Berita

Tim PPMUPT Unikom Menggelar Rapat Koordinasi Pelatihan dan Pendampingan Bumdes Pagerwangi

BANDUNG, UNIKOM -- Tim Program Pemberdayaan Masyarakat Unggulan Perguruan Tinggi (PPMUPT) Unikom kembali dipercaya Ristek Dikti untuk melanjutkan program kegiatan tahun ke-2 bertajuk “PPMUPT Penerapan Aplikasi Smart Asset Tata Kelola BumDes Pagerwangi Era RI 4.0”. Pada Senin, 10 Agustus 2020, tim PPMUP Unikom melaksanakan rapat koordinasi dengan pihak BumDes Pagerwangi untuk melaksanakan pendampingan dan pelatihan yang akan digelar akhir Agustus 2020.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh ketua tim PPMUPT Dr. H. Deden Abdul Wahab Sya’roni, M.Si., sekaligus Ketua Program Studi Magister Manajemen UNIKOM, beserta para anggota diantaranya Dr. Lilis Puspitawati, S.E. M.Si., Ak., dari Program Studi Akuntansi,  3 (tiga) orang Dosen Program Studi Komputerisasi Akuntansi yaitu Supriyati, S.E., M.Si., Ak., CA., Apriani Puti Purfini, S.Kom., M.T., dan Hery Dwi Yulianto, S.T., M.Kom., serta  pihak BumDes Pagerwangi yakni Kepala desa Pagerwangi H. Agus Ruhidayat, S.E., Aparatur Desa Pagerwangi dan beberapa pengurus BumDes Pagerwangi.

Pelaksanaan pendampingan dan pelatihan tersebut nantinya meliputi empat aplikasi sesuai kebutuhan BumDes Pagerwangi yaitu Aplikasi Smart Asset Tata Kelola BumDes, aplikasi kasir, aplikasi e-commerce, dan aplikasi e-tiket. Pelaksanaan tersebut akan dibantu oleh Alumni Program Studi Komputerisasi Akuntansi Ramadhan Syaeful Bahri dan Mahasiswa Program Studi Komputerisasi Akuntansi Dian Fachri Maulana dan Labieb Hammam Nurri.

Dr. H. Deden Abdul Wahab Sya’roni, M.Si., menyampaikan harapannya bahwa program dan kegiatan yang dilaksankaan secara berkesinambungan pada PPMUPT yang pertama dan disambung pelaksanaan yang kedua mudah-mudahan berjalan dengan sebagaimana mestinya, dimana selanjutnya dapat memajukan ekonomi masyarakat Pagerwangi. Tentunya hal tersebut dilakukan melalui BUMDES dan industri yang ada di desa tersebut.”Beragam persiapan telah dilakukan seperti pendampingan, pelatihan bahkan pembuatan software yang dibutuhkan oleh BUMDES dan bidang usaha masyarakat. Diharapkan software tersebut dapat membantu operasional beragam aktivitas yang dilakukan masyarakat secara luas khususnya masyarakat di Desa Pagerwangi.” ujarnya. (Direktorat Hms & Pro)