Berita

UNIKOM Lecture in Global Insight (Light) Series

UNIKOM Lecture In Global Insight (Light) SeriesBANDUNG, UNIKOM - UNIKOM LIGHT SERIES merupakan kegiatan seminar International Guest Lecture atau pemaparan kuliah umum yang diselenggarakan oleh UNIKOM dengan mengundang dosen tamu atau praktisi dari luar negeri. Dengan adanya kegiatan UNIKOM LIGHT SERIES, diharapkan dapat menambah ilmu dan wawasan para dosen maupun mahasiswa di lingkungan UNIKOM terkait dengan keilmuan bidang masing-masing program studi. Selain menambah ilmu dan wawasan, melalui kegiatan UNIKOM LIGHT SERIES diharapkan juga dapat membantu akreditasi baik di tingkat Universitas, Fakultas, maupun Program Studi, khususnya pada poin kegiatan internasional di UNIKOM menuju World Class University (WCU).

Selasa, 16 Mei 2023 mengawali dilaksanakannya rangkaian kegiatan UNIKOM LIGHT SERIES di tahun 2023, telah digelar Seminar International secara daring bertajuk “Cooperation of Designers & Engineers (Best Practice & Case Studies)” oleh Direktorat Aplikasi Pengembangan, Pelatihan & Service Center (AP2SC) dengan menghadirkan Dr. Thomas Chochole dari University of West Bohemia, Czech Republic, selaku Keynote Speaker.

Ketua Pelaksana UNIKOM LIGHT SERIES, Bobi Kurniawan, S.T., M.Kom., menyatakan tujuan dari kegiatan UNIKOM LIGHT SERIES ini yaitu untuk meningkatkan kegiatan bertaraf internasional di lingkungan UNIKOM, sehingga baik prodi maupun fakultas dapat menggunakan kegiatan ini untuk laporan kegiatan akreditasi di masing-masing prodi, baik teknik maupun nonteknik. Bobi berharap, antusias peserta akan terus meningkat di masa depan dan “UNIKOM LIGHT SERIES bisa menjadi salah satu program unggulan universitas menuju World Class University”, ujarnya.

Seminar Internasional yang digelar secara daring tersebut diikuti oleh 350 peserta yang terdiri atas mahasiswa, dosen, dan juga peserta umum yang berasal dari luar UNIKOM. Antusias peserta tampak dalam sesi diskusi, yang dipandu oleh Senny Luckyardi, S.P., M.M., selaku moderator, dimana banyak mahasiswa yang menyampaikan pertanyaan terkait materi yang disampaikan, dan dijawab dengan sigap dan komprehensif oleh narasumber. Pada akhir diskusi, Senny menyampaikan inti dari materi diskusi dengan Dr. Thomas adalah : pentingnya kolaborasi inter disiplin dan team work terutama di antara para designer dan engineer. Kolaborasi sangat diperlukan untuk kesuksesan sebuah projek, dalam upaya membuat solusi bersama yang lebih efektif dan efisien. “Mahasiswa dan sivitas akademika dapat menerapkan kolaborasi antar disiplin ilmu dalam kesehariannya untuk masa depan yang lebih baik”, demikian pungkasnya.

Minat mahasiswa desain untuk belajar teknik harus dipupuk secara berkesinambungan, karena pentingnya keahlian teknik dalam profesi desainer, demikian pula sebaliknya. Kolaborasi di antara keduanya akan menghasilkan suatu karya kreatif yang lebih sempurna.

"Ketika kamu perlu berinovasi, kamu membutuhkan kolaborasi." - Marissa Mayer (Direktorat Hms & Pro)