Berita

UNIKOM Bandung Dukung UMKM Mahasiswa #Jadijuara di Negeri Sendiri Bersama Bhinneka Luncurkan Campus Marketplace

BANDUNG, UNIKOM – Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung jalin kerjasama dengan PT. Bhinkea Mentaridimensi Jakarta. Pada Selasa, 23 November 2021 secara daring melalui zoom meeting. Turut hadir dari Unikom Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si, Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Kerjasama Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, ST., MT, Para Direktur dan Ketua Divisi di lingkungan Unikom.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNIKOM, Prof. Dr. Umi Narimawati Dra., SE., M.Si., menjelaskan, “Transformasi digital tidak lagi merupakan tren, namun sudah menjadi kebutuhan bahkan keharusan bagi civitas academica kampus untuk dapat tetap relevan terhadap perkembangan yang terjadi. Kami sangat bangga dapat mewujudkan salah satu visi kami dalam melakukan Link and Match, salah satunya menyiapkan talenta industri digital yang siap pakai melalui wadah praktik kerja di mini marketplace ini.”  Umi berharap, dengan teknologi mini marketplace zero investment yang difasilitasi Bhinneka ini dapat membuka jalan keluarga UNIKOM untuk mendapat tambahan penghasilan dan memupuk jiwa kewirausahaan”ungkap Umi

Denis Kusmara mengatakan “Kolaborasi para pelaku industri seperti Bhinneka, dengan kalangan akademisi tak hanya soal transfer pengetahuan,  mengembangkan jiwa kewirausahaan, dan mendorong kualitas produk lokal, namun juga memperluas akses pasar melalui transfer teknologi berupa mini marketplace dengan 0 (zero) investment,” tutur Denis

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU oleh Unikom Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si, dan Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Kerjasama Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, ST., MT, beserta Head of Business PT. Bhineka Mentaridimensi Denis Kusmara. Setelah penandatangan MoU, dilakukan foto bersama guna dokumentasi.

Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia terus mendapatkan perhatian besar dari banyak pihak, terlebih yang berhubungan langsung dengan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Tanah Air dari berbagai lingkup. Dikutip dari situs resmi Kementerian Koperasi dan UKM RI; saat ini tercatat jumlah total UMKM mencapai 64,2 juta (Maret 2021) dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,07 persen atau senilai Rp 8.573,89 triliun. Untuk itu, diperlukan sinergi antara pelaku industri dengan akademisi untuk terus menggenjot pertumbuhan tersebut. (Direktorat Hms & Pro)