Berita

UNIKOM Terus Gigih Sukseskan Program MBKM: Melalui Perguruan Tinggi Bermitra, UNIKOM Lakukan Lepas (Outbond) dan Sambut (Inbound) Mahasiswa Angkatan ke-4 dengan Tema “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya”

BANDUNG, UNIKOM – Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diusung oleh Kemendikbudriset Dikti. Dimana, melalui PMM, mahasiswa banyak mendapatkan pengalaman belajar yang bisa dikonversi ke dalam nilai perkuliahan di kampus asal. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan materi mengenai kebhinekaan, wawasan kebangsaan, dan cinta tanah air yang terangkum dalam Modul Nusantara. Sementara Modul Nusantara adalah kegiatan Non Akademik yang wajib diikuti mahasiswa, baik inbound maupun outbond, yang diwujudkan melalui empat jenis kegiatan, yaitu kebhinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial.

Kamis, 25 April 2024, bertempat di Auditorium Lantai 4 Miracle Building UNIKOM, telah digelar seremoni Pelepasan Mahasiswa Outbond UNIKOM dan Penerimaan Mahasiswa INBOUND dari Perguruan Tinggi Mitra Program PMM Angkatan 4 Tahun 2024 yang dilaksanakan secara hybrid. Rangkaian acara diawali menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars UNIKOM yang diikuti dengan khidmat oleh seluruh peserta luring maupun daring, disambung dengan penayangan video profil UNIKOM,.

Direktur Pengembangan Akademik dan Sumber Data Pembelajaran (PASDP) UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Isniar Budiarti, S.E., M.Si., selaku Koordinator Perguruan Tinggi / PIC PMM 4 tahun 2024 MBKM UNIKOM, melaporkan, terjadi peningkatan jumlah mahasiswa inbound PMM Angkatan 4 yang memilih UNIKOM, dibanding periode sebelumnya, dari 38 mahasiswa menjadi 85 orang mahasiswa yang berasal dari Papua, Sulawesi, Sumatera, Maluku, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan. Meskipun ada peserta yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan dan masalah keluarga, namun antusiasme mahasiswa untuk kuliah di UNIKOM semakin meningkat. Sementara jumlah mahasiswa outbond dari UNIKOM sebanyak 15 orang yang tersebar ke perguruan tinggi yang ada di Bali, Sulawesi, Sumatera, dan Maluku. Dengan mengikuti program PMM 2024, mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan kepemimpinan, juga softskill sehingga mampu bergaul dengan mahasiswa lainnya dari beragam latar belakang, untuk meningkatkan nilai persatuan dan nasionalisme. Dr. Isniar berharap, “melalui program PMM, seluruh peserta dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, dan solidaritas. Serta program PMM dapat menjadi wadah perekat antar mahasiswa se-Indonesia melalui pembelajaran antar budaya”, demikian harapnya.

Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNIKOM, menyambut hangat para mahasiswa peserta PMM 2024. Mengawali sambutannya, Prof. Umi mengajak seluruh hadirin untuk mengucap syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan nikmat kebersamaan, nikmat kesehatan, dan nikmat-nikmat lainnya, sehingga alhamdulillah 85 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia diberi kesempatan untuk menuntut ilmu di UNIKOM. Ia pun menyampaikan terimakasih kepada Rektor UNIKOM, pemerintah, dan mitra perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan UNIKOM dan mendukung dilaksanakannya program PMM. Di akhir sambutannya, Prof. Umi menyampaikan, “selamat datang dan selamat mengikuti proses belajar di UNIKOM. Jangan lupa bersyukur setiap saat, atas berbagai anugerah yang telah kita terima dari Allah SWT”, tutur Prof. Umi.

Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa peserta program PMM 2024. “Alhamdulilah anda semua sudah berada di kampus UNIKOM. Saya percaya, anda semua adalah mahasiswa-mahasiswi terpilih dari perguruan tinggi masing-masing yang dipercaya oleh Rektor dan Dosen Pembimbing untuk menempuh pendidikan 20 SKS di UNIKOM”, ujarnya. Lebih lanjut ia memberikan gambaran tentang UNIKOM yang dalam usia 21 tahun telah mencapai akreditasi unggul. Sistem yang dibangun di UNIKOM adalah sistem terbaik yang mengarahkan seluruh sivitas akademika UNIKOM untuk menjadi unggul di usia muda. Prof. Eddy mengingatkan para peserta, bahwa ketika mereka masuk ke UNIKOM, maka mereka harus bisa beradaptasi dengan mahasiswa UNIKOM, belajar bersama-sama untuk mengetahui dan memahami ilmu sesuai prodi yang dipilih.

Pada kesempatan tersebut, dalam amanatnya, Prof. Eddy juga menjelaskan kepada para peserta, bahwa sebagai mahasiswa, terdapat 4 kecerdasan yang harus dimiliki, yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan fisik yang harus dijaga dan dikelola dengan baik. “Harus diingat, UNIKOM itu unggul, setiap tahun UNIKOM selalu menjadi juara dunia dalam berbagai kompetisi bertaraf internasional. Selama anda studi disini, saya harap anda semua bisa menjadi bagian dari UNIKOM, untuk turut dapat berprestasi, karena UNIKOM adalah Kampus Juara, Kampus dengan prestasi dunia. Dengan mengelola keempat kecerdasan tersebut dengan baik, anda bisa menjadi orang-orang hebat dan berprestasi”, demikian pungkasnya.

Selain dihadiri oleh para mahasiswa peserta inbond maupun outbond UNIKOM yang bergabung secara during dan laring, turut hadir pada kegiatan seremoni tersebut, antara lain, Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Kerjasama, Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, S.T., M.T., CSBA., para Direktur, Dekan, Ketua Prodi, Ketua Divisi, Dosen Modul Nusantara, Mentor/LO, dan juga para Dosen Mata Kuliah terkait program PMM di lingkungan UNIKOM.

Agenda acara dilanjutkan penampilan Tari Kangseng yang dipersembahkan UKM SADAYA UNIKOM, kesan dan pesan perwakilan mahasiswa dan Dosen Modul PMM 2024, pembacaan doa oleh Dr. H. Tatang Supriyadi, S.E., M.M. dan ditutup dengan foto bersama guna dokumentasi. (Direktorat Hms & Pro).

Artikel Berikutnya