BERITA

Sosialisasi PKM Mata Kuliah Kewirausahaan Unikom Semester Genap Tahun 2020/2021

Sabtu, 29 Mei 2021 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM - Koordinator Mata Kuliah Kewirausahaan yang dipimpin oleh Supriyati, S.E., M.Si., Ak.CA., ACPA., C.PI. menggelar “Sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) untuk Mata Kuliah Kewirausahaan UNIKOM Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022” pada Selasa, 27 April 2021. Digelar secara online melalui Live Streaming YouTube UNIKOM dan zoom meeting, kegiatan tersebut dilihat oleh sebanyak 875 penonton yang merupakan mahasiswa mata kuliah kewirausahaan UNIKOM Semester Genap TA 2020/2021.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan sekaligus Ketua PKM UNIKOM, Andrias Darmayadi, M.Si., Ph.D., yang menuturkan bahwa mata kuliah kewirusahaan di UNIKOM sudah dikombinasi dengan berbagai program salah satunya dengan pembuatan proposal PKM tersebut. “Program seperti ini sudah kita lakukan dari tahun 2020 untuk teman-teman mahasiswa kemudian diberikan pilihan untuk mengambil Apakah ke PKM atau In biskom atau digital preneur dan alhamdulillah ternyata untuk mahasiswa yang mengambil PKM ini jumlahnya ada 400 tim artinya ada 1.300 mahasiswa lebih yang mengambil PKM untuk mata kuliah kewirausahaan ini. Tentunya bersama-sama dengan bapak ibu mentor teman-teman mahasiswa yang sudah memetakan akan mengambil PKM diharapkan akan menyerap ilmu dengan maksimal semoga sosialisasi ini nanti dapat membuka pikiran dan mindset kita terhadap PKN. tentunya kita berharap proposal PKM yang dibuat oleh teman-teman mahasiswa itu nantinya bukan hanya bisa untuk menambah nilai mata kuliah KW saja tetapi juga bisa benar-benar kita kirimkan ke belmawa produk diikutsertakan dalam kompetisi.”ungkapnya

Memasuki agenda inti, Supriyati, S.E., M.Si., AK.CA., CPI., selaku Koordinator PKM menyampaikan materi mengenai “Sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tahun 2021”, diantaranya: 1) Tujuan PKM, 2) Jenis PKM, 3) Buku Pedoman PKM, 4) Alur Perjalanan 8 Bidang PKM & Muaranya, 5) PKM di Era Pandemi Covid-19, 6) Bentuk Kegiatan & Luaran, 7) Penilaian Proposal Pedoman PKM Tahun 2020, 8) Alasan Perubahan Kegiatan Fisik menjadi Digital-Daring, 9) Alur Tim PKM KWU, dan lainnya.

Lebih lanjut supriyati, mengungkapkan bahwa PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandasan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausaha, wirausahawan, Mandiri dan Arif. Mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan keahlian sikap,  tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.”Jelas Supriyati

Selanjutnya, materi dari berbagai Dosen PKM KWU 1) Penjelasan PKM Riset oleh Dr. Henny, S.T., M.T. 2) Penjelasan PKM Penerapan IPTEK oleh Susmini Indriani Lestariningati, S.T., M.T & Dian Dharmayanti, S.T., M.Kom. 3) Penjelasan PKM Kewirausahaan oleh Alam Santosa, S.T., M.T. 4) Penjelasan PKM Pengabdian Pada Masyarakat Novini Hasti, S.Si., M.T. 5) Penjelasan PKM Karsa Cipta oleh Adam Mukharil Bachtiar, S.Kom., M.T & Agus Mulyana, S.Kom., M.T. 6) Penjelasan PKM Gagasan tertulis oleh Dr. Raeny Dwisanty, S.E., M.Si. 7) Penjelasan PKM Gagasan Futuristik Kontruktif oleh Sugeng, S.Kom., M.T. 8) Penjelasan PKM Karya Ilmiah oleh Leonardi Paris Hasagian, S.Kom., M.Kom., M.Eng. 9) Penjelasan PKM Karya Inovasi oleh Herry Dwi Yulianto, S.T., M.Kom.

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandasan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan wirausaha wirausahawan, Mandiri dan Arif mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan keahlian sikap tanggung jawab membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni. Semoga, kedepannya banyak karya yang dapat dihasilkan oleh para Mahasiswa di Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

Kepala Perpustakaan Mengajak Seluruh Sivitas Akademika Unikom Menjadi Anggota Dispusipda Jabar
Senin, 14 Juni 2021
Informasi Lowongan Pekerjaan PT. Lapi Devusi
Senin, 14 Juni 2021
Menyambut Hari Idul Fitri 1442 H Unikom Berbagi Tali Kasih Kepada Teman – Teman Media
Jumat, 11 Juni 2021