Berita

UNIKOM Berkunjung Ke Kantor Dubes Somalia di Jakarta

BANDUNG, UNIKOM - World Class University, perkembangan jumlah mahasiswa asing yang menempuh studi di perguruan tinggi merupakan salah satu aspek yang digunakan untuk mengukur kesiapan dan mencerminkan kemampuan perguruan tinggi dalam menyelenggarakan program internasionalisasi untuk menghadapi persaingan global pendidikan tinggi. (https://ristekdikti.go.id/2017).  

Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung lakukan kunjungan ke kantor Dubes Somalia di Jakarta hal tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan yang telah dilakukan oleh Dubes Somalia ke Unikom pada Hari Selasa Tanggal 12 April 2022 Dijembatani oleh Prof. Dr. Ir. H. M. Yani Syafei, MT. salah seorang dosen Unikom, Rektor Unikom, Prof. Dr. Eddy Soeryanto Soegoto, ST., MT didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si. Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Kerjasama Assoc, Prof Agus Riyanto ST., MT dan Direktur Hubungan  Internasional Unikom, Dr. Inta Budi Setya Nusa, SE., M.Ak., menyambut hangat dan menerima kunjungan Abdisalan, O., Abdi, Counsellor for Ekonomic and Sosial Affair Embassy of The Federal Republik of Somalia di Ruangan kerjanya.

Menindak lanjuti pertemuan antara Rektor Unikom dan Consellor for Ekonomic and social affars Somalia terkait pemberian beasiswa bagi calon mahasiswa dari Somalia yang ingin studi S1 dan S2 di Unikom tersebut . maka pada 10 Agustus 2022 Unikom yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Kerjasama Asso. Prof. Dr. Agus Riyanto, ST., MT. Direktur Hubungan  Internasional Unikom, Dr. Inta Budi Setya Nusa, SE., M.Ak dan Dosen Unikom Prof. Dr. Ir. H. M. Yani Syafei, MT. lakukan kunjungan ke Kantor Dubes Somalia di Jakarta

Prof. Dr. Agus Riyanto, ST., MT. mengataka bahwa peluang Unikom sebagai PTS terbaik di Indonesia tahun 2022 dilirik dan diincar oleh mahasiswa yang akan studi baik domestik ataupun internasional. Begitu juga dengan calon mahasiswa dari Somalia sangat tertarik untuk studi di Indonesia khususnya Unikom yang juara di bidang teknologi Informasi.

Lebih lanjut, Agus menceritakan kunjungannya ke kantor Dubes di Jakarta “Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan Dubes Somalia ke Unikom yang sudah dilakukan sebelumnya. Kami disambut hangat oleh Dubes Somalia dan diundang makan siang di rumah makan Yaman khas Timur Tengah. Selama makan siang diskusi membicarakan tentang keinginan mahasiswa Somalia untuk kuliah di Unikom. Selesai makan siang kami berkunjung ke kantor Dubes Somalia. Agus berharap, Unikom dapat memberikan beasiswa bagi calon mahasiswa Somalia. Semakin banyak mahasiswa asing yang kuliah di Unikom maka dapat meningkatkan nilai akreditasi nasional dan internasional ke depan.”ungkap Agus

Hal senada disampaikan oleh Direktur Hubungan Internasional Unikom, Dr. Inta Budi Setya Nusa, SE., M.Ak dengan harapan terhadap jumlah mahasiswa asing yang ada di Unikom harus sesuai dengan aturan dari Dikti atau dari BAN PT paling tidak 2% adalah mahasiswa asing yang berada di Unikom sehingga nilai akreditasi meningkat dengan baik dan membawa atmosfir internasional menjadi lebih baik di Unikom.

Masih dikatakan Inta Budi terkait pertemuannya di Jakarta “Apa yang harus dilakukan antara unikom dengan kedutaan Somalia adalah kita akan mencari titik temu yang dapat memberikan kontribusi dan benefit diantara kedua belah pihak yaitu Unikom dan Kedutaan Somalia yang berdampak baik. Harapan juga disampaikan oleh Duta besar Somalia Abdisalan, O., Abdi, bahwa mahasiswa dari Somalia dapat diberikan Beasiswa. hal tersebut telah disampaikan oleh Duta besar Somalia secara langsung, bahwa pihaknya akan memberikan guarantee letter sehingga tidak ada kendala pengurusan izin.”ungkapnya

Keberadaan mahasiswa asing diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan mendatangkan keuntungan bagi perguruan tinggi. Pertama , mahasiswa Indonesia dapat merasakan lingkungan internasional dan memiliki pergaulan internasional tanpa harus ke luar negeri. Kedua, dosen yang mengajar mahasiswa asing dapat meningkatkan kualitas pengajarannya dalam tataran internasional. Ketiga, adanya mahasiswa asing dapat menghasilkan penghasilan tambahan bagi perguruan tinggi. Penghasilan ini dapat dialokasikan untuk misalnya meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen serta fasilitas pendukung terkait. (Direktorat Hms & Pro)