Berita

UNIKOM Sambut Studi Banding Universitas Klabat Sulawesi Utara

BANDUNG, UNIKOM – Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung menyambut kedatangan Universitas Klabat (UNKLAB) Sulawesi Utara Selasa (14/03/23) di Grand Meeting Lt.15 Smart Building UNIKOM. Pukul 09.00 WIB.

Mengawali sambutannya, Rektor UNIKOM Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, MT. menyampaikan sepak terjang UNIKOM dari masa ke masa hingga saat ini “Jika berbicara mengenai UNIKOM, UNIKOM merupakan perguruan tinggi yang baru berumur 22 tahun, sebelum menjadi UNIKOM Awalnya dimulai pada bulan Juli tahun 1994 ketika didirikan Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Jerman, disingkat LPKIG, pada tanggal 24 Desember 1998 dibentuklah Yayasan Science dan Teknologi dan dilanjutkan dengan pengajuan pendirian STIMIK IGI dan STIE IGI ke DIKTI. hari Selasa, tgl. 8 Agustus 2000 keluarlah SK MENDIKNAS no. 126/D/O/2000 atas Universitas Komputer Indonesia yang disingkat dengan nama UNIKOM.” tutur Eddy.

Lebih lanjut Eddy mengatakan “Sejak berdirinya pada tahun 2000, setiap tahunnya UNIKOM menerima ± 2.000 mahasiswa baru. Terakhir pada tahun 2014 yang lalu diterima sebanyak 3.108 mahasiswa baru. Hingga tahun akademik 2022-2023 terdapat 7 Fakultas dan 29 Program Studi di UNIKOM dengan jumlah mahasiswa sebanyak ±15.000 orang yang berasal dari berbagai pelosok tanah air dan dari luar negeri yang sedang menempuh pendidikan di UNIKOM. Dan Unikom juga telah menorehkan berbagai prestasi yang telah diakui di dunia internasional.” pungkasnya.

Dalam  sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademis UNKLAB Ronny H. Walean, MBA, Ph.D mengatakan “terima kasih atas sambutan yang begitu hangat kepada kami sehingga merasa terkesan berada di UNIKOM ini. Kemudian kami juga mengucapkan selamat atas prestasi yang baru saja diraih oleh Rektor UNIKOM yakni mendapatkan penghargaan sebagai "Best University Leaders 2023" dan  tentunya berbagai prestasi yang begitu luar biasa diperoleh oleh UNIKOM di usia yang masih muda pencapaian yang sudah diraih begitu banyak. Tidak salah UNKLAB melakukan studi banding ke UNIKOM.” ungkapnya.

Masih pada kesempatan yang sama, Ronny menjelaskan sedikit sejarah UNKLAB “Tahun 1965 Universitas Klabat (UNKLAB) didirikan dengan nama Perguruan Tinggi Klabat (PTK) yang dibina dan diawasi oleh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) melalui Yayasan Perguruan Tinggi Klabat yang berlokasi di Kecamatan Airmadidi, Minahasa, Sulawesi Utara. Sekarang ini UNKLAB memiliki 1 (satu) Program Pascasarjana, 7 (tujuh) fakultas dan 1 (satu) akademi, yaitu: (1) Pascasarjana Magister Manajemen (2) Fakultas Ekonomi (FEKON), (3) Fakultas Filsafat, (4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), (5) Fakultas Ilmu Keperawatan (6) Fakultas Ilmu Komputer (FIK), (7) Fakultas Pertanian, (8) Fakultas Teknik dan (8) Akademi Sekretari Klabat.” pungkasya.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab, interaksi antara pimpinan beserta para jajaran dari kedua Universitas tersebut begitu komunikatif, setelah selesai dilanjutkan dengan pemberian cinderamata sebagai bentuk kenang-kenangan dan berfoto bersama di Lobby Smart Building Unikom.

Sebagai informasi, turut hadir dari Unikom Prof. Dr. Umi Narimawati, Dra.,SE.,M.Si Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Assoc. Prof. Dr Agus Riyanto, S.T.,M.T Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Kerjasama, Assoc. Prof. Dr. Ir. Herman S. Soegoto, MBA. Wakil Rektor III Bidang Riset, Inovasi dan Akreditasi, Assoc. Prof. Dr. Ely Suhayati, SE.,M.Si.,Ak.,CA. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Assoc. Prof. Dr. Siti Kurnia Rahayu, S.E., M.Ak., Ak., CA Direktur Quality Assurance, Dr. Wendi Zarman, M.Si Direktur DP3M, Dr. Adeh Ratna Komala, SE., M.Si Direktur Biro Administrasi Umum dan Kerjasama.

Hadir dari UNKLAB Benny Lule, MBA, Ph.D Wakil Rektor Bidang Keuangan, Edgar W. M. Tauran, M.Div, D.Miss Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Budi Harwanto, M.Div, Ph.D Dekan Fakultas Filsafat, Dr. Elvis R. Sumanti, SE, Ak., MFM Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Andrew Tanny Liem, MT, Ph.D Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Ns. James R. Maramis, S.Kep, MAN Dekan Fakultas Keperawatan, Dr. Ir. Elizabeth M. M. Lasut, MAEd Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ir. Amelia Tanasale, M.Si, M.M. Dekan Fakultas Pertanian, Linda Mambo, MSHRM Direktris ASMI Klabat, Reymon Rotikan, S.Kom, MS Kepala LPMI, Debby E. Sondakh, MT, Ph.D Kepala LPPM.

Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan seperti ini tentunya sangat baik bagi perkembangan suatu kinerja suatu organisasi. (Direktorat Hms & Pro)