Berita

SOSIALISASI 1ST INTERNATIONAL STUDENT CONFERENCE ON ENGINEERING AND ENVIRONMENTAL RESEARCH (ISCEER) 2022

Sukses menggelar International Conference on Businees, Economics, Sosial Sciences, and Humanities (ICOBSET) dan International Conference on Informatics Engineering, Science & Technology (INCITES). Saat ini, Unikom sedang mempersiapkan tahun pertamanya untuk menggelar International Student Conference on Engineering and Environmental Research (ISCEER) yang diperuntungkan bagi Dosen dan Mahsiswanya. Berbagai persiapan pun telah dilakukan dengan mengadakan Sosialisasi pada Selasa, (12/4/22) secara daring melalui zoom meeting.

International Student Conference on Engineering and Environmental Research (ISCEER) adalah program tahunan yang akan diselenggarakan oleh Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). ISCEER bertujuan untuk berbagi ide-ide mahasiswa dan penelitian saat ini di bidang Teknik, Ilmu Lingkungan dan Teknologi. Ini menyatukan penelitian mahasiswa dan dosen agar sesuai dengan aplikasi dan industri praktis. Konferensi ini akan diadakan pada 11 Agustus 2022. Mengambil "Empowering Students' Research in Engineering and Environmental Science Facing Covid-19 Post-Pandemic Recovery Condition" menjadi tema utama.

Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom Dr. Poni Sukaesih, S.IP., M.Si. dalam sosialisasi tersebut mengatakan “Kami ingin mengundang semua mahasiswa untuk berpartisipasi dalam konferensi untuk berbagi penelitian dan studi saat ini. Dengan sasaran Mahasiswa dan Dosen yang akan dapat meningkatkan iklim riset dan publikasi mahasiswa dan dosen, meningkatnya point APS9 standar terkait riset dan publikasi mahasiswa Bersama dosen serta meningkatkan rangking publikasi (SCOPUS) Unikom, Hal ini diharapkan dapat menjadi ajang berkumpul bagi siapapun yang tertarik untuk menggali optimisme dan solusi potensial serta menjawab isu dan tantangan dalam pemulihan pasca pandemi Covid-19.”pungkasnya

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Riset, Inovasi, dan Akreditasi Assoc. Prof. Dr. Ir. Herman S Soegoto. MBA. Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah Dr. Poni Sukaesih K, S.IP., M.Si. Panitia ISCEER yang diwakilkan oleh Assoc. Prof. Dr. Ir. Lia Warlina, M.Si dan Senny Luckyardi, S.P., M.M, Para Dekan, Para Ketua Program Studi di lingkungan Unikom.

ISCEER tahun 2022 akan mengundang dua Keynote Speakers diantaranya Irfan Dwiguna Sumitra, Ph.D berasal dari Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung, dan Assoc. Prof. Abdulkareem Shafiq M Al-Obaidi berasal dari Taylor’s University, Malaysia. Nantinya, jurnal yang telah dibuat akan dipublikasikan pada Prosiding terindeks scopus (Publisher AIP), Jurnal internasional Unikom (Injiiscom, Injuratech, Injurplan), Jurnal int scopus (kerjasama EURECA).

Penelitian merupakan suatu kegiatan pokok yang harus dijalankan oleh dosen maupun mahasiswa, bahkan menjadi salah satu Tri Dharma dalam perguruan tinggi, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan atau memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus menuntaskan suatu permasalahan. Dan untuk memudahkan kegiatan tersebut maka harus adanya kerja sama antara Dosen dan Mahasiswa atau disebut kolaborasi.

Kolaborasi dosen dan mahasiswa sangat baik dilakukan untuk memacu dan memicu kerja sama antar dosen dan mahasiswa dalam bidang penelitian. Lebih dari itu melalui kegiatan ini diharapkan suasana akademik yang lebih kondusif akan terus terjaga dan bahkan ditingkatkan sehingga baik dosen maupun mahasiswa merasa nyaman dan senang di kampus dalam berkreativitas ilmiah. Banyaknya kreativitas ilmiah dalam bentuk penelitian kerjasama dosen dan mahasiswa akan memberikan efek kepercayaan diri yang tinggi bagi dosen dan mahasiswa dalam berkompetisi pada tingkat penelitian yang lebih tinggi seperti skim penelitian desentralisasi dan skim kompetitif nasional bagi dosen serta pada taraf program kreativitas mahasiswa (PKM) bagi mahasiswa. (Direktorat Hms & Pro)