan, keuletan dan kerja keras Saudara selama menempuh pendidikan . Akhirnya saya ingin menyampaikan bahwa "Real success is determined by two factors . First is faith , and second is action. "(Kesuksesan sejati ditentukan oleh dua faktor. Pertama adalah keyakinan, dan kedua adalah tindakan) . Saudara telah berjalan sejauh ini , melewati berbagai rintangan dan pada hari ini bisa menyandang gelar Sarjana ,Ahli Madya dan Magister , maka yakinlah bahwa Saudara bisa menghadapi apapun di depan sana dan teruslah bermimpi, teruslah berbuat dan berkarya nyata.”tutur Eddy

Ucapan selamat juga datang dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA, melalui rekaman video.  Menyampaikan “Selamat kepada para wisudawan/ti Unikom atas keberhasilan menuntaskan masa kuliah. Ungkap Sandiaga Uno dalam sambutannya, Perlu diingat wisuda bukanlah purna tugas bagi kita semua untuk berhenti belajar, dan belajar itu aktivitas yang tidak akan pernah berhenti dan terus akan menemukan hal baru setiap hari nya.

Sandiaga Uno berpesan, terus isi pikiran dengan ide dan gebrakan terbaru dengan berkontribusi semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan masing - masing. Saat ini, kita sedang berada pada era digitalisasi maka dari itu kami mendorong agar para lulusan Unikom melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi dalam perkembangan teknologi terutama dalam rangka penyesuaian era baru pasca pandemi covid-19. Lakukan dengan penuh semangat dan terapkan 4K 1) Kerja Keras 2) Kerja Cerdas, 3) Kerja tuntas dan 4) kerja Iklas dan selamat memasuki dunia baru bagi lulusan Unikom dan semoga Unikom sukses selalu.”pungkasnya dalam tayangan video yang dibuatnya Khusus untuk Wisudawan-wisudawan Unikom sebagai pengganti ketidak hadirannya karena tugas negara yang tidak bisa ditinggalkan.

Usai prosesi pelantikan wisudawan, tentunya tantangan yang harus dihadapi oleh para lulusan adalah untuk masuk ke universitas masyarakat Menjadi wisudawan dengan pribadi yang unggul secara intelektual, anggun secara moral, kompeten menguasai IPTEK, berjiwa sosial dan memiliki komitmen yang tinggi untuk memajukan bangsa dan Negara Indonesia. (Direktorat Hms & Pro)