BERITA

Unikom Lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat Dengan Menerapkan Aplikasi Agregator Forum Ilmiah Di Perguruan Tinggi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV

Kamis, 30 Desember 2021 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM - Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh sivitas akademika khususnya bagi para dosen.  Pada masa saat ini, adanya pandemi covid-19 telah membawa perubahan besar khususnya dalam dunia pendidikan tinggi. Dosen bertugas sebagai pendidik professional dan sekaligus ilmuwan untuk mentransformasikan, mengembangkan, serta menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dimana kegiatan belajar mengajar dan forum-forum ilmiah semua dilaksanakan secara online. Akhirnya memunculkan fenomena baru yaitu melimpahnya forum ilmiah berupa webinar dengan pembicara para pakar dari dalam maupun luar negeri, dan informasi webnar tersebut tersebar melalui grup chat/media social hampir setiap minggu bahkan setiap hari. 

Fenomena tersebut sangat positif karena sangat bermanfaat memudahkan civitas akademika khususnya dosen untuk meningkatkan pengetahuannya maupun menunjang karirnya.  Akan tetapi data dan informasi forum-forum ilmiah ini masih bersifat parsial, sehingga ada beberapa permasalahan antara lain sulitnya mencari informasi forum ilmiah yang dibutuhkan, karena informasi forum ilmiah tersebar pada grup chat/media social yang mudah hilang/terhalangi informasi lain.  Masalah berikutnya adalah penyelenggara kesulitas dalam mensosialisasikan kegiatan forum ilmiah karena penyebaran informasi melalui grup media social mudah hilang sehingga harus menyebarkan berulang-ulang. Dan masalah terakhir adalah knowledge yang berupa video rekaman dan file materi forum ilmiah sebagian di cloud dan sebagian tersebar di masing-masing penyelenggara sehingga sulit diakses kembali dan akhirnya transfer knowledge hanya terbatas bagi peserta atau yang mendapatkan link rekamannya.  Padahal jika hal itu dkelola dengan baik maka informasi forum ilmiah dan knowledge para pakar dari forum ilmiah di seluruh perguruan tinggi dapat disebarkan lebih luas sehingga memeberikan manfaat yang lebih besar bagi dunia pendidikan.

Berdasarkan permasalahan di atas maka dilakukan pengabdian kepada masyarakat berupa penerapan aplikasi aggregator forum ilmiah yang akan diterapkan di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) IV. Pelatihan dilakukan pada Tanggal 21 Desember 2021 di Universitas Komputer Indonesia. Acara tersebut dibuka dengan sambutan dari ketua Plt Kepala LLDIKTI Wilayah IV yang diwakili oleh Bapak Agus Supriatna dan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah IV A yaitu Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf, Sp., M.Si., M.Kom., IPU.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unikom Prof. Dr. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si selaku Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat. Beliau menyampaikan harapan akan terbentuknya forum ilmiah program MBKM terutama 8 skema yang ada saat ini baik, magang, studi independent, penelitian, proyek kemanusiaan, kegiatan kewirausahaan, pertukaran mahasiswa, kampus mengajar dan membangun desa. Dan tujuan aplikasi ini dibuat adalah untuk mengetahui informasi jadwal forum ilmiah, memudahkan civitas akademika dalam menyimak video forum ilmiah yang juga didukung oleh materi-materi forum ilmiah.

Sedangkan menurut Syahrul Mauluddin, S.Kom., M.Kom selaku instruktur dan pengembang aplikasi agregator “forum ilmiah juga mengatakan bahwa dengan adanya aplikasi ini diharapkan semua program studi yang akan bergabung pada aplikasi ini dapat menyebarkan informasi forum ilmiah di aplikasi ini dan akan berguna bagi yang membutuhkan forum ilmiah tersebut. Bahkan yang sedang live youtube pun dapat terdeteksi jika memang sudah mendaftarkan acara forum ilmiah tersebut di aplikasi ini.”ungkapnya

Acara pelatihan ini mengundang beberapa perwakilan dari perguruan tinggi yang akan menjadi administrator Perguruan Tinggi.  Selain itu juga mengikut sertakan administrator LLDIKTI yang akan bertugas melakukan pengecekan dan persetujuan atas informasi yang akan di masukkan pada aplikasi agregator forum ilmiah.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, maka Administrator LLDIKTI mampu menggunakan aplikasi agregator forum ilmiah untuk pengelolaan administrator perguruan tinggi, pengelolaan jadwal, video dan materi forum ilmiah khususnya sebagai verifikator untuk publikasi jadwal, video dan materi forum ilmiah. Dan Administrator Perguruan Tinggi/Panitia Forum ilmiah mampu menggunakan aplikasi agregator forum ilmiah untuk pengelolaan jadwal, video dan materi forum ilmiah yang diselenggarakan di Universitas/Program Studi masing-masing. (Direktorat Hms & Pro)

Pembuka Tahun 2022 Unikom Kembali Menerima Kunjungan Sekolah : Perdana UNIKOM Sambut Kunjungan SMK TIK Yadika Cicalengka
Minggu, 16 Januari 2022
Divisi BKKLA UNIKOM Adakan Pengundian Tracer Study 2021
Jumat, 14 Januari 2022
Pembuka Tahun 2022 Direktorat Humas & Protokoler Unikom Lakukan Rapat Evaluasi Kegiatan Wisuda ke - 36 Semester Genap TA 2020/2021
Jumat, 14 Januari 2022