BERITA

Visitasi Akreditasi Prodi DKV Unikom

Selasa, 04 September 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi ke Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Unikom yang diwakili oleh asesor Dr. Pujiyanto, Drs., M.Sn dari Universitas Negeri Malang dan Dr. Bing Bedjo Tanudjaja, Drs., M.Si, dari Universitas Kristen Perta Surabaya, Jumat (24/8). Kedatangan asesor disambut langsung oleh Ketua Program Studi DKV, Deni Albar, M.Ds dan Kepala Bagian Administrasi Umum (BAU) Agus Riyanto, ST., MT yang kemudian diterima oleh Rektor Unikom Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., Wakil Rektor Bidang Akademik Unikom Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si, Wakil Rektor Bidang Administrasi, Kepegawaian dan Keuangan  Prof. Dr. H. Maman Kusman, SE., MBA., Wakil Rektor Bidang Pengembangan Inovasi dan Aset, Dr. Ir. Herman S., MBA serta Dekan Fakultas Desain Prof. Dr. Yusuf Affendi Djalari  di Ruang Rektor Unikom lantai 15 Smart Building Unikom.

Setelah pertemuan tersebut, proses visitasi diawali dengan penilaian borang akreditasi Program Studi DKV dan borang fakultas di Ruang Rapat Fakultas Desain lantai 6 Smart Building Unikom. Proses penilaian tersebut meliputi pengecekan borang standar 1 (satu) sampai dengan standar 7 (tujuh) diantaranya: 1) Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, dan Strategi Pencapaian, 2) Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu; 3) Kemahasiswaan dan Lulusan; 4) Sumber Daya Manusia; 5) Kurikulum Pembelajaran dan Suasana Akademik; 6) Pembiayaan, Sarana, Prasarana, dan Sistem Informasi; dan 7) Penelitian, Pelayanan, Pengabdian Masyarakat, dan Kerjasama. Proses penilaian juga dilakukan melalui sesi wawancara yang melibatkan dosen, karyawan, mahasiswa, alumni, dan pengguna alumni, dimana semuanya berjalan dengan lancar dan kooperatif.

Selain penilaian borang, para asesor meninjau fasilitas sarana dan prasarana Program Studi DKV Unikom diantaranya Ruang Dosen, Ruang Ketua Program Studi, Ruang Sekretariat, Ruang Kelas, Studio TV Unikom, Studio DKV, Laboratorium Komputer, Klinik, Perpustakaan, dan fasilitas lainnya. Menurut Deni, persiapan akreditasi yang dilakukan pada dasarnya dimulai dari membangun tim yang solid. “Tim borang akreditasi program studi sudah bekerja keras dalam mempersiapkan dan mengumpulkan data-data dengan sangat baik untuk kebutuhan akreditasi yang dilakukan, dimana persiapan lainnya yakni menyelenggarakan pameran karya yang menjadi ciri khas Program Studi DKV untuk menunjukan eksistensinya sebagai ruang lingkup bidang desain,” jelasnya.

Pameran Akreditasi yang dilakukan meliputi karya-karya dosen dan mahasiswa DKV Unikom, dari proses dasar sampai pada tingkat Tugas Akhir diantaranya Nirmana, Desain Kemasan, Fotografi, Tipografi, sampai karya yang lebih kompleks seperti membuat film, animasi, kampanye komersil dan kampanye sosial. Pameran akreditasi turut mendapat tanggapan positif dari asesor yang dinilai sangat baik dan karya-karya yang ditampilkan memiliki skill yang sangat kuat.

Akreditasi yang sudah dilakukan kali ketiga ini memiliki harapan besar untuk mendapatkan nilai terbaik. Keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh SDM Program Studi DKV Unikom baik mahasiswa dan dosen yang telah bekerjasama, sehingga menghasilkan karya-karya serta skill yang mumpuni sehingga menjadi perhatian para Asesor. Dengan adanya target ini dengan harapan Program Studi DKV Unikom lebih professional dalam pelaksanaan penggerakan aktivitas akademiknya sehingga menghasilkan lulusan yang jauh lebih berkualitas, berdasarkan Budaya Organisasi PIQIE (Profesionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Excellent) untuk turut mendukung pembangunan nasional yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. (Direktorat Hms & Pro)

Prodi Komputerisasi Akuntansi (KA) Unikom Ajarkan “Internet Sehat” di Lingkungan Pondok Pesantren Sukamiskin Bandung
Sabtu, 16 Februari 2019
Prodi Ilmu Pemerintahan Unikom Ajak Mahasiswa Menilik Penerapan IT di Lingkungan Pemerintahan
Jumat, 15 Februari 2019
SuitMedia Internship Program - SuitSchool 2019
Jumat, 15 Februari 2019