Berita

Sosialisasi “Incitest Icobest Registration System”, Gebrakan Baru Unikom di Bidang Seminar Internasional

BANDUNG, UNIKOM– Terobosan baru Unikom menyambut tahun 2020 salah satunya tengah diupayakan Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom bekerja sama dengan Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (PTSI) Unikom melalui pembuatan “INCITEST ICOBEST Registration System”. Sistem yang digarap untuk mempermudah alur seminar internasional sebagai agenda rutin tahunan Unikom, telah disosialisasikan kepada seluruh jajaran pimpinan dan dosen Unikom dalam bentuk purwarupa atau prototype, pada Selasa (19/11/2019) di Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom.

Pengenalan sistem tersebut, disampaikan oleh Direktur PTSI Unikom, Adam Mukharil Bachtiar, S.Kom.,M.T dan lebih lanjut dijelaskan oleh Ferry Stephanus Suwita, S.Kom., M.T selaku Staf Divisi Academic Resource & Data Centre juga sebagai Koordinator Website Universitas. Adam menyampaikan, sistem ini akan diterapkan pada seminar internasional tahun ketiga yang diadakan oleh Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom tepatnya pada 2020 mendatang untuk International Conference on Informatics, Engineering Science and Technology (INCITEST) dan International Conference on Business, Economic, Social Sciences and Humanities (ICOBEST). Mengingat sosialisasi yang disampaikan masih dalam bentuk prototype, Adam menantikan berbagai saran dan kritik membangun guna penyempurnaan “INCITEST ICOBEST Registration System” ini.

Sementara itu, disampaikan oleh Ferry bahwa Direktorat PTSI Unikom telah melakukan pembaharuan sistem, mulai dari tahap registrasi login, submit abstract, full paper, dan sebagainya yang berkaitan dengan pelaksanaan seminar internasional. Setiap tahapnya dijelaskan oleh Ferry secara terperinci guna mempermudah para dosen Unikom dalam menggunakan sistem tersebut. “Sistem yang baru ini kami lebih fokus pada re-design dan flow resgistrasi, dengan tampilan yang kita buat lebih fresh dan modern,” jelasnya.

Mengenai sosialisasi kali ini, Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom, Dr. Hj. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP.,M.Si, mengatakan Unikom patut berbangga hati karena dapat membangun sistem secara mandiri untuk kebutuhan penyelenggaraan seminar internasional. “…setelah dua tahun melaksanakan seminar internasional INCITEST dan ICOBEST dimana kami menggunakan sistem konferensi dari pihak ketiga, pada akhirnya di tahun 2020 Unikom siap menggunakan sistem sendiri yang dibangun oleh Direktorat PTSI Unikom,” tuturnya. Poni menilai, sistem ini akan memberikan kemudahan, untuk dosen sebagai peserta seminar maupun Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom dan Tim International Conference Unikom sebagai panitia penyelenggara karena berbekal evaluasi dari sistem yang digunakan sebelumnya.

Tidak lupa, Poni mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pimpinan Unikom, reviewer, para peserta dari internal maupun eksternal Unikom yang senantiasa memberikan dukungan dan kepercayaannya terhadap seminar internasional ini. Terlebih publisher pun memperketat proses penyeleksiannya sehingga kerja sama yang baik sangat diharapkan dengan mengikuti arahan perbaikan dari para reviewer.

Baik INCITEST maupun ICOBEST, keduanya mengalami perkembangan cukup signifikan. Salah satunya pada INCITEST 2019 yang pelaksanaannya hampir bersamaan dengan  ASEAN Workshop on Information Science and Technology (AWIST) dimana Unikom sebagai tuan rumah, mencatat sebanyak 351 paper yang terdiri dari 292 paper INICTEST dan 59 paper AWIST. “…dari 351 paper ada 350 paper yang berhasil lolos dan 1 paper yang reject, 59 paper terbit di European Alliance for Innovation (EAI), 281 terbit di IOP, dan 10 paper lainnya akan segera terbit di jurnal terindeks Scopus Q2 Journal of Engineering Science and Technology (JESTEC),” jelas Poni. Sementara paper yang diterima untuk kegiatan ICOBEST nantinya setelah melalui proses penyeleksian atupun revisi, paper akan diterbitkan melalui publisher Atlantis Press.

Apresiasi setinggi-tingginya atas pencapaian yang diraih selama dua tahun berturut-turut melaksanakan seminar internasional INCITEST dan ICOBEST, disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Inovasi, Pengembangan, Aset dan Kerjasama Unikom, Dr. Ir. Herman S. Soegoto, MBA, yang hadir mewakili Rektor Unikom. “…perubahan itu akan selalu ada, kali ini kita melihat bahwa perubahan ditunjukan salah satunya pada proses registrasi sistem INCITEST dan ICOBEST dimana sebelumnya masih menggunakan sistem dari pihak ketiga, sekarang kita sudah memiliki sistem sendiri yang dibangun oleh Direktorat PTSI Unikom, semoga sistem ini semakin memberikan kemudahan dan manfaat untuk kita semua,” pungkasnya. (Direktorat Hms & Pro)