Berita

UNIKOM Sukses Menggelar International Student Conference on Engineering and Environmental Research (ISCEER) 2022

BANDUNG, UNIKOM - Sukses menggelar International Student Conference on Engineering and Environmental Research (ISCEER) pada yang diperuntungkan bagi Dosen dan Mahsiswanya. Berbagai persiapan pun telah dilakukan dengan mengadakan Sosialisasi pada Selasa, (12/4/22) secara daring melalui zoom meeting.

Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom Dr. Poni Sukaesih, S.IP., M.Si. yang juga sebagai ketua Pelaksana dalam sambutan mengatakan bahwa Tema ISCEER pertama adalah "Empowering Students' Research in Engineering and Environmental Science Facing COVID-19 Post-Pandemic Recovery Conditions". Poni berharap bahwa konferensi ini akan memungkinkan siswa untuk berbagi penelitian mereka dengan komunitas penelitian nasional dan internasional dan terlibat dalam diskusi tentang isu-isu yang berkaitan dengan penelitian dan atau praktik di bidang teknik dan penelitian lingkungan.

Lebih lanjut Poni mengatakan “sangat berharap bahwa ISCEER dapat menjadi platform untuk meningkatkan pengetahuan, berbagi pengalaman, dan memperluas perspektif mahasiswa di bidang teknik dan penelitian lingkungan. dan, poni berharap semua orang mendapatkan konferensi yang sukses dan bermanfaat.”ungkapnya

Andrias Darmayadi, S.IP., M.Si., Ph.D Direktur Kemahasiswaan membuka acara secara resmi dalam sambutannya mengatakan bahwa “Tujuan dari Konferensi ini adalah untuk meningkatkan Kualitas Penelitian dan Publikasi bagi Mahasiswa dan Dosen khususnya di UNIKOM, dan untuk membahas tema ini, Kami Memiliki dua Pembicara Utama yang luar biasa, Assoc. Prof. Dr. Abdulkareem sh Mahdi Al-Obaidi Dari Malaysia dan Irfan Dwiguna, MT., Ph.D, Indonesia. Andreas juga mengucapkan Terima kasih banyak kepada semua pembicara utama atas kesediaan untuk berbagi pengetahuan.”pungkasnya

ISCEER tahun 2022 dipandu oleh MC Tatan Tawami, SS., M.Hum. dan Moderator Dr. Salmon Priaji Martana, ST., MT. Assoc. Prof. Dr. Abdulkareem sh Mahdi Al-Obaidi mengangkat tema The Role of ICT in Achieving the SDGs. Sedangkan Irfan Dwiguna, MT., Ph.D. mengangkat tema dalam pembahasannya yaitu Industrial IoT as a Final Project Research for Student. Total paper ISCEER tahun 2022 sebanyak 80 paper diantaranya 77 paper akan Publish di AIP dan 3 (Best Paper) akan publish di Jestec.

Luasnya perkembangan ilmu pengetahuan tentu menuntut dosen untuk selalu memiliki pengetahuan-pengetahuan baru yang sedang berkembang. Dengan kata lain, seorang dosen tentu harus mengembangkan kompetensi pedagogik, khususnya dalam hal penguasaan terhadap materi tertentu. Salah satu jalan yang bisa ditempuh oleh seorang dosen untuk mengembangkan kompetensi pedagogik yaitu melalui konferensi, baik nasional maupun internasional. (Direktorat Hms & Pro)