Berita

UNIKOM Lakukan Sosialisasi Pemutakhiran Data pada Sinta

BANDUNG, UNIKOM - Aplikasi SINTA diketahui mengalami pemutakhiran atau pengembangan untuk mendukung kebijakan dan rencana baru yang ditetapkan Ditjen Dikti Ristek. Pembaharuan tersebut kemudian disosialisasikan untuk meminimalkan kesalahan. Kegiatan sosialisasi sendiri digelar secara luring dan daring, dimana diikuti oleh sejumlah peserta dan bisa diikuti langsung di lokasi. Maupun diikuti secara daring dengan membuka akun Youtube Ditjen Dikti Ristek untuk tayangan live.

Dalam acara sosialisasi tersebut, Plt. Direktur Riset Teknologi Dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Ditjen Dikti Ristek Kemendikbud. Yakni Ir, Faisal Fathani menjelaskan mengenai fitur-fitur baru dan juga kewajiban pemutakhiran data SINTA dengan segera. Dalam sambutannya, Faisal menjelaskan bahwa Ditjen Dikti Ristek memiliki empat tugas utama. Yaitu: 1) Mendukung penguatan penelitian di Indonesia. 2) Mendukung implementasi pengabdian kepada masyarakat. 3) Penguatan hak kekayaan Intelektual, dan 4) Mendukung manajemen jurnal dan publikasi artikel ilmiah di Indonesia.

Guna mengoptimalkan dan mengupgrade pengetahuan mengenai pembaharuan pada SINTA Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung melalui Direktorat Penelitian Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat dan Divisi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DP2M) pada Jumat (12/8/22).

Sosialisasi tersebut Mengundang narasumber yang berpengalaman dibidangnya yakni  Ketua Forum Komunikasi LPPM LLDIKTI IV Dr. Palti Marulitua Sitorus dan Kepala Bagian Riset & Inovasi Telkom University Dr. Runik Machfiroh, S.Pd., M.Pd. Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Rektor III Bidang Riset, Inovasi, dan Akreditasi Assoc. Prof. Dr. Ir. H. Herman S, Soegoto, MBA. Direktur DP3M Dr. Wendi Zarman, M.Si. Ketua Divisi DP2M Dr. Tatik Fidowaty, S.IP., M.Si. Serta seluruh Dosen di Lingkungan Unikom.

Dr. Wendi Zarman, M.Si, mengatakan Tujuan dari diadakannya Sosialisasi ini memang harus segera dilakukan karena bertolak dari tenggang waktu yang diberikan oleh Dikti untuk bisa memenuhi upadate data  pada SINTA diharapkan bisa selesai pada 20 Agustus 2022 kemudian menginformasikan sistem sekarang yang diberlakukan pada SINTA. Kami juga akan memberikan kejelasan secara teknis tentang bagaimana cara melaksanakan pemutakhiran data itu, sehingga tidak merasa kesulitan. Semoga dengan adanya sosialisasi ini membuat semuanya menjadi jelas dan mudah.”pungkasnya

Pada kesempatan tersebut Assoc. Prof. Dr. Ir. H. Herman S, Soegoto, MBA. mengucapkan rasa terima kasih kepada segenap sivitas akademika Unikom terkhusus kepada Direktur DP3M dan Ketua Divisi DP2M yang telah bekerja keras dalam melaksanakan kegiatan webinar ini, mudah mudahan melalui webinar ini para dosen di lingkungan Unikom dapat tercerahkan dalam update data Pemutakhiran Data pada Sinta. Herman juga mengatakan kesempatan yang baik untuk memasukan data kinerja yang telah dilakukan ke dalam sistem harapan tentu para dosen memanfaatkan sebaik mungkin Sistem yang ada untuk kebaikan para dosen dan kemajuan Unikom.”ungkap Herman

Kepala Bagian Riset & Inovasi Telkom University Dr. Runik Machfiroh, S.Pd., M.Pd. dalam paparanya mengenai Tahap – tahap upload Penelitian dan Abdimas pada Sinta Runik juga mempraktikan langsung bagaimana penggunaan aplikasi SINTA, sedangkan Dr. Palti Marulitua Sitorus dalam presentasinya mengangkat tema peningkatan kinerja penelitian dengan point penting yang dibahasnya diantaranya ialah 1) Peringkat Perguruan Tinggi berbasis Kinerja Penelitian, 2) Penilaian Kinerja Kelembagaan dan Pengelolaan Penelitian dengan Sumber daya penelitian (SD) 30%, Manajemen Penelitian (MP) 15%, Luaran Penelitian (LP) 50%, Revenue Generating 5%.

Memudahkan para dosen untuk terlibat dalam berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Baik yang sifatnya nasional maupun internasional hasil kerjasama institusi maupun lembaga dan kementerian dari dua negara atau lebih. Data di SINTA kemudian dibuat terbuka, keterbukaan data ini memudahkan setiap pimpinan PT dan para dosen yang memimpin penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat untuk merekrut tim handal yang ahli di bidang sesuai kebutuhan. Para dosen di perguruan tinggi yang hendak mencari dosen mitra dari perguruan tinggi lain secara praktis juga akan mengetahui dosen mana saja di perguruan tinggi mana saja yang aktif melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (Direktorat Hms & Pro)