BERITA

SMK Avicena Rajeg Kabupaten Tangerang Berkunjung ke Unikom

Kamis, 10 Januari 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Sebanyak 163 siswa/I SMK Avicena Rajeg Kabupaten Tangerang dari Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia, serta Administrasi Perkantoran, memadati Auditorium Miralce Kampus I Unikom guna mengikuti kegiatan kunjungan dalam rangka Studi Orientasi Lapangan (SOL) yang diadakan pihak sekolah. Kunjungan yang berlangsung pada Selasa, (8/1/2019) pukul 13.00 WIB turut dihadiri Kepala SMK Avicena Rajeg Kab. Tangerang, H. Sudrajat Ardyana, S.Pd dan ±15 guru pendamping lainnya dari berbagai jurusan.

Melalui sambutan pihak sekolah, Sudrajat mengungkapkan ucapan terima kasih kepada Unikom yang dengan terbuka memberikan kesempatan bagi siswa/I untuk menggali pengetahuan baru melalui kunjungan ini. Sehingga ilmu yang mereka peroleh di bangku sekolah, dapat lebih berkembang bahkan tidak menutup kemungkinan siswa/I juga tertarik melanjutkan studi di Unikom.

Selain menambah wawasan, kunjungan kali pertama yang dilakukan ke Unikom juga menjadi momentum terjalinnya silaturahim dan diharapkan kedepannya dapat terbangun kerja sama lebih lanjut tidak hanya pada program kunjungan saja. “…kami melihat Unikom begitu banyak prestasi dan kami pun tertarik untuk bisa bekerja sama lebih lanjut supaya siswa/I kami semakin terbuka luas wawasannya,” tutur Sudrajat.

Atas dasar itulah, hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Program Studi Sistem Komputer Unikom, Usep Mohamad Ishaq, Ph.D yang menyambut sekaligus membagikan informasi tentang bidang kerja yang tengah dipimpinnya. Program studi Sistem Komputer dibawah Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Unikom memiliki dua jenjang program yakni strata 1 (S1) bernama Sistem Komputer dan diploma 3 (D3) dengan nama Teknik Komputer. Kedua program studi ini pada dasarnnya mempelajari rancangan konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer sebagai kombinai antara keilmuan di Teknik Elektro dengan Teknik Informatika.

Perbedaan antara program S1 dan D3 di Prodi Sistem Komputer dan Teknik Komputer, bahwa lulusan S1 lebih berorientasi pada kemampuan analisis dan pengembangan teknologi komputer sedangkan lulusan D3 ditekankan pada kemampuan skill dalam mengoperasikan dan memanfaatkan teknologi komputer. Usep menekankan, berdasarkan pengalamannya tidak sedikit mahasiswa yang belum memahami keseluruhan akan program studi yang dipilihnya ketika memasuki dunia pendidikan tinggi. Sehingga, Usep pun menjelaskan beberapa perbedaan antara Prodi Sistem Komputer dengan prodi lainnya seperti Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang seringkali dianggap sama.

“Prodi Teknik Informatika lebih menangani proses analisis, perancangan dan implementasi dalam bentuk software sehingga pembelajarannya lebih dominan pada aspek software dibandingkan hardware tidak seperti Sistem Komputer, sedangkan untuk Sistem Informasi mempelajari dasar-dasar bidang Teknik Informatika dan berkaitan dengan bidang bisnis dan manajemennya,” tutur Usep.

Memperoleh berbagai materi yang disampaikan, antusasime para siswa/I untuk menggali wawasan lebih banyak terpacu pada sesi tanya jawab. Tidak sedikit diantara mereka yang tertarik pada program studi di Unikom juga divisi yang ada di dalamnya karena mampu memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya, sebut saja salah satunya robotika yang sudah meraih banyak prestasi di kancah nasional dan internasional.

Usai sesi tanya jawab, guna melengkapi rangkaian kunjungan ke Unikom para siswa/I menyaksikan kilas video profile Unikom sehingga mereka lebih banyak mengetahui berbagai sarana dan prasarana yang tersedia di kampus ini bahkan mereka pun berkesempatan untuk melakukan tour campus ke Perpustakaan Unikom dan melihat sekilas Laboratorium Unikom TV dan Unikom Radio serta Laboratorium di Prodi Sistem Komputer Unikom dipandu oleh Staf Direktorat Humas dan Protokoler juga Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom. Seperti kunjungan pada umumnya, tidak lupa dilakukan pertukaran cinderamata dan foto bersama di Lobby Smart Building Unikom sebagai bentuk kenang-kenangan.

Sejumlah Bidang Kerja di Unikom Rapatkan Barisan Jelang Anifestkom 2019
Selasa, 25 Juni 2019
Penerimaan Mahasiswa Baru Unikom Tahun Akademik 2019/2020 - Gelombang III
Selasa, 25 Juni 2019
Pertahankan Tradisi Juara, Bulutangkis Unikom Raih Juara Umum Bumi Siliwangi Cup 2019
Senin, 24 Juni 2019