Berita

Unikom Melaksanakan Qurban 1442 Hijriyah Melalui Jabar Bergerak Yang Dikelola Oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat

BANDUNG, UNIKOM – Hari Raya Idul Adha Hari Raya Umat Islam yang diperingati setiap tahunnya oleh masyarakat muslim. Memperingati hari raya tersebut, Unikom setiap tahunnya menggelar pemotongan hewan Qurban yang yang sebelumnya di gelar di Kampus Unikom, Namun Hari Raya Qurban yang jatuh Pada hari Selasa, 20 Juli 2021 yang bertepatan dengan  10 Dzulhijjah 1442 Hijriyah, Unikom menggelar penyembelihan hewan Qurban bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam Program 'Jabar Bergerak, dikarenakan diberlakukannya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Gerakan  Masyarakat). Hewan Qurban yang disembelih untuk diberikan kepada para Fakir Miskin, Kaun Duafah dan Masyarakat Jawa Barat yang berhak menerimanya tersebut, yang terdiri dari  4 (empat) ekor sapi,  yang penyembelihannya dilakukan di tiga tempat, yaitu Kota Bandung, Kab Karawang dan Purwakarta.

Mewakili Unikom, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unikom, Umi menyampaikan “Unikom tahun ini bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan melalui Jabar Bergerak yang merupakan organisasi nirlaba yang beranggotakan para relawan dari berbagai profesi. Mereka telah berkomitmen untuk menjadi golongan yang memberi tanpa pujian dan bergerak tanpa harus menunggu perintah. Lebih lanjut, Umi mengatakan bahwa Sapi dikirim oleh Unikom ke RPH Baleendah (untuk Kota Bandung), Karawang dan Purwakarta pada hari Senin, 19 Juli 2021. Semua proses dilakukan oleh Tim Relawan Jabar Bergerak sampai dengan pendistribusiannya kepada masyarakat.”ungkapnya

Memperingati Hari Raya Idul Adha (Qurban) 1442 H merupakan sebuah peristiwa besar yang pernah terjadi di muka bumi ini yang akan mengingatkan betapa kuatnya keimanan, keteguhan dan keikhlasan Nabi Ibrahim As dan putranya Ismail As sehingga tidak akan terlupakan dari generasi ke generasi.

Momentum Hari Raya Idul Adha ini bukan sekadar menyembelih hewan Qurban, akan tetapi banyak sekali nilai-nilai yang terkandung di dalamnya terutama mengenai sifat pengorbanan. Berkurban sendiri langsung di perintahkan oleh Allah SWT dalam surat Al Hajj ayat 2 yang berbunyi; "Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.". (Direktur Hms & Pro)