BERITA

Unikom Dukung Pengembangan Kabupaten Sumedang di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 28 Mei 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Menjadi salah satu kampus terdepan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau  Information and Communication Technologies (ICT), Universitas Komputer Indonesia (Unikom) semakin menunjukan kiprahnya dalam berkarya dan berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara. Salah satu terobosan baru yang dilakukan melalui dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang guna pengembangan bidang ICT pada tata kelola pemerintahannya.

Hal ini tertuang dalam perjanjian kerjasama yang disahkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T dengan Bupati Kabupaten Sumedang, H. Donny Ahmad Munir ST., M.M., di Grand Meeting Room Lantai 15 Smart Building Unikom, Jumat (24/5/2019). Proses penandatanganan disaksikan jajaran Rektorat dan Dekanat Unikom, Direktur LPPM Unikom, serta perwakilan Ketua Program Studi di Unikom.

Sementara itu, sejumlah pimpinan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang turut hadir dalam kesempatan tersebut, diantaranya, Sekretaris Daerah, Drs. Herman Suryatman, M.Si, Kepala Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistika, Ir. Wowo Sutisna, Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Sonson M Nurikhsan, M.Si., Kepala Bagian Kerjasama, H. Setia Hadi Martomijoyo, S.H.

Merujuk pada kerjasama ini, Rektor Unikom menyambut baik sinergitas yang berhasil dibangun, dimana Unikom siap memberikan dukungan penuh agar Sumedang menjadi kabupaten termaju di Provinsi Jawa Barat khususnya pada bidang ICT. “…dalam waktu dekat kami akan mengadakan rapat pimpinan untuk merumuskan langkah strategis, sehingga Sumedang mampu menjadi role model pengembangan bidang ICT bagi kabupaten di Indonesia,” ujarnya.

Apresiasi positif disampaikan Bupati Kabupaten Sumedang, bahkan pihaknya menawarkan agar Sumedang dijadikan sebagai kabupaten binaan Unikom. “Silakan jadikan Sumedang sebagai kabupaten binaan Unikom untuk pengembangan bidang ICT, sebagaimana harapan kami jika Unikom menjadi World Class University maka Sumedang pun harus menjadi World Class Government,” tuturnya.

Bupati menambahkan, guna mendukung dan mewujudkan harapan Kabupaten Sumedang sebagai role model pengembangan bidang ICT di Indonesia, maka diperlukan transformasi  dari budaya manual ke budaya digital diantaranya dimulai dengan membangun smart distrik/smart kampung dan membangun sistem pemerintahan berbasis elektronik. “Sesuai dengan delapan area perubahan di birokratic reform, kami ingin mengubah budaya manual ke budaya digital untuk mempercepat proses penyelenggaraan pemerintahan menuju kemajuan di Kabupaten Sumedang,” tambahnya.

Mengakhiri pertemuan tersebut, dilakukan pertukaran cinderamata sebagai bentuk penghargaan dilanjutkan sesi foto bersama. Terjalinnya kolaborasi antara Unikom dengan Kabupaten Sumedang diharapkan dapat mendongkrang pengembangan sistem pemerintahan di Kabupaten Sumedang dengan memanfaaatkan teknologi guna mencapai World Class Government. (Direktorat Hms & Pro)

Belajar Bahasa dan Budaya Jepang di Japan Corner Perpustakaan Unikom
Rabu, 19 Juni 2019
Unikom Awali Aktivitas dengan Kegiatan Halal Bihalal 1440 H
Selasa, 18 Juni 2019
Open House Idul Fitri 1440 H: Pererat Tali Silaturahim antar Civitas Akademika Unikom
Senin, 17 Juni 2019