Berita

UNIKOM Melantik Jajaran Pimpinan Organisasi Mahasiswa di Lingkungan UNIKOM Masa Bakti 2023-2024

BANDUNG, UNIKOM – Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) kembali melaksanakan Pelantikan Organisasi Mahasiswa (Ormawa), pada hari Senin , 22 Januari 2024. Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan Pembacaan Janji Ketua dan Pengurus serta Serah Terima Jabatan Ormawa di lingkungan UNIKOM Bandung.

Agenda kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars UNIKOM, yang diikuti oleh seluruh hadirin dengan khidmat. Selanjutnya, Andrias Darmayadi, S.IP., M.Si., Ph.D., selaku Direktur Kemahasiswaan UNIKOM, membacakan antara lain, Surat Keputusan Rektor Universitas Komputer Indonesia, Nomor: 3462 s.d 3486/SK/REKTOR/UNIKOM/XII/2023; Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Nomor: 564, 572 s.d 579/SK/DEK-FTIK/UNIKOM/XII/2023; Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Nomor: 145.a s.d 145.c/SK/DEK-FISIP/UNIKOM/XI/2023; Dekan Fakultas Hukum, Nomor: 019/SK/DEKAN/FH/UNIKOM/XI/2023; Dekan Fakultas Desain, Nomor: 008 s.d 009/SK/DEK/FD/UNIKOM/XI/2023; Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Nomor: 043 s.d 044/SK/DK/FS/UNIKOM/XI/2023; serta Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Nomor: 044s.d 045/SK/DEKAN/FEB/UNIKOM/XI/2023, tentang Pengangkatan Pengurus Majelein Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Himpunan Mahasiswa (HIMA) di Universitas Komputer Indonesia.

Usai pembacaan SK Rektor, agenda kegiatan dilanjutkan dengan Pelantikan secara simbolis dengan ditandai pemakaian Jas Almamater kepada perwakilan MPM, DPM, BEM, UKM, dan HIMA disambung dengan Pembacaan Naskah Pelantikan oleh Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T.

Pembacaan Janji Ketua dan Pengurus Ormawa dibacakan oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si. diikuti oleh seluruh Ketua dan Pengurus Ormawa yang hadir. Dilanjutkan dengan foto bersama guna dokumentasi Pimpinan Unikom, Dosen Pembina Kemahasiswaan, Pembina UKM, dan seluruh Ketua dan Wakil Ormawa UNIKOM Periode 2023-2024.

Rangkaian acara pelantikan dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara Pelantikan oleh Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T. dengan para wakil Ormawa, antara lain Muhammad Ananda Trianto (MPM), Muhammad Daffa Alhadi (DPM), Arief Tegar Prawira (BEM). Sementara Penandatanganan Berita Acara Pelantikan UKM diwakili oleh Muhamad Wildan (KPM) dan Pembina UKM KPM, Agung Nugraha, S.I.Kom, dengan disaksikan oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati,

SK Pelantikan secara simbolis diserahkan oleh Direktur Kemahasiswaan UNIKOM, Andrias kepada perwakilan MPM, DPM, BEM, Hima HK, dan UKM KPM. Dilanjutkan dengan Serah Terima Jabatan secara Simbolis yang dilakukan Ketua Ormawa periode 2022-2023 dengan menyerahkan LPJ kepada Ketua Ormawa Periode 2023-2024, dengan disaksikan Direktur Kemahasiswaan UNIKOM.

Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., dalam sambutannya menyampaikan syukur alhamdulillah, dan selamat atas pelantikan para pengurus MPM, DPM, BEM, UKM dan HIMA di lingkungan UNIKOM periode 2023-2024. Tidak lupa ia menyampaikan terimakasih kepada Wakil rector 1 Bidang Akademik dan kemahasiswaan dan Direktur Kemahasiswaan yang telah membimbing, membina, dan mengarahkan para mahasiswa. Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa Organisasi Mahasiswa adalah bagian penting dari suatu perguruan tinggi dalam melaksanakan aktivitas kampus maupun di masyarakat luas, yang terdiri atas para mahasiswa/I terpilih yang dipercaya dan dapat mengharumkan nama UNIKOM, terutama di antara perguruan tinggi yang ada di Jawa barat, dan masyarakat sekitarnya. Prof. Eddy berharap, apa yang sudah dilaksanakan dengan baik oleh para pengurus sebelumnya dapat ditindaklanjuti oleh para pengurus yang baru dengan lebih baik lagi.

Organisasi mahasiswa merupakan wahana untuk belajar bersama bagaimana membagun sistem organisasi yang baik. Disinilah para mahasiswa mulai ditempa untuk menjadi pemimpin yang handal. Pengalaman menjalankan tugas di masing-masing organisasi akan menjadi bekal untuk kelak terjun ke masyarakat, dan menjadikan mahasiswa sebagai individu yang bisa memimpin masyarakat dan dipercaya.

Pada akhir sambutannya, Prof. Eddy berpesan, kelebihan mahasiswa/i UNIKOM dalam bidang Teknologi, Informasi, Komunikasi dan Digital betul-betul harus dimanfaatkan dan diterapkan oleh para pengurus yang baru berdasar masukan-masukan dari pengurus sebelumnya. “Kelebihan yang kita punya di bidang ICT dan digital sebagai bagian dari sivitas akademika UNIKOM harus bisa dikedepankan, untuk membangun kreasi-kreasi dan inovasi baru yang bisa bermanfaat dan digunakan masyarakat luas. Hal itulah yang akan menjadi pembeda sekaligus keunggulan UNIKOM.”, demikian pungkasnya.

Rangkaian acara kegiatan pelantikan Ormawa yang berlangsung di Auditorium Lantai 4 Miracle Building UNIKOM tersebut, ditutup dengan doa yang disampaikan oleh Ketua LDK UMMI UNIKOM, Muhammad Amirudin. (Direktorat Hms & Pro).