Berita

UNIKOM Lakukan Penandatanganan MOU Dengan Nanjing University of Information Science and Technology (NUIST) China

BANDUNG, UNIKOM - Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Nanjing University Of Information Science And Technology (NUIST) China. Akibat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung pada saat ini, penandatanganan nota kesepahaman tersebut digelar secara Virtual melalui zoom meeting. Rabu, 6 Oktober 2021.

Turut hadir Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Akreditasi Assoc. Prof. Dr. Ir. Herman S Soegoto, MBA. Direktur Hubungan Internasional Dr. Inta Budi Setya Nusa, SE., M.Ak. Direktur Biro Administrasi Umum (BAU) dan Kerjasama Dr. Adeh Ratna Komala, S.E., M.Si. Ketua Program Studi Teknik Informatika Irfan Dwiguna Sumitra, M.Kom., Ph.D. Sekretaris Program Studi Sistem Informasi Dr. Wartika, S.Kom., M.T.

Hadir dari China Zhang Yanlin, Director of International Affairs Office, Xue Xiaojuan, Deputy Director of International Affairs Office, Li Zhenxuan, Deputy Director of International Affairs Office Wang Baowei, Vice Dean of School of Computer & Software.

Zhang Yanlin, Director of International Affairs Office menyampaikan bawah NUIST didirikan Pada 12 Januari 1960, Departemen Pendidikan menyetujui Kantor Meteorologi Pusat untuk membangun sekolah ilmu Meteorologi di Universitas Nanjing dan secara bertahap mengubahnya menjadi sebuah lembaga independen. Saat itu bernama Institut Teknologi Baru Nanjing. Jadi dari universitas ini, kita dapat menemukan bahwa Universitas kami berspesialisasi dalam meteorology dan peringkat nomor satu di Cina. Menurut evaluasi, menurut Federasi, Kementerian Pendidikan China, tidak hanyai itu, selain meteorologi yang merupakan Universitas disiplin terkuat kami. Kami juga memiliki ilmu komputer. Selain itu, untuk disiplin ilmu informasi juga sangat penting. Hal yang layak, Universitas kami dan disiplin ilmu komputer telah memasuki satu 1% teratas 1% peringkat ESI beberapa tahun yang lalu, dan sekarang telah memasuki 0,1%. Jadi benar-benar sangat kuat di sini di Cina dan Kami adalah ruang yang sangat positif untuk Beberapa kemungkinan untuk kerjasama di masa depan dengan Anda. Jadi, untuk semua kalangan sekarang Anda telah mengetahui betapa pentingnya internasionalisasi. Jadi kami memiliki lebih dari 100 kerjasama Internasional di seluruh dunia, mencakup setiap sudut dunia.”ucap Zhang Yanlin

Assoc. Prof. Dr. Ir. Herman S Soegoto, MBA. Mengatakan MoU UNIKOM dan NUIST China merupakan kelanjutan dari MOU sebelumnya dimana implementasi dari MOU sebelumnya sudah ada dua dosen yg berhasil menyelesaikan S3 di NUIST secara tepat waktu. Pada MOU kali ini dilakukan perluasan kerjasama yg sebelumnya hanya studi lanjut S3 dosen sekarang ditambah dengan pertukaran dosen dan mahasiswa, Riset bersama, publikasi hasil riset dan keikutsertaan UNIKOM pada International Association of Meteorological Education and Sciences (ISMES). Herman berharap kerjasama yang dibangun dapat terus berlanjut dan memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan kedua institusi”ungkapnya

Ketua Program Studi Teknik Informatika Irfan Dwiguna Sumitra, M.Kom., Ph.D. mengatakan MoU ini sangat penting bagi kita karena menandakan hubungan yang sangat baik antara UNIKOM dan NUIST. Kolaborasi kedua belah pihak yang akan dijalankan dapat memberikan kontribusi yang positif dari segi keilmuan, SDM dan peningkatan kualitas penelitian maupun publikasi. Semoga kerjasama ini dapat terealisasi dengan baik, kesempatan yang diberikan oleh NUIST kepada unikom untuk dosen-dosennya dapat studi lanjut doktoral disana dapat ditindaklanjuti oleh para dosen unikom. Sehingga meningkatkan mutu pendidikan dosen. Selain itu kerjasama  konferensi internasional yang diadakan di kedua belah pihak dapat meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi yang dihasilkan.”ungkap Irfan

Acara dilanjutkan dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) oleh kedua belah pihak dan disaksikan bersama melalui virtual zoom. Mewakili Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Akreditasi Assoc. Prof. Dr. Ir. Herman S Soegoto, MBA. Melakukan penandatanganan dan dari Nanjing University Of Information Science And Technology (NUIST) China diwakili oleh Zhang Yanlin, Director of International Affairs Office setelah dilakukan MoU dilanjutkan dengan sesi foto bersama secara virtual guna dokumentasi.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara kedua institusi yang dilakukan melambangkan kemitraan yang akan menghasilkan banyak inisiatif bersama yang akan menghasilkan sinergi baru. Semoga kerja sama tersebut dapat meningkatkan kinerja Universitas baik UNIKOM maupun NUIST untuk bersatu dan mempererat hubungan kedua belah pihak (Direktorat Hms & Pro)