BERITA

Unikom Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Kuliah Online Sebagai Upaya Pemaksimalan E-Learning

Jumat, 20 Maret 2020 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Memperhatikan kejadian Force Majeur terkait perkembangan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Tanah Air, Unikom terus waspada dan bersiap diri menghadapi virus tersebut. Berbagai langkah terus diupayakan salah satunya dengan keputusan Rektor Unikom mengenai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)/ Perkuliahan yang dilaksanakan secara Online/ e-learning atau Kuliah Jarak jauh/Daring seperti yang telah diterapkan dilingkungan Unikom sejak tahun 2000, hanya saat ini berlaku Total untuk seluruh aktivitas KBM hingga akhir bulan Maret 2020.

Mendukung pelaksanaan kebijakan tersebut, pada hari Selasa, 17 Maret 2020 Unikom menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Kuliah Online yang disampaikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unikom, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si., dan Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (PTSI) pada seluruh dosen di lingkungan Unikom. Bertempat di Auditorium Lt. 17 Smart Building Unikom, dalam kesempatan tersebut turut dihadiri oleh para wakil rektor dan para dekan di lingkup sivitas akademika Unikom. Demi kewaspadaan dan menjaga keselamatan bersama, bagi para sivitas akademika Unikom yang akan memasuki ruang auditorium diharuskan melakukan pengecakan suhu tubuh serta pemberian hand sanitizer oleh tim keamanan.

Mewakili Rektor Unikom, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si., melalui sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan semangat kepada para dosen untuk dapat berkenan mengimplementasikan kuliah online kepada mahasiswa secara maksimal. “Pada dasarnya, kuliah online bukan hal baru bagi Unikom karena telah diberlakukan semenjak tahun 2000, namun bedanya saat ini adalah pengimplementasian secara maksimal yang dilakukan oleh dosen kepada mahasiswa. Maka, melalui kesempatan ini Unikom memfasilitasi para dosen untuk dapat lebih memahami bagaimana pemanfaatan fasilitas kuliah online yang telah disediakan oleh Unikom.” Ujarnya

Lebih lanjut, Umi menghimbau kepada seluruh sivitas akademika Unikom khususnya para dosen yang hadir dalam kesempatan tersebut untuk dapat menjaga kesehatan dan keselamatan diri masing-masing. “Budayakan hidup sehat, semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.” tegasnya.

Memasuki agenda inti yakni pemaparan materi yang disampaikan oleh Direktur Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (PTSI) Unikom, Adam Mukharil Bachtiar, S.Kom., M.T., dan Dosen Prodi Teknik Informatika, Eko Budi Setiawan, S.Kom., M.T. Melalui kesempatan tersebut, materi yang disampaikan diantaranya: 1) Sosialisasi Video Conference, 2) Broadcast Pengumuman melalui Sistem Informasi Unikom, dan 3) Pelatihan Learning Management Systems. Selanjutnya, agenda dilanjutkan dengan sesi diskusi terkait dengan materi yang telah disampaikan. Namun, jika ada hal lebih lanjut yang ingin ditanyakan oleh para dosen maka Direktorat  PTSI Unikom membuka layanan sesi diskusi melalui email di lms@email.unikom.ac.id. (Direktorat Hms & Pro)

LKBH Unikom Fasilitasi Masyarakat Melalui Konsultasi Online
Senin, 06 April 2020
Hima Teknik Elektro Unikom Melatih Kepemimpinan Anggota Baru Melalui Kegiatan Pengkaderan
Sabtu, 04 April 2020
Wakil Rektor III Unikom Lakukan Koordinasi Kerja Dengan Bidang Terkait Melalui Rapat Online
Jumat, 03 April 2020