Berita

Smile with Hima Ilmu Komunikasi UNIKOM: “Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Berkarakter pada Generasi Z”

BANDUNG, UNIKOM - Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNIKOM (HIMA IK UNIKOM) pada tanggal 19 Februari 2023, Melaksanakan Kegiatan Satu Minggu Lebih Erat Bersama HIMA IK yang diberi tajuk “SMILE WITH HIMA IK”merupakan salah satu alternatif kegiatan untuk membekali Pengurus HIMA IK UNIKOM dengan ilmu pengetahuan sebagai bekal utama untuk menjalankan organisasi dan masa depan mereka. Serta memberikan pengalaman baru dalam konteks Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dengan nuansa yang berbeda.

Tujuan dari diadakannya “SMILE WITH HIMA IK” yaitu Menyadarkan Pengurus Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNIKOM akan pentingnya menjadi seseorang pemimpin yang berkarakter, Merangsang pemikiran yang peka ditiap – tiap pengurusnya, Mengembangkan potensi minat dan bakat pengurus Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNIKOM.

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari. Pada hari pertama, Senin (20 Februari 2022) dibuka dengan materi mengenai Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Yang diisi oleh Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNIKOM periode 2022/2023, M. Ananda Trianto. Setelah materi tersebut selesai, para peserta dibagi menjadi 3 kelas sesuai departemen masing – masing, untuk diberikan materi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi departemenya. Departemen ADKESMA mendapatkan materi Sosiologi Komunikasi dengan pemateri M. Ananda Trianto, Departemen HUMAS mendapatkan materi Manajemen Humas dengan pemateri alumni Ilmu Komunikasi yaitu Nielsen Maulana Ibrahim Ismael, S.I.Kom, sedangkan untuk Departemen MINBAK mendapatkan materi Manajemen Event dari pemateri yang juga alumni Ilmu Komunikasi yaitu Hilman Dwi Putra S.I.Kom. Setelah kegiatan dihari pertama selesai, para peserta kemudian dibagi menjadi 3 kelompok, tiap masing-masing kelompok. terdapat peserta dengan departemen yang berbeda. 

Kegiatan pada hari ke – dua, Rabu (22 Februari 2022) berlangsung mulai pukul 10.00 WIB di ruangan 9.027 lantai 9 Smart Building. Pada hari ke dua, peserta mendapatkan dua materi yaitu Manajemen Organisasi dan Administrasi Organisasi. Pemateri dari materi Manajemen Organisasi diisi oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi yang aktif dalam berorganisasi yaitu Farhan Fairuz, sedangkan materi Administrasi Organisasi diisi oleh dosen Ilmu Komunikasi Dr. Manap Solihat M.Si. Pada hari ke dua pelaksanaan SMILE ini, peserta terlihat lebih aktif bertanya mengenai materi yang disampaikan, sehingga tidak hanya pemaparan materi dari pemateri tetapi ada diskusi antara peserta dan pemateri.

Kamis, 23 Februari 2022. Rangkaian kegiatan SMILE memasuki hari ke tiga. Materi pada hari ke tiga diisi oleh dosen Ilmu Komunikasi UNIKOM yaitu Dr. Ir. Yuni Mogot, M.Si., CPR dengan materi Public Speaking dan Personal Branding. Kegiatan hari ke tiga dimulai pada pukul 13.00 WIB. Peserta SMILE sangat antusias ketika mendengarkan materi yang disampaikan.

Di hari terakhir, Sabtu (25 Februari 2023) masing-masing peserta kelompok mempresentasikan hasil dari materi yang telah didapat. Setelah itu kegitan ditutup dengan Sharing Season bersama Alumni HIMA IK UNIKOM pada saat malam keakraban di Villa Batoe II. (Direktorat Hms & Pro)