BERITA

STMIK Ichsan Gorontalo Gali Wawasan Technopreneruship ke Unikom

Kamis, 18 Oktober 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- “… kami merasa perlu banyak belajar dari Unikom apalagi sepak terjangnya terbilang pesat, mulai membangun dari nol dan di usianya saat ini sudah banyak prestasi dan keberhasilan yang tercapai,” ujar  Jorry Karim, S.Kom.,M.Kom selaku Wakil Ketua IV Bidang Kerjasama STMIK Ichsan Gorontalo saat memboyong ± 30 mahasiswanya berkunjung ke Unikom, Rabu (10/10/2018). Sebagai salah satu alumni Unikom angkatan tahun 2000 yang kini berkiprah di STMIK Ichsan Gorontalo, Jorry menilai bahwa Unikom menjadi salah satu kampus yang layak dikunjungi dalam rangka “Peningkatan Wawansan dan Experience Mahasiswa” terutama di bidang pengembangan strategi technopreneurship.

Pelaksanaan kunjungan yang disambut baik di Ruang L.018 Smart Building Unikom dihadiri oleh Direktur Humas dan Protokoler, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si, Staf Direktorat ICT dan Multimedia, Donny Reza, S.Kom, serta Tim CodeLabs Unikom. Masing-masing diantaranya memaparkan sejumlah informasi tentang Unikom secara umum dan bidang terkait secara khusus guna memenuhi kebutuhan informasi peserta kunjungan. Seperti halnya Desayu, menjelaskan bahwa salah satu keunggulan Unikom dibanding kampus lainnya terletak pada pemberian mata kuliah wajib untuk seluruh mahasiswa dari berbagai program studi, meliputi mata kuliah kewirausahaan, software, hardware, serta animasi dan multimedia.

“…kami menilai mata kuliah tersebut penting diketahui dan dimiliki oleh mahasiswa Unikom apalagi kita sedang menghadapi perkembangan teknologi yang pesat dan memasuki revolusi industri 4.0, dimana SDM tidak cukup menguasai bidang tertentu tetapi harus didukung kompetensi lainnya yang menunjang agar kelak lulusan Unikom siap berkompetisi di kehidupan masyarakat,” tutur Desayu.

Sementara itu, Donny lebih spesifik menjelaskan berbagai fasilitas ICT untuk Civitas Akademika Unikom.  Menurutnya, sistem dan aplikasi berbasis IT ini ditujukan untuk memberikan kemudahan kerja bagi pimpinan, dosen, karyawan, dan mahasiswa Unikom. Salah satunya fasilitas “Single Sign On” atau dikenal SSO yang mempermudah akses berbagai fasilitas online Unikom dengan hanya menggunakan satu username untuk berbagai aplikasi.

Lebih lanjut, sisi technopreneruship semakin digali oleh Tim CodeLabs Unikom yang memperkenalkan divisinya dan berbagai karya yang telah mereka ciptakan. CodeLabs adalah divisi yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak dan sebagai inkubator untuk mengembangkan skill IT dengan fokus utama pada riset dan kompetisi. Lebih dari 5 karya unggulan telah dibuat CodeLabs Unikom dan tidak sedikit diantaranya sudah mengantongi berbagai prestasi membanggakan.

Peserta kunjungan yang saat itu hadir sangat antusias melihat berbagai produk CodeLabs Unikom yang didemokan. Salah satu mahasiswanya, Lia Purnama, pun tak segan menuturkan bahwa ia sangat tertarik pada berbagai karya dan fasilitas di Unikom hingga bercita-cita untuk bisa melanjutkan studi pascasarjananya di Unikom. Mengakhiri rangkaian kunjungan, agenda dilanjutkan pada penayangan sekilas Unikom, pertukaran cinderamata, hingga tour campus ke Perpustakaan dan Rooftop Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

 

Sidang Istimewa MPM: Sosialisasi Perubahan Birokrasi Parlemen ke Pemira
Jumat, 24 Mei 2019
Kajian Muslimah: Tingkatkan Kualitas Ibadah Puasa dan Perluas Wawasan Keagamaan
Kamis, 23 Mei 2019
English Ramadhan 2019: Berbagi Kebahagiaan dan Kebersamaan
Rabu, 22 Mei 2019