BERITA

Studi Banding SMK Al-Hasyimiyah Cianjur ke Unikom

Selasa, 13 November 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Sebanyak 50 siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) serta Administrasi Perkantoran (AP) dari SMK Al-Hasyimiyah Cianjur memadati Ruang L.018 Smart Building Unikom dalam rangka studi banding mengenal dunia perguruan tinggi. Kegiatan yang berlangsung pada Senin, (5/11/2018), disambut hangat oleh Unikom melalui Direktorat Humas dan Protokoler juga Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom yang menyambut dan membantu mengarahkan seluruh peserta ke dalam ruang pertemuan hingga memandu kegiatan studi banding agar berjalan lancar dan menyenangkan.

Smbutan pembuka kegiatan tersebut disampaikan oleh Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si, menghaturkan ucapan terima kasih karena pihak sekolah telah memilih Unikom sebagai satu-satunya perguruan tinggi yang dikunjungi di Kota Bandung. Studi banding yang turut dimaknai sebagai ajang silaturahmi diisi dengan pengenalan sekilas Unikom mulai dari sejarah singkat berdirinya kampus ini hingga berbagai pencapaian yang telah diraih di usia ke-18 tahun.

“Kampus kami masih terbilang muda, diawali dengan lembaga pendidikan komputer yang terus berkembang hingga membentuk universitas, tentunya proses ini telah melalui banyak tantangan tapi kami optimis dan terus jeli melihat peluang sampai akhirnya Unikom berdiri sebagai salah satu kampus yang siap berkompetisi dengan perguruan tinggi lainnya,” jelas Desayu.

Keberadaan Unikom menjadi kampus yang berciri khas karena membekali mahasiswanya dengan matakuliah berbasis aplikasi komputer (software) dari semester 1-7 diakhiri dengan mata kuliah hardware. Unikom juga menginginkan lulusannya untuk tidak berharap pada peluang kerja yang ditawarkan oleh perusahaan tetapi bisa menciptakan lahan pekerjaan baru berbekal keilmuan dari mata kuliah entrepreneurship sebagai mata kuliah wajib di Unikom.

Kepala Sekolah SMK Al-Hasyimiyah Cianjur, Nurjamil,S.Ag menyambut baik informasi yang disampaikan dalam kunjungan ini. Menurutnya pihak sekolah tidak salah memilih Unikom sebagai tempat studi banding karena kompetensi yang diterapkan di Unikom berkaitan dengan mata pelajaran yang diberikan di sekolah. “Semoga ada wawasan dan ilmu baru bagi kami agar orientasi para siswa bisa beragam setelah lulus nanti, tidak selalu bekerja tapi kami ingin mereka mengenal perguruan tinggi, dan menjadikan spirit serta motivasi kami untuk mengikuti jejak kesuksesan seperti Unikom,” tuturnya.

Pelaksanaan studi banding diisi pemaparan materi oleh Ketua Program Studi Teknik Komputer, Dr. Wendi Zarman, M.Si dan dosen Pembina Kemahasiswaan Program Studi Manajemen, Muhammad Iffan, S.E.,M.M. Keduanya memperkenalkan sejarah singkat berdirinya program studi masing-masing hingga pembahasan lebih mendalam seperti kurikulum, spesialisasi keilmuan, hingga prospek lulusannya.

Salah satu peserta kunjungan, Neni dari Jurusan AP, menuturkan pengalamannya studi banding ke Unikom dimana sedikit banyak telah memberikan motivasi untuk melanjutkan studi di kampus ini. Neni tertarik pada spesialisasi keilmuan yang ditawarkan Prodi Manajemen, sebut saja keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan bisnis yang dinilai dapat mengembangkan kemampuannya menggeluti dunia manajemen.

Melengkapi rangkaian kegiatan studi banding ke Unikom, para peserta berkesempatan menyaksikan tayangan sekilas tentang Unikom serta tour campus mengunjungi Perpustakaan guna melihat dan mengenal Unikom lebih dekat. Sebagai bentuk kenang-kenangan antara Unikom dengan pihak sekolah, turut dilakukan pertukaran cinderamata dan sesi foto bersama guna dokumentasi. (Direktorat Hms & Pro) 

Belajar Bahasa dan Budaya Jepang di Japan Corner Perpustakaan Unikom
Rabu, 19 Juni 2019
Unikom Awali Aktivitas dengan Kegiatan Halal Bihalal 1440 H
Selasa, 18 Juni 2019
Open House Idul Fitri 1440 H: Pererat Tali Silaturahim antar Civitas Akademika Unikom
Senin, 17 Juni 2019